Home / Elektronika / Penyebab Lampu Rumah Cepat Putus Dan Langkah Jitu Memperbaikinya

Penyebab Lampu Rumah Cepat Putus Dan Langkah Jitu Memperbaikinya

Permasalahan lampu di rumah Anda yang sering terputus dikarenakan oleh sejumlah faktor, misalnya adalah kondisi kabel longgar, tegangan listrik yang tidak stabil, lampu yang kurang bagus kualitasnya, fitting lampu yang longgar, serta sejumlah penyebab yang lainnya. Oleh sebab itulah Pada kesempatan kali ini Izinkan saya untuk membahas tentang penyebab lampu rumah cepat putus.

Penyebab Lampu Rumah Cepat Putus

Ada kemungkinan, sebagian dari anda tentu pernah mengalami atau mungkin saja sekarang ini sedang mengalami permasalahan di mana lampu yang terpasang pada rumah anda sering sekali putus. Mungkin saja lampu itu berada di kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, serta lampu di ruangan yang lainnya. Atau bisa jadi seluruh lampu yang ada di dalam rumah anda sering kali mati atau putus.

Kondisi tersebut tentunya akan sangat membuat jengkel serta menimbulkan masalah pada sisi pengeluaran biaya yang lebih banyak karena harus membeli lampu baru dan tentunya akan mengakibatkan keborosan. Padahal, sebenarnya apabila melihat dari spesifikasi lama pemakaian atau Life Time sejumlah lampu yang anda pakai, ada yang bisa mencapai angka 8.000 jam, 10.000 jam, atau bahkan ada yang dapat mencapai umur 15.000 jam.

Tentu, apabila kita melihat spesifikasi Life Time Pada lampu yang kita miliki, misalnya 8.000 jam, lalu lampu tersebut menyala dalam satu hari selama 10 jam, maka jika dihitung usia dari lampu tersebut dapat mencapai sekitar 3 tahunan atau 800 hari. Lantas, kenapa hanya beberapa hari saja terdapat lampu yang ada di dalam rumah kita mati atau putus?

Apakah kualitas dan spesifikasi dari umur lampu yang rata-rata tertulis pada badan lampu hanyalah merupakan janji dari produsen lampu saja?

Ternyata, permasalahan pada lampu di rumah yang kerap kali putus disebabkan oleh sejumlah hal. Tentunya, tidak terbatas hanya kualitas lampu yang kita pakai, akan tetapi ada sejumlah penyebab lainnya yang kerap kali menyebabkan lampu yang ada di rumah sering sekali putus. Untuk itulah, pada posting di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjabarkan tentang penyebab lampu rumah cepat putus serta Bagaimana proses mengatasinya.

Sebelum kita masuk kedalam tahapan memahami penyebab serta solusi dari permasalahan lampu dirumah yang kerap kali putus, kita wajib untuk memastikan lebih dahulu Apakah lampu yang ada di rumah sering putus terjadi di seluruh lampu yang ada di ruangan ruangan rumah atau hanya terjadi pada salah satu ruangan saja?

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel TV Yang Kurang Panjang

Penyebab lampu rumah cepat putus

Jika permasalahan lampu yang ada di rumah kerapkali putus terjadi di semua ruangan pada rumah Anda, maka kondisi tersebut bisa dipastikan bahwa Sanya yang menyebabkan permasalahan tersebut yaitu tegangan listrik yang masuk ke rumah Anda tidaklah stabil. Yang dimaksud dengan tegangan listrik dirumah tidak stabil yakni tegangan listrik yang terlalu rendah di mana tegangan listrik mengalami drop lebih dari 10% dari tegangan normalnya. Bisa pula tegangan listrik yang terlalu tinggi atau over melebihi angka 10% dibandingkan dengan tegangan normal nya.

Rendahnya tegangan listrik pada rumah ataupun kondisi drop tegangan yang mencapai lebih dari 10% dibandingkan dengan tegangan normal bisa menimbulkan lampu sering putus, termasuk adalah sejumlah peralatan elektronik dan peralatan listrik di rumah Anda yang bisa dengan mudah mengalami kerusakan.

Adapun perhitungan dari tegangan drop yaitu maksimal adalah 10% dari tegangan normal. Apabila tegangan normal pada rumah adalah 220 Volt, maka angka minimal tegangan yang masih bisa ditoleransi yaitu 198 volt. Apabila tegangan rumah Anda kurang dari 198 volt, maka kondisi tersebut akan menimbulkan kerusakan dan gangguan pada sejumlah peralatan listrik, termasuk adalah lampu yang sering putus.

Termasuk juga adalah apabila tegangan listrik di rumah anda terlampau tinggi, melebihi angka 10% dari besarnya tegangan normal. Rumus yang digunakan yaitu 220volt ditambahkan 22 volt sehingga hasilnya adalah 242 volt. Apabila tegangan listrik pada rumah Anda melewati angka 242 volt, maka kondisi tersebut bisa menimbulkan kerusakan dan gangguan pada sejumlah peralatan listrik, termasuk adalah lampu yang cepat sekali putus.

Adapun solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tegangan listrik dirumah yang kerap kali naik turun dan juga tidak stabil yaitu dengan memakai alat untuk mengatur tegangan listrik otomatis atau stabilizer tegangan/ Stavolt guna menjaga supaya tegangan listrik pada rumah anda tetap normal dan stabil.

Selanjutnya, apabila masalah lampu di rumah yang kerap kali putus terjadi hanya di salah satu ruangan di dalam rumah, maka masalah tersebut disebabkan oleh sejumlah hal diantaranya yaitu:

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

1. Fitting lampu yang sudah rusak

Salah satu hal yang menyebabkan serta mengakibatkan lampu di rumah sering sekali putus yaitu kondisi fitting lampu yang telah rusak. Fitting lampu yang rusak biasanya berupa fitting berkarat, terlalu longgar, ataupun permasalahan yang lainnya dimana kondisi tersebut akan menimbulkan bohlam lampu tidak dapat terpasang dengan baik di bagian fitting lampu dan pada akhirnya akan menimbulkan lampu mati atau putus.

Solusi yang bisa diambil untuk permasalahan tersebut yaitu dengan memeriksa kondisi fitting lampu, dan apabila terlihat rusak maka anda bisa secepatnya mengganti fitting lampu dengan fitting yang baru serta memastikan Bahwa kondisi dari fitting lampu yang baru tersebut berkualitas serta terminalnya berbahan dasar Kuningan.

2. Fitting lampu yang masuk ke dalam air

Hal lain yang bisa menimbulkan lampu sering putus yaitu bagian fitting lampu yang kena air ataupun kemasukan air. Penyebab dari masuknya air ke bagian dalam fitting lampu rata-rata disebabkan oleh lokasi pemasangan yang kurang tepat. Contohnya adalah ketika kita memasang fitting lampu di plafon yang menggunakan bahan beton, kadangkala, lubang kabel yang ada di beton tidak tertutup dengan rapat sehingga menimbulkan air masuk ketika turun hujan lewat lubang kabel serta mengalir ke dalam fitting. Disamping itu, air masuk ke fitting juga bisa dikarenakan terjadinya kebocoran di atap rumah serta menimbulkan air bisa masuk menuju ke fitting lampu yang telah terpasang.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melakukan pemeriksaan pada kondisi tempat untuk memasang lampu. Apabila kelihatannya terdapat celah untukmasuknya air, atau terdapat atap yang mengalami kebocoran serta menimbulkan air masuk ke dalam fitting ketika terjadi hujan, maka lakukan perbaikan dengan segera kebocoran tersebut. Atau, anda juga bisa memindahkan tempat pemasangan lampu di tempat yang kering serta tidak terdapat kemungkinan air bisa masuk ke dalam fitting lampu.

3. Kondisi kabel yang longgar

Di samping kondisi fitting lampu yang mengalami kerusakan, kabel di fitting yang longgar juga bisa menimbulkan lampu di rumah seringkali putus. Di samping kabel pada fitting, kabel yang terpasang dengan longgar di saklar serta kabel instalasi yang lainnya yang mana Menuju ke arah bohlam lampu bisa menimbulkan Lampung udah putus. Selanjutnya, kabel longgar yang lama terpasang juga tentunya menimbulkan fitting rusak Sebab terjadi lompatan api serta sejumlah kerusakan yang lainnya.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada sejumlah kabel yang sudah terpasang di fitting, bagian saklar serta sejumlah kabel lainnya yang menuju ke bohlam lampu di rumah. Silakan Anda memastikan seluruhnya terpasang dengan cukup kuat, tidak longgar serta memastikan bahwa seluruh kondisi sambungan pada kabel terpasang dengan baik pula.

4. Kualitas lampu yang tidak bagus

Penyebab lampu rumah cepat putus yang selanjutnya yaitu disebabkan lampu yang dipakai mempunyai kualitas yang buruk, serta memiliki lifetime yang lebih pendek. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memakai lampu yang berkualitas tinggi, memiliki standar SNI, serta rata-rata memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan lampu yang lainnya. Tentunya, harga akan membawa rupa di mana lampu yang harganya mahal sangat dimungkinkan memiliki kualitas bagus. Tentunya, anda bisa menggunakan lampu pada sejumlah merek yang sudah terkenal serta terpercaya.

5. Lampu yang terlalu sering dipadamkan atau dinyalakan

Terlalu sering menghidupkan atau mematikan lampu ternyata juga bisa menimbulkan lampu seringkali putus. Kondisi tersebut rata-rata terjadi di salah satu ruangan pada rumah, misalnya adalah Gudang, halaman belakang, atau kamar mandi. Ketika memiliki keperluan pada ruangan tersebut, maka lampu di dalam ruangan tersebut akan dinyalakan., setelah semua keperluan selesai, maka lampu akan dimatikan dimana memiliki tujuan supaya listrik bisa dihemat.

Apabila kebiasaan tersebut sangat sering terjadi pada waktu yang sangat singkat, tentunya bisa menimbulkan lampu pada ruangan tersebut cepat putus. Solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu kurangilah kegiatan menghidupkan atau menyalakan lampu pada salah satu ruangan. Alangkah baiknya apabila lampu yang ada tetap dalam kondisi nyala apasangat diperlukan, atau memakai lampu dengan watt yang ukurannya kecil pada ruangan yang jarang dipakai, supaya lampu tetap bisa menyala serta hemat listrik.

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu rumah cepat putus yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini., artikel di atas mampu menambah wawasan baru untuk kita sekalian sehingga pada akhirnya lampu yang ada di rumah menjadi semakin awet dan nyaman untuk digunakan.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *