Home / Hardware / Penyebab Lampu Printer Berkedip Secara Terus Menerus

Penyebab Lampu Printer Berkedip Secara Terus Menerus

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya printer bermerek Canon merupakan printer paling favorit dan tentunya sangat banyak digunakan, baik di kantor maupun untuk kebutuhan pribadi. Di samping harganya yang cukup murah pada jenis printer entry-level, hasil dari print out juga lumayan bagus, termasuk adalah proses isi ulang tinta yang tidak terlalu sulit.

Penyebab Lampu Printer Berkedip Secara Terus Menerus

Apabila anda termasuk pengguna setia dari printer bermerek Canon serta mengalami sejumlah masalah dengan printer bermerek kanan tersebut, silakan Anda Simak beberapa jenis penyebab lampu printer berkedip secara terus-menerus dan beberapa penyakit umum yang kerapkali melanda pada printer Canon dibawah ini.

Penyebab lampu printer berkedip secara terus menerus

1. Blinking atau indikator yang berkedap-kedip pada saat printer baru dinyalakan

Rata-rata, permasalahan tersebut terjadi pada printer Canon untuk seri i255, Canon ip1700, Canon ip1600, Canon ip1300 dan Canon ip1200. Adapun solusi yang paling mudah, artinya adalah solusi yang bisa anda kerjakan sendiri pada saat pertama kali menyalakan printer bisa anda temukan pada bagian berikut ini. Namun, sifatnya adalah sementara di mana langkah tersebut harus tetap anda kerjakan pada saat printer baru pertama kali dinyalakan. Tahapan ini merupakan tahapan yang dipakai apabila anda belum begitu familiar pada penggunaan software reset printer.

  • Tahap pertama, silakan Anda lepas bagian kabel power dari printer
  • Selanjutnya, silakan Anda tekan dan tahan tombol power, lanjutkan dengan memasang kembali kabel power
  • Berikutnya, lampu indikator power akan terlihat menyala dengan warna kuning
  • Lepaskan tombol power yang tadi Anda tahan, Pada saat Anda selesai memasang kabel power pada printer
  • Langkah berikutnya, silakan Anda tekan kembali tombol power Supaya printer Anda menyala

Dengan mengikuti tahapan tersebut, maka printer anda sudah sembuh dari blinking. Akan tetapi, pada saat printer anda sudah terlepas dari arus listrik, maka permasalahan blinking akan muncul kembali. Untuk mengatasinya, anda bisa mengulangi langkah di atas.

Solusi permanen untuk memperbaiki permasalahan diatas adalah dengan memakai software. Tentunya, anda bisa memanfaatkan software yang bernama software general tool yang dikhususkan untuk printer Canon ip1700 dan Canon ip1300. Dengan memakai software tersebut, rata-rata masalah blinking bisa diatasi dengan permanent, artinya adalah Anda tidak perlu lagi untuk mengulang tahapan di atas setiap Anda menyalakan printer Canon.

2. Blinking, lampu berkedip kedip pada saat tinta Habis, atau pada saat selesai mengisi tinta

Rata-rata, permasalahan di atas akan anda temukan pada printer Canon seri ip1880. Kondisi tersebut akan terjadi pada saat kita mengalami kehabisan atau Pada saat Anda selesai mengisi ulang tinta. Bahkan, sebelum tinta Habis, blinking tersebut juga seringkali muncul pada ip1880. Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi permasalahan di atas.

  • Langkah pertama, silakan Anda tekan, kemudian tahan tombol resume kurang lebih selama 1 1 menit sampai dengan 2 menit.
  • Selanjutnya, silakan Anda buka bagian cover atau tutup printer anda
  • Lanjutkan dengan membuka catrid yang terpasang, lalu pasang kembali
  • Lanjutkan dengan menutup bagian tutup cover printer
  • Akhiri dengan mematikan printer, lalu menghidupkannya kembali.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L120

3. Hasil print bergaris garis atau putus dan tidak merata

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, silakan Anda lakukan cleaning beberapa kali. Jika teknik tersebut tidak membuahkan hasil, anda bisa mencoba untuk membersihkan catridge secara manual. Namun, solusi paling baik yaitu dengan mengganti catridge printer Canon anda. Solusi tersebut merupakan pengalaman dari sejumlah pengguna printer.

4. Mengatasi permasalahan ink absorber is full pada printer Canon ip1200 dan printer Canon ip1700.

Untuk mengatasi permasalahan di mana Pada saat Anda menggunakan printer Canon ip1700 atau ip1200 muncul pesan ink absorber is full, maka anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini

  • Turn off printer, lalu cabut kabel power dari printer.
  • Lanjutkan dengan menekan secara terus-menerus tombol power / artinya jangan dilepaskan, Lalu ikuti dengan memasang kembali kabel power printer
  • Ketika tombol power masih dalam kondisi ditekan serta kabel power sudah terpasang kembali, silakan Anda menekan tombol resume pada printer dua kali berturut-turut. Tombol resume tersebut adalah tombol yang berdekatan dengan tombol power dan memiliki lampu indikator berwarna orange.
  • Lanjutkan dengan melepas tombol power
  • Tahapan selesai
  • Selanjutnya, komputer anda nantinya akan mendeteksi Sebuah printer yang seolah-olah baru terpasang. Silakan Anda ikuti sejumlah langkah yang diminta sampai dengan printer tersebut siap untuk digunakan.
  1. Mengatasi permasalahan the waste Ink absorber is Almost full serta ink absorber is full pada printer Canon ip2000 dan Canon ip3000.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, anda bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini. Silahkan disimak.

  • Matikan power printer
  • Silakan tekan tombol resume, Lalu ikuti dengan menekan tombol power
  • Lanjutkan dengan menekan terus tombol power, lalu lanjutkan dengan menekan tombol resume
  • Tahap berikutnya, silakan tekan kembali tombol resume sebanyak 2 kali berurutan, lalu silakan lepaskan kedua tombol yakni tombol power dan tombol resume
  • Selanjutnya akan dimunculkan indikator yang memiliki warna hijau
  • Ketika lampu indikator memiliki warna hijau menyala, silakan Anda menekan tombol resume berurutan sebanyak 4 kali
  • Proses selanjutnya, silakan Anda menekan tombol power, selanjutnya printer akan turn off otomatis. Apabila tidak, maka silakan Anda tekan ulang tombol power.
  • Setelah itu, Printer bisa kembali normal.
  1. Mengatasi pesan peringatan following Ink May have run out Black/ color

Rata-rata, peringatan tersebut dimunculkan pada penggunaan catridge Canon seri CL831, CL41, PG830 dan PG40 Setelah kita melakukan isi ulang dan melakukan test print. Untuk yang tidak mengetahui, maka menganggap bahwa catrid yang kita isi ulang mengalami kerusakan. Peringatan tersebut memang sengaja dibuat oleh pihak Canon agar apabila tinta pada katrid habis maka disuruh untuk membeli catrid yang baru. Tentunya biar produk mereka selalu laku di pasaran.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD

Namun, anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru membeli catridge baru, sebab Anda bisa mencoba untuk menghilangkan pesan error dengan cara berikut ini

Pada saat kita melakukan pencetakan dokumen setelah pengisian ulang akan dimunculkan peringatan berbunyi following Ink May have run out Black/ color

Selanjutnya, ketika lampu indikator pada printer menyala kedap-kedip berwarna orange, kita tidak perlu panik, sebab kondisi tersebut merupakan tanda bahwa printer minta resume. Pada seri printer Canon ip1600, silakan Anda menekan tombol yang berada di bawah tombol power di printer. Dengan perkiraan Anda menekan tombol tersebut Kurang lebih 3 detik, lalu dilepas/ istilahnya adalah meminta resume.

Sementara itu, tombol resume ditekan sedikit lama sampai dengan warna dari lampu indikator berwarna kuning, selanjutnya bisa dilepaskan. Apabila kita merefill Black dan color, maka harus dilakukan dua kali resume. Apabila pada contoh diatas hanya dikerjakan satu kali, sebab catrid yang saya refill hanyalah satu, yakni CT Black, maka yang akan muncul warning may have run out 2x. Pada saat kita selesai melakukan resuma, maka printer sudah siap lagi untuk digunakan.

  1. Kode error yang terjadi pada printer Canon dan langkah memperbaiki nya.

Sejak seri printer Pixma 1300 launching, Canon menanamkan berbagai macam kode error yang mirip pada printer buatannya, termasuk adalah pada sejumlah printer seri terbaru. Contohnya saja adalah printer IP2770. Pada printer tersebut akan menampilkan sebuah kode berupa blinking error code atau kode kedip apabila mengalami permasalahan. Lantas, pesan error Apa sajakah pada printer Canon yang ngeblink tersebut? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Bagian yang sangat umum terjadi yaitu ketika printer di on kan, lalu lampu berwarna hijau menyala penuh dalam kondisi normal tanpa adanya kedipan. Akan tetapi, selanjutnya pada saat digunakan untuk proses mencetak barulah berkedip serta terdapat jendela peringatan pada layar monitor. Kondisi tersebut berarti bahwa printer memberikan laporan bahwasanya tinta pada Get Rich diduga mengalami kehabisan.

Kasus tersebut hanya terjadi setelah proses pemasangan catridge baru maupun pada pengisian ulang menggunakan catridge original. Adapun perhitungan waktu habisnya bintang berdasarkan kepada jumlah dari penggunaan printer serta proses maintenance baik dari sisi Deep cleaning maupun cleaning yang dilakukan oleh penggunanya. Oleh sebab itu, terkadang laporan bahwasanya tinta printer sudah habis tidaklah selalu benar sesuai dengan kenyataannya. Terlebih apabila printer yang Anda gunakan sudah memakai sistem infus.

Baca Juga:   Inilah Cara Memperbaiki Audio Komputer Dengan Cepat

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah sesuai dengan yang muncul pada jendela peringatan pada monitor Anda, yakni silakan Anda menekan tombol resume setidaknya 5 detik, lalu dilepaskan. Disamping proses di atas, ada sejumlah pesan error yang butuh untuk dianalisa berdasarkan pada jumlah kedipan lampu indikator, yakni sebagai berikut:

  • 7 kali mengedip untuk warna hijau dan orange secara bergantian, atau satu kali warna hijau, satu kali warna orange, satu kali warna hijau, satu kali warna orange, satu kali warna hijau dan seterusnya. Arti dari kode blinking tersebut yaitu ink absorber full atau waste Ink pad full.Solusi untuk masalah tersebut yaitu Anda wajib untuk mengganti atau membersihkan bagian busa penyerap tinta yang posisinya ada di bagian bawah printer. Lalu, Printer tersebut perlu untuk diri set menggunakan software khusus. Pada printer Canon Pixma seri ip2700, anda bisa mendownload software resetter untuk ip2700.
  • 3 kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Artinya adalah terdapat kerusakan pada bagian mekanik printer. Solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu membawa printer anda ke tempat reparasi atau ke service center.
  • 4 kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Artinya yaitu printer mengalami waste ink pad full atau absorber full. Solusi yang bisa ditempuh yaitu mereset printer menggunakan software khusus resetter.
  • 5 kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara mengecek catridge pada printer yang memiliki tipe yang sama, lalu mengganti catridge hitam atau warna yang mengalami kerusakan tersebut. Sebagai tambahan, rusaknya katrid dapat dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya adalah konslet disebabkan oleh tinta, kotornya connector serta chip IC yang rusak.
  • 7 Kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Arti dari permasalahan tersebut yaitu catrid warna sudah rusak. Solusi yang bisa ditempuh adalah dengan mengganti catridge warna dengan seri yang sama.
  • 8 kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Arti dari maksud blinking tersebut yaitu ink tank full. Solusi yang bisa ditempuh adalah dengan cara mereset printer memakai software bernama general tool resetter.
  • 14 kali atau 15 kali warna orange dan 1 kali warna hijau. Arti dari kode tersebut yaitu catridge hitam mengalami kerusakan. Solusi yang bisa ditempuh adalah dengan mengganti catridge warna hitam.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu printer berkedip secara terus-menerus Lengkap dengan proses perbaikan pada permasalahan tersebut. Mudah-mudahan, bagi anda pemilik printer bermerek Canon apabila mengalami permasalahan yang sudah saya bahas pada artikel ini mampu untuk melakukan perbaikan sendiri tanpa harus membawa printer service center sehingga bisa lebih berhemat. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *