Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Motor Panas Yang Harus Diketahui Dan Cara Perbaikannya

Penyebab Lampu Motor Panas Yang Harus Diketahui Dan Cara Perbaikannya

Sekarang ini, berkendara tidaklah akan bisa terlepas dari lampu. Oleh karena itu, semakin lama sepeda motor dinyalakan, maka panas yang ditimbulkan pun akan semakin tinggi. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas tentang penyebab lampu motor panas yang tentunya bisa sangat merugikan anda di saat berkendara.

Penyebab Lampu Motor Panas

Pada bengkel resmi merek Honda Cengkareng tentunya sangat banyak ditemukan kasus dimana reflektor atau kaca Mika di sepeda motor konsumen mengalami pelelehan. Pada penggunaan normal, kaca pada Mika reflektor di sepeda motor sebenarnya tidak akan meleleh. Setelah dilakukan sejumlah diskusi serta pengecekan, maka didapat beberapa hal yang bisa menjadikan reflektor sepeda motor meleleh.

Penyebab lampu motor panas

Pada bagian di bawah ini akan disampaikan sejumlah penyebab lampu motor panas sehingga pada akhirnya akan membuat kawat filamen yang ada didalamnya terputus.

1. Mengganti bohlam lampu dengan spesifikasi di luar standar yang telah ditentukan

Kondisi ini merupakan hal yang menyebabkan nomor satu paling sering ditemukan yang mana para pengguna sepeda motor mengganti bohlam lampu supaya lampu pada sepeda motor mereka bisa menyala dengan lebih terang.

Baca Juga:   Komponen Sistem Pengapian Sepeda Motor Dan Fungsinya

Tentu, perlu untuk di ketahui bersama bahwa Sanya bagian kaca Mika reflektor pada sepeda motor Anda telah didesain sesuai dengan spesifikasi dari bohlam lampu yang dipakai. Proses penggantian pada bohlam lampu yang tidak sesuai dengan rekomendasi tentunya akan menjadikan kaca reflektor kepanasan hingga pada akhirnya bisa meleleh. Selain itu, penggantian bohlam lampu tentunya akan menghilangkan garansi kelistrikan serta dapat membuat aki menjadi rusak atau soak.

2. Tertutupnya barang pada kaca Mika reflektor

Anda harus memastikan tidak menutup reflektor pada saat kondisi menyala dengan benda apapun, termasuk adalah cover motor atau penutup motor, jas hujan maupun jaket. Kondisi tersebut tentunya merupakan hal yang penting untuk diketahui, di mana pada saat menutupi reflektor pada keadaan sepeda motor yang baru saja selesai dipakai walaupun pada kondisi mati, namun bagian kaca dari Mika reflektor masih dalam kondisi suhu yang cukup panas.

Oleh karena itu Alangkah baiknya untuk membiarkan sepeda motor Anda supaya bisa mendingin pada suhu yang normal.Lebih baik Anda membiarkan sepeda motor di suhu normal beberapa saat, baru lah Anda tutup sepeda motor menggunakan cat sepeda motor yang anda miliki.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor Yang Macet

3. Memanaskan motor yang terlalu lama

Sebelum Anda berangkat bekerja mengendarai sepeda motor alangkah baiknya anda memanaskan mesin sepeda motor supaya bagian oli bisa bekerja lebih baik ke semua bagian di mesin. Memanaskan mesin sepeda motor tidak membutuhkan waktu lama, cuma memerlukan waktu kurang lebih 1 menit sampai 2 menit, sebab jika memanaskan sepeda motor terlalu lama maka justru akan mempengaruhi bagian reflektor sepeda motor anda.

4. Ketika memanaskan sepeda motor terdapat penghalang

Ketika anda sedang memanaskan sepeda motor alangkah baiknya tidak terdapat penghalang di bagian headlamp, misalnya adalah kayu, tembok dan penghalang yang lainnya. Cahaya pada lampu yang berasal dari reflektor nantinya akan memantul kembali ke bagian reflektor motor dan tentunya akan menimbulkan reflektor pada sepeda motor Anda meleleh.

5. Pada saat memanaskan motor kebiasaan membersihkan kaca Mika reflektor

Ketika anda sedang memanaskan mesin sepeda motor, dilarang untuk membersihkan bagian reflektor dengan menggunakan kain maupun benda apapun, sebab panas yang terhalang oleh benda tersebut akan menimbulkan reflektor menjadi meleleh. Apabila anda hendak membersihkan reflektor maupun bagian pada sepeda motor yang lainnya, Kerjakanlah pada saat motor dalam suhu normal.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu motor panas dan pada akhirnya bisa menimbulkan berbagai macam dampak buruk, misalnya adalah kaca reflektor yang meleleh. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *