Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip Alias Nyala Terus

Penyebab Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip Alias Nyala Terus

Seperti yang kita pahami bersama bahwasanya lampu sen merupakan salah satu perangkat navigasi pada setiap kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Fungsinya adalah guna memberikan tanda kepada kendaraan lain bahwa kendaraan Anda tersebut akan berpindah arah atau akan berbelok baik itu belok kiri maupun belok kanan termasuk adalah bisa digunakan untuk memberikan tanda peringatan supaya lebih berhati-hati.

Penyebab Lampu Sein Mobil Tidak Berkedip

 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang penyebab lampu sein mobil tidak berkedip. Apabila lampu sein pada mobil mati atau tidak berkedip, maka bisa dibayangkan betapa repotnya pada saat kita hendak mengendarai mobil. Sebab, kondisi tersebut bisa menimbulkan akibat yang cukup fatal, misalnya adalah kecelakaan lalu lintas. Apabila kondisi tersebut terjadi pada mobil anda, alangkah baiknya untuk secepatnya melakukan perbaikan supaya lampu sein bisa bekerja dengan normal kembali.

Penyebab lampu sein mobil tidak berkedip

1. Bohlam sein putus salah satu

Ketika tuas lampu sein difungsikan ataupun ditekan, tanda lampu sein yang ada pada dasbor mobil akan berkedip lebih cepat dibandingkan dengan biasanya, di mana kondisi tersebut memiliki arti bahwa terdapat satu dari bohlam lampu sein yang putus atau mati. Adapun cara mengatasi permasalahan tersebut yakni Anda cukup mengganti bohlam sein yang terputus atau mati sesuai dengananda serta bongkar lah bagian lampu sein, lalu gantilah bohlam yang terputus tadi dengan bohlam yang baru.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

2. Sekring yang putus

Apabila pada tuas lampu sein diaktifkan namun lampu sein tidak menyala, maka periksalah bagian sekring yang berkaitan secara langsung pada lampu sein. Rata-rata bagian tersebut terdapat pada kotak sekring, lalu bacalah petunjuk dengan seksama.Lantas, di manakah posisi dari sekring yang penulis maksud agar anda tidak salah didalam mencabutnya? Anda bisa melihat satu demi satu sekring yang ada, apabila ada yang terputus, maka segera ganti dengan sekring yang baru.

3. Flasher sein mati

Apabila seluruh sekring yang ada Kondisinya masih baik serta lampu sein pada mobil tetap tidak mau menyala, maka dimungkinkan letak kerusakan ada dibagian flasher sein. Peralatan yang memiliki nama keren relay winker memiliki fungsi sebagai saklar otomatis di lampu sein sehingga lampu sein dapat hidup dengan berkedap-kedip. Melakukan pemeriksaan Flasher yang posisinya berdekatan dengan kotak sekring. Silakan Perhatikan dengan seksama, apabila terdapat adanya bekas kebakaran, maka langkah mengatasinya yaitu dengan membeli flasher sein yang baru dan memasangnya pada mobil anda.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Rusak Atau Macet

4. Aki yang mati atau soak

Lakukan pemeriksaan pada bagian sambungan kabel Lantas lanjutkan dengan memeriksa kondisi aki. Sebab, apabila tegangan serta arus yang masuk ke dalam sistem sein berkurang, maka lampu sein tidak mau berkedip. Oleh karena itu, lampu sein akan tetap menyala namun diam dan tidak berkedip.

5. Kabel yang terputus

Apabila proses maintenance di atas tidak membuahkan hasil di mana lampu sein tidak mau menyala, maka kemungkinan yang paling akhir adalah terdapat kabel yang. Pada masalah mengenai kelistrikan tersebut alangkah baiknya jika anda membawa mobil ke bengkel resmi supaya bisa ditangani oleh ahlinya, sebab sistem dari pengkabelan dan kelistrikan pada mobil cukuplah rumit untuk orang awam. Jangan sampai Anda salah memperbaiki, yang ada malah menambah masalah yang baru.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu sein mobil tidak berkedip. Semoga saja, permasalahan pada mobil anda tentang lampu sein yang tidak mau berkedip atau bahkan tidak mau menyala alias mati bisa anda tangani sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel sehingga pada akhirnya Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan lampu sein.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Master Rem Mobil

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *