Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Mobil Redup Lengkap Dengan Langkah Perbaikannya

Penyebab Lampu Mobil Redup Lengkap Dengan Langkah Perbaikannya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang penyebab lampu mobil redup. Tentunya, sebagai salah satu bagian dari sistem penerangan kendaraan mobil, head lamp atau lampu utama pada mobil tidak hanya berfungsi untuk menghias mobil, akan tetapi juga memiliki peranan sebagai active safety system.

Penyebab Lampu Mobil Redup

Dengan peranan lampu utama, maka bisa menjaga keselamatan driver mobil pada saat mobil sedang digunakan di jalan raya di malam hari yang mempunyai penerangan cukup minim. Akan tetapi, kadangkala dijumpai sejumlah masalah pada sistem penerangan di mobil, salah satunya adalah lampu mobil yang redup. Lantas, apa saja penyebab lampu mobil menyala redup tersebut? Berikut ini adalah pembahasannya untuk anda.

Sejumlah Masalah Yang Sering Ditemukan Pada Headlamp Mobil

  1. Lampu mobil yang berembun
  2. Lampu mobil yang mati sebelah
  3. Lampu mobil yang terang sebelah
  4. Lampu mobil yang menyala redup baik baik pada posisi RPM tinggi maupun rendah

Lampu pada mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Ada sejumlah model lampu yang dapat dipakai pada mobil. Jenis lampu yang sangat umum dipakai pada mobil adalah model bohlam atau model halogen. Lampu jenis halogen mempunyai Sinar berwarna kuningdengan intensitas sedang, akan tetapi tetap bisa membantu penerangan di Jalan Raya dengan cukup sempurna. Permasalahan mendasar pada jenis lampu halogen yaitu kawat filamen yang terputus. Kawat filamen merupakan sebuah kawat spesial yang sangat tipis, jika teraliri oleh arus listrik, maka kawat tersebut bisa menyala.

Sementara itu, di sekeliling filamen tersedia sebuah gas halogen yang bisa menjadikan nyala lampu menjadi semakin terang. Selain jenis lampu halogen, jenis lampu yang lain yang di saat sekarang ini cukup banyak dipakai yaitu jenis LED projector. Lampu jenis ini adalah lampu yang sangat terang, sebabnyarangkaian dioda di lampu.

Akan tetapi, permasalahan lampu mobil yang menyala redup baik pada jenis LED maupun pada jenis lampu bohlam halogen adalah sama-sama mengalami kekurangan arus listrik. Lantas, apakah yang menjadi penyebab lampu bisa kekurangan arus listrik? Berikut ini adalah uraiannya.

1. Komponen relay lampu yang rusak

Adapun fungsi dari relay yaitu sebagai suatu jembatan untuk arus listrik inti yang berasal dari baterai menuju ke bagian lampu. Di dalam relay terdapat rangkaian, yaitu orang kaya arus listrik kecil yang masuk ke bagian saklar lampu dan rangkaian arus besar yang masuk ke bagian lampu.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Pada saat saklar lampu di on kan, maka rangkaian utama pada relay akan terhubung yang mengakibat lampu dapat menyala. Permasalahan yang kerap kali terjadi yaitu disebabkan oleh kontak pada relay longgar atau tidak kencang. Hal tersebut akan menimbulkan air yang ada pada selang, apabila sambungan pada selang renggang, maka air tersebut akan bocor Hanya sedikit air yang dapat disalurkan.

Demikian pula dengan arus listrik, di mana ketika kontak yang ada pada relay renggang, maka besarnya arus listrik yang akan sampai ke bagian lampu menjadi berkurang dan akan berakibat nyala lampu menjadi redup. Ciri-ciri dari permasalahan tersebut yaitu ketika anda menyentuh pada bagian atas relay headlamp cukup panas. Suhu panas tersebut diakibatkan adanya loncatan elektron yang berasal dari kontak yang lomba tersebut.

2. Soket lampu berkarat

Bagian korosi atau karat nyatanya dapat berperan sebagai hambatan. Tentunya, kasus tersebut sama dengan air, apabila pada air terdapat penghambat, maka aliran dari air tersebut berubah menjadi lebih kecil dan air yang bisa disalurkan setiap detiknya juga dapat berkurang. Pada komponen lampu, korosi yang kerap terjadi pada soket dapat menimbulkan adanya penurunan tegangan yang masuk ke dalam lampu. Hal tersebut akan mengakibatkan Sinar dari lampu menjadi tidak maksimal.

3. Soket lampu yang meleleh

Lelehan yang terjadi di sekitar soket lampu nyatanya memiliki potensi menimbulkan nyala lampu pada mobil meredup Apa sebab lelehan tersebut bisa bertindak sebagai penghambat aliran listrik. Soket lampu yang meleleh tersebut dapat diawali dari bagian roket yang kurang masuk ke dalam Terminal lampu maupun kurang klop. Kondisi tersebut menimbulkan loncatan elektron dari dua konduktor yang mempunyai gap. Lompatan elektron tersebut tentunya akan menimbulkan panas yang dapat melelehkan bagian di sekitar area Terminal lampu yang pada umumnya terbuat dari plastik.

Baca Juga:   Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

4. Aki yang sudah lemah atau drop

Tentunya, sudah menjadi bagian yang cukup lumrah pada saat aki sudah truk maka tegangan pada aki juga akan melemah. Hal tersebut menandakan tidak hanya lampu saja, namun sistem kelistrikan yang lain menjadi tidak maksimal. Contohnya yaitu proses starting mobil menjadi lebih berat serta suara klakson yang melemah pula.

Permasalahan tersebut secara umum terjadi ketika kondisi mesin pada mobil dalam keadaan mati. Akan tetapi, apabila mesin pada mobil berhasil untuk dinyalakan, terdapat alternator yang mampu untuk mensuplai semua keperluan arus listrik yang ada di mobil. Anda tentunya bisa men cas aki jika tegangan aki sudah drop. Akan tetapi, apabila aki sudah terlanjur rusak, maka mengganti dengan yang baru adalah solusi paling jitu.

5. Kusamnya mika lampu

Mika lampu atau kaca lampu rata-rata mempunyai kondisi yang sangat penting pada saat mobil masih dalam kondisi baru. Akan tetapi, jika sudah melewati angka 3 tahun, maka rata-rata kondisi kaca lampu atau mika lampu berubah menjadi lebih kusam. Kondisi tersebut tentunya akan menimbulkan sinar yang dihasilkan oleh lampu yang ada di dalam headlamp menjadi tidak mampu terpancar keluar dengan cukup baik, sebab kotoran yang ada pada mika lampu tidak dapat ditembus oleh cahaya.

Jalan keluar yang cukup mudah adalah dengan cara mencuci bagian mika lampu tersebut Supaya kembali bening. Namun, untuk Proses pelepasan lampu tentunya dibutuhkan teknik khusus, sebab pengunci dari mika lampu cukuplah buat. Dimungkinkan, Anda membutuhkan alat pemanas guna melemahkan pengunci Mika tersebut.

6. Lampu bohlam yang sudah rusak

Penyebab terakhir dari meredupnya lampu pada mobil yaitu permasalahan pada kualitas dari bohlam lampu itu sendiri. Terdapat sejumlah jenis lampu yang dipakai pada mobil, diantaranya adalah lampu LED dan lampu halogen. Pada lampu halogen, sistemnya adalah memakai kawat tipis yang memiliki nama filamenyang jika teraliri oleh arus listrik maka akan menyala. Unsur gas halogen juga dimasukkan ke dalam bohlam supaya nyala dari kawat filamen menjadi lebih terang. Apabila kondisi filamen kosong, maupun gas halogen yang ada pada bohlam lampu mengalami kebocoran, maka nyala lampu dapat menjadi redup. Jika anda mendapati masalah lampu mobil yang meredup di salah satu bagian baik itu kanan maupun kiri, maka kondisi tersebut adalah penyebab yang sangat umum.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Pelampung Bensin Mobil

Cara-Cara Membuat Nyala Lampu Mobil Menjadi Lebih Terang

Cara yang paling mudah untuk mengatasi lampu redup pada mobil yaitu dengan cara mengganti beberapa komponen yang sudah diterangkan di atas. Akan tetapi, apabila dirasa masih belum terang juga, maka anda dapat membuat jalur lampu sendiri.

Langkahnya adalah dengan memakai relay tambahan, anda dapat menghubungkan kabel dari bagian baterai kebagian relay serta dari keluaran relay dapat dihubungkan secara langsung ke arah soket lampu. Sementara itu, bagian kontrol dari relay bisa menjamper dari relay lampu bawaan di dalam fuse box.

Ada kemungkinan arus listrik yang berasal dari bagian aki bisa secara langsung mengalir ke komponen lampu tanpa harus berputar-putar mengikuti wiringpada lampu mobil. Langkah lainnya yaitu dengan cara mengganti bohlam lampu pada mobil dengan bohlam lampu yang baru yang tentunya mempunyai spesifikasi yang lebih terang.

Apakah dengan mengganti bohlam lampu dapat membuat sinar lampu mobil menjadi lebih terang?

Berdasarkan teori, apabila kita menggunakan bohlam lampu yang baru, maka mempunyai filamen serta gas halogen yang masih baru pula sehingga cahaya yang dihasilkan juga tentunya sama ketika mobil dalam kondisi baru.

Terlebih jika kita mengganti memakai bohlam lampu yang jauh lebih terang. Sebagai contoh, lampu yang paling terang serta populer dipakai guna meningkatkan intensitas cahaya yaitu bohlam lampu H4 90/100W.

Anda tentunya bisa memperoleh bohlam lampu tersebut di toko toko sparepart otomotif, akan tetapi tentunya bohlam lampu yang intensitas cahaya lebih tinggiakan memproduksi panas yang lebih tinggi pula. Oleh karena itu, Anda harus memastikan reflektor Pada lampu mobil anda kuat untuk menahan suhu tinggi dari lampu tersebut.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu mobil redup yang bisa saya ulas di kesempatan kali ini. Semoga saja, walaupun sederhana uraian pada artikel di atas mampu memberikan tambahan ilmu dan manfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Mobil Mati Total

Penyebab Lampu Mobil Mati Total Dan Cara Mengatasinya

Lampu utama atau headlamp adalah salah satu komponen yang memiliki peranan sangat penting pada mobil. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *