Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Motor Redup Serta Langkah Perbaikannya

Penyebab Lampu Motor Redup Serta Langkah Perbaikannya

Seperti yang telah kita mengerti bahwasanya sebuah sistem penerangan pada kendaraan apa pun bisa dipastikan menjadi sebuah hal yang sangat vital. Alasannya, sistem penerangan tersebut amat lah kita butuhkan untuk menjaga keamanan dari pengendaranya,para pengendara yang lainnya atau bahkan untuk orang lain yang memang secara kebetulan berada di sekeliling kita ketika sedang berkendara.

Penyebab Lampu Motor Redup

Tentunya, teman-teman sangat setuju. Sistem penerangan pada kendaraan, khususnya adalah sepeda motor tentu tidak hanya berlaku untuk malam hari saja, namun juga di pagi hari dan di siang hari Pada saat swatmaupun kondisi cuaca sedang tidak begitu cerah. Tentunya, sistem penerangan tersebut sangat dibutuhkan oleh pengendara supaya kegiatan berkendaranya semakin lancar. Sementara itu, pada siang hari, sistem penerangan juga diperlukan disebabkan karena adanya aturan lalu lintas yang mengharuskan seperti itu.

Penyebab lampu redup pada sepeda motor

Sebuah sistem penerangan pada sepeda motor terbagi menjadi dua fungsi, yaitu yang pertama adalah sebagai penerangan dan bagian yang kedua adalah sebagai lampu isyarat, aba-aba ataupun peringatan. Untuk bagian yang masuk ke dalam fungsi penerangan adalah pada lampu belakang, lampu depan, serta sejumlah lampu instrumen yang lainnya.

Sementara itu, lampu yang memiliki fungsi sebagai isyarat maupun aba-aba yaitu lampu belok atau lampu sein, lampu rem, lampu persneling atau lampu Netral, lampu tanda pengisian ( rata-rata terdapat pada sejumlah sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi atau Efi).

Walaupun sistem penerangan sekarang ini memiliki peranan penting untuk kelancaran dan juga keamanan bagi pengendara sepeda motor, namun pada kenyataannya di lapangan masih cukup banyak terdapat pengendara yang cukup nekat memakai sepeda motornya walaupun keadaan penerangan di kendaraan tidak cukup memadai. Fungsi dari lampu jarak jauh ataupun lampu jarak dekat Janganlah dianggap terlalu remeh, sebab memang sangat wajib untuk mendapatkan perhatian demi kenyamanan Anda di dalam berkendara.

Baca Juga:   Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

Pada umumnya, yang kerap kali ditemukan di Jalan Raya yaitu lampu pada sepeda motor yang sudah mereka. Namun sebenarnya kondisi tersebut masih bisa dipakai. Apabila anda sebagai pecinta otomotif, Janganlah untuk meniru maupun membudidayakan kebiasaan buruk seperti itu, sebab terdapat ancaman pada sisi keamanan diri anda serta bisa pula membahayakan anda sendiri apabila anda melalaikan berbagai macam hal penting tersebut.

Penyebab lampu redup pada sepeda motor

Baiklah, untuk anda sekalian yang hendak mempelajari penyebab lampu motor redup, maka silakan Anda simak terus penjabaran berikut ini sehingga apabila permasalahan lampu sepeda motor yang meredup Secara kebetulan menimpa diri Anda, maka anda bisa melakukan perbaikan secepatnya.

1. Permasalahan di bagian Relay

Hal yang menyebabkan meredupnya lampu pada sepeda motor untuk yang pertama yaitu bagian Relay. Tahapan pertama yang bisa anda kerjakan yaitu mengecek pada bagian Relay maupun sekering yang posisinya adalah sejalur pada lampu utama sepeda motor. Pada umumnya, Relay dan sekering sudah karatan atau kotor pada bagian dalamnya.

Permasalahan ini merupakan salah satu faktor yang bisa menjadikan lampu utama pada sepeda motor Anda meredup dengan sendirinya. Sebab, apabila komponen tersebut sudah karatan atau kotor, maka otomatis akan menimbulkan pasokan listrik akan mengalami gangguan, sehingga otomatis akan menimbulkan lampu utama meredup dengan sendirinya.

Apabila secara kebetulan lampu pada sepeda motor Anda mengalami permasalahan tersebut, anda dapat melakukan perbaikan sendiri. Caranya adalah lakukan pembersihan pada bagian Relay maupun sekring lampu anda dari adanya kotoran atau korosi tersebut. Perhatikanlah dengan sebenar-benarnya tahapan menghilangkan karat pada sepeda motor serta lakukanlah proses pembersihan sampai dengan bagian yang berkarat benar-benar bersih, dan setelah itu lakukan pemasangan kembali sesuai dengan posisi sebelum dilepas.

2. Keadaan soket lampu yang sudah mulai kendor

Penyebab lampu motor redup yang selanjutnya adalah soket lampu yang Kondisinya sudah memburuk. Faktor tersebut tentunya bisa menjadikan lampu sepeda motor Anda meredup. Terlebih, apabila soket Pada lampu sepeda motor terlalu longgar atau lepas, tentunya bisa menjadikan lampu sepeda motor mati. Tahapan perbaikan yang bisa anda kerjakan yaitu dengan mengecek jalur kabel serta soket yang mengarah ke bagian lampu sepeda motor. Lakukan dengan teliti dan hati-hati pada komponen socket tersebut, sebab rata-rata memang bahan untuk membuat songket terbuat dari plastik yang kerap kali menimbulkan kelonggaran pada dudukan yang ada didalamnya serta tidak lagi bisa terhubung dengan kabel.

Baca Juga:   Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor

Jika anda masih dapat memasang soket lampu sepeda motor dengan baik kembali sesuai dengan posisinya, maka lakukan proses tersebut dengan cukup hati-hati dan teliti, supaya bagian socket bisa terpasang pas di posisinya serta tidak menghalangi aliran arus listrik yang masuk ke pada bohlam lampu sehingga bohlam lampu bisa menyala dengan terang kembali.

Namun, apabila setelah anda berhasil memasang soket tersebut Namun pada kenyataannya nyala dari lampu sepeda motor masih meredup, maka anda bisa mengganti soket lampu dengan yang baru sehingga soket lampu yang baru tersebut bisa dipasangi bohlam lampu dengan cukup kuat.

3. Aki motor yang sudah drop atau soak

Bagian ketiga yang menjadi penyebab lampu sepeda motor Anda meredup yaitu aki sepeda motor yang sudah drop atau soak. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya energi listrik yang membuat lampu bohlam pada sepeda motor menyala bersumber dari aki di sepeda motor. Terutama adalah pada sepeda motor yang menggunakan sistem kelistrikan fullwave. Tentunya, teman-teman dapat membayangkan jika aki pada sepeda motor sudah drop atau soak, maka hal tersebut akan menjadikan system pengapian pada sepeda motor juga mengalami gangguan. Untuk itulah, memahami cara merawat aki di sepeda motor menjadi hal yang sangat penting supaya kondisi aki tetap baik.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda Sonic

Termasuk di dalamnya adalah lampu pada sepeda motor yang akan meredup sendiri, sebab akan mengalami kekurangan daya yang dikarenakan pasokan energi listrik dari aki sudah cukup berkurang. Adapun tahapan yang bisa anda kerjakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara mengganti aki sepeda motor dengan aki yang baru.

4. Permasalahan di sistem pengkabelan sepeda motor

Penyebab lampu redup pada sepeda motor yang paling akhir yaitu permasalahan di sistem pengkabelan sepeda motor. Rata-rata, Para pemilik sepeda motor, khususnya adalah para laki-laki sangat hobi untuk membongkar pasang sepeda motor miliknya. Alasannya juga tentu cukup beragamsalah satunya adalah untuk keperluan modifikasi. Akan tetapi, satu bagian yang kerap kali Dilupakan yaitu pemasangan kabel setelah proses pembongkaran.

Pada sejumlah kasus di lampu motor yang meredup yaitu bersumber pada pemasangan kabel yang sudah berubah dan tidak sesuai lagi di posisinya. Apabila pemasangan pada kabel tidak pas di posisinya, terlebih apabila kabel tersebut merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke bohlam lampu anda.

Tentu, dapat dibayangkan apabila pemasangan memang sudah tidak pas di posisinya, bukan cuma lampu yang meredup saja, namun juga dapat menimbulkan lampu sepeda motor Anda akan padam sama sekali. Oleh sebab itu, Bagi anda yang suka melakukan pembongkaran sepeda motor maka hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah, asalkan pada proses pemasangan kembali dilakukan sesuai dengan aslinya, supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu motor redup serta langkah perbaikannya yang bisa anda tempuh guna mengatasi permasalahan mengenai nyala lampu motor yang sudah tidak sesuai dengan aslinya dan tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika sepeda motor digunakan di malam hari disebabkan oleh intensitas cahaya yang kurang. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Vario 110 Mati

Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Lampu merupakan perangkat penerangan yang amat vital di kendaraan roda dua maupun roda empat. Khususnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *