Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Halo, apa kabar semuanya, di kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas tentang penyebab lampu sein motor tidak berkedip. Permasalahan di mana lampu seindapat menyala, namun tidak mau berkedip Ada kemungkinan pernah dialami oleh anda sebagai pemilik kendaraan bermotor dan ada yang memiliki anggapan bahwa permasalahan tersebut merupakan kerusakan di bagian rangkaian elektronika.

Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Walaupun sering kali permasalahan tersebut diajukan, akan tetapi keberadaan dari lampu sein di sepeda motor memiliki arti yang sangat vital, supaya kita dapat memberikan sebuah isyarat atau tanda kepada pengendara yang lainnya mengenai arah sepeda motor kita melaju.

Penyebab lampu sein motor tidak berkedip dan cara mengatasinya

Di bawah ini adalah sejumlah hal yang menyebabkan lampu sein pada sepeda motor tidak mau berkedip, lengkap dengan tahapan untuk menyelesaikannya.

1. Salah satu bohlam lampu sein putus

Salah satu dari bohlam lampu sein ada yang mati atau putus adalah salah satu gejala yang sangat mudah untuk dipahami Jika lampu sen secara tiba-tiba tidak mau berkedip namun tetap menyala. Kondisi tersebut juga ditandai pada panel indikator lampu sein yang berada di dasbor sepeda motor tidak mau berkedip seperti biasanya.

Baca Juga:   Komponen Komponen Motor Bakar

2. Memeriksa bagian flasher

Apabila anda telah memastikan bahwa seluruh lampu sein yang berjumlah 4 bisa menyala dengan cukup terang, akan tetapi tetap saja lampu sein tersebut tidak mau menyala secara berkedip, maka kemungkinan permasalahan tersebut disebabkan oleh perangkat flasher.

Langkah yang pertama yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian soket soket yang menancap, jangan sampai terdapat soket yang terlepas maupun koneksinya yang tidak sempurna karena kotoran maupun korosi.

Apabila masih dalam kondisi yang normal, maka flasher akan memproduksi suara pada saat saklar Sein diaktifkan.

Jika sudah tidak terdapat tanda-tanda suara dari bagian switch elektromagnetik atau platina flasher, maka bisa dimungkinkan komponen flasher tersebut yang mengalami kerusakan.Apabila secara kebetulan terdapat motor yang identik atau sejenis, maka tentunya dapat dicoba terlebih dahulu guna memastikan Bagaimanakah reaksi dari flasher tersebut.

Sebagai informasi saja bahwa harga untuk satu unit flasher ternyata cukup murah, yakni ada di Kisaran Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 40.000 serta sudah banyak dijual di toko spare part sepeda motor.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu sein motor tidak mau berkedip dan proses perbaikan nya di mana ternyata proses perbaikan untuk lampu sein yang tidak menyala berkedip cukuplah mudah dan bisa dilaksanakan oleh siapapun termasuk oleh orang awam sekalipun. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala Terus

Ketika pulang dari kantor, satu unit Yamaha Xeon baru sedang parkir tepat persis di sebelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *