Home / Otomotif / Penyebab Lampu Sein Mati Lengkap Dengan Tahapan Berbaikan 100% Berhasil

Penyebab Lampu Sein Mati Lengkap Dengan Tahapan Berbaikan 100% Berhasil

Lampu sein tentunya memiliki peranan yang sangat penting, utamanya adalah untuk membantu pengendara memberikan isyarat kepada pengendara lain apakah ingin membelok ke arah kiri atau membelok ke arah kanan. Lampu sein tersebut merupakan salah satu komponen yang bekerja dengan cara berkedip guna memberikan tanda kepada pengendara yang lain.

Penyebab Lampu Sein Mati

Bagian lampu sein yang baik tentunya bisa berkedip serta bisa menyala dengan baik, baik untuk lampu sein depan maupun lampu sein belakang. Ukuran dari lampu sein juga telah diset oleh pabrikan, termasuk adalah dari sisi bentuk serta posisi supaya bisa kelihatan dari semua arah. Hanya saja, terdapat cukup Banyak pengendara yang sering melupakan komponen lampu sein tersebut.

Aktivitas untuk mengganti lampu sein dengan lampu yang tidak standar ataupun mengganti warna dari lampu sein ke warna selain kuning tentunya merupakan sebuah pelanggaran dan sangat memungkinkan untuk dikenakan tilang sama pak polisi.

Membicarakan tentang penyebab lampu sein mati, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas satu demi satu hal yang menyebabkan lampu sein mati. Silakan anda Simak terus ulasan berikut ini.

Baca Juga:   Fungsi Relay Pada Mobil Dan Motor Secara Umum

1. Komponen flasher Sein

Komponen di atas memiliki fungsi untuk menjeda kedipan serta dapat menjadikan lampu sein berkedip. Komponen dari Relay Flasher berisi sirkuit listrik yang mana arus listrik akan menutup atau membuka suatu titik sentuh atau bidang dengan cara bergantian, sehingga lampu sein bisa berkedip dan juga memberikan tanda untuk pengendara lain yang hendak berubah arah.

Jika mengalami permasalahan, maka komponen di atas akan menjadikan lampu sen terus menyala ataupun terus mati, sebab tidak terdapat arus yang masuk ke dalam lampu sein. Harga dari part tersebut berkisar antara Rp15.000 sampai Rp20.000. Selain itu, komponen tersebut juga cukup mudah diperoleh dan seluruh sepeda motor menggunakan soket sein yang sama. Oleh sebab itu dapat langsung ditempel.

2. Komponen saklar

Komponen saklar lokasinya adalah di sebelah bagian kiri serta serta posisinya ada di antara lampu jauh dan saklar klakson. Saklar sein yang dalam kondisi baik jika digeser akan bisa langsung menjadikan lampu sein menyala, tergantung arah pergeseran dari saklar lampu sein. Adapun hal yang menimbulkan lampu sen mengalami kesulitan untuk menyala, bahkan kadang kala tidak mau menyala dapat dikarenakan komponen di atas.

Baca Juga:   Apa Arti Dari Telolet Yang Sedang Naik Daun

Sparepart mekanis tersebut rata-rata mengalami kotor pada bagian dalam sehingga tidak terdapat arus yang bisa diteruskan ke arah lampu sein. Langkah untuk memperbaiki nya Yaitu anda dapat melakukan pembongkaran dengan cukup hati-hati dan perlahan dan lakukan dengan cukup teliti, sebab rangkaian yang ada didalamnya sangatlah kecil. Lanjutkan dengan menyemprotkan contact cleaner serta membersihkannya supaya kotoran yang ada di dalamnya tidak menempel.

3. Tegangan pada aki

Tentunya percuma jika seluruh komponen bisa bekerja dengan baik namun arus listrik yang bersumber dari aki tidaklah maksimal. Aki yang baik bisa dipastikan mempunyai tegangan lebih besar dari 12 volt. Jika tegangan listrik di bawah itu, maka dapat dipastikan aki sudah mengalami permasalahan dan tidak akan mampu untuk menghidupkan lampu sen dengan normal.

4. Bohlam lampu serta kabel

Bagian terakhir yaitu jika send tetap tidak mau menyala, lakukan pengecekan pada sejumlah kabel yang berkaitan dengan lampu sein, termasuk adalah soket yang digunakan. Jika terdapat kotor, maka lakukan pembersihan segera dan pastikanlah pengkabelan sudah tersambung dengan benar dan rapi. Disamping itu, lakukan pemeriksaan juga pada lampu sein nya. Meskipun Adanya kemungkinan kerusakan pada bohlam lampu sein cukup lama, akan tetapi kadang kala lampu sen juga putus.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab lampu sein mati atau tidak mau menyala pada sepeda motor dan juga bisa diterapkan pada mobil. Mudah-mudahan, informasi sederhana di atas bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat praktek, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Apa Arti Dari Telolet Yang Sedang Naik Daun

Apa Arti Dari Telolet Yang Sedang Naik Daun

Apakah anda sering mendengar suara klakson Telolet? Apa arti dari tolelet di mana istilah tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *