Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Senja Dan Dashboard Mobil Mati

Penyebab Lampu Senja Dan Dashboard Mobil Mati

Bisa dikatakan bahwasanya lampu adalah salah satu bagian yang amat penting pada unit kendaraan, terlebih pada kondisi malam hari atau kondisi gelap, maka bisa dipastikan sangat memerlukan lampu untuk penerangan. Lampu juga memiliki fungsi sebagai salah satu alat isyarat atau komunikasi di antara para pengendara di Jalan Raya.

Penyebab Lampu Senja Dan Dashboard Mobil Mati

Seiring dengan berjalannya waktu, dimana umur dari kendaraan, dalam hal ini adalah mobil yang semakin tua, maka ketika sudah tiba waktunya sebuah komponen mengalami perubahan fungsi serta tidak lagi bisa berfungsi dengan normal, bahkan mengalami kerusakan. Akan tetapi, disebabkan oleh pertama kalinya para pengendara mengalami kondisi tersebut, maka kadangkala belum banyak orang yang memahami penyebab utama dari masalah tersebut.

Tentunya hal tersebut cukup wajar jika Anda belum memahaminya, Sebab karena baru pertama kali anda mengalaminya. Tentunya, bagian pertama yang harus dilakukan yakni tidak usah panik dan tetap bersikap tenang. Selanjutnya, anda bisa berkonsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman maupun para ahlinya, yakni para mekanik di bengkel.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Innova

Jangan pula terlalu terburu-buru di dalam mengambil sebuah kesimpulan, contohnya lampu senja dan lampu dashboard pada mobil Anda mati, Lalu Anda akan meminta bantuan mekanik di bengkel untuk langsung mengganti lampu senja dan lampu dashboard, padahal sebenarnya sumber permasalahan bukan terletak pada lampunya.

Pada kondisi tersebut, tentunya anda akan sangat malu disebabkan oleh rasa sok tahu, lantas merasa terpaksa untuk membeli lampu tersebut. Tentunya anda akan cukup rugi sebab melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dan pada ujungnya Anda akan merasa pusing sendiri disebabkan masalah yang anda miliki belum menemukan solusinya. Oleh karena itu, hindarilah rasa buru-buru untuk mengambil keputusan, cobalah untuk mengerjakan beberapa pengecekan terlebih dahulu.

Anda memiliki kebebasan untuk melakukan pengecekan Apa penyebab lampu senja dan lampu dasbor mobil mati, dan tentunya Anda dapat memulai dari bagian lampu senja belakang atau lampu dasbor terlebih dahulu. Namun, berdasarkan pendapat dari penulis, Kerjakanlah pengecekan dari yang termudah paling dahulu, sebab apabila anda sudah membuka lampu senja atau lampu dashboard membutuhkan kunci atau alat serta keahlian khusus untuk membukanya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Oleh sebab itu, bagian pertama kali yang harus anda kerjakan yaitu melakukan pengecekan pada kondisi aki mobil. Lantas Bagaimanakah cara melakukan pengecekan aki mobil? Caranya sangatlah mudah, yakni Anda cukup melakukan start pada mobil anda. Jika mobil bisa hidup dengan mudah, maka bisa disimpulkan bahwa kondisi aki mobil sangatlah baik.

Bagian berikutnya yakni pengecekan pada bagian fuse atau sekring. Posisi dari box sekring terletak di bagian depan kiri atau sebelah kanan bagian mesin. Silakan Anda buka box sekring, lalu Silakan anda baca dan pahami letak dari sekring dengan benar, kemudian carilah sekring Tail, Lalu lakukan pengecekan pada sekering tersebut, apakah masih dalam kondisi bagus atau sebaliknya, sudah putus. Jika kondisi sekring masih bagus, lanjutkan pengecekan pada bohlam lampu. Silakan Anda buka bagian lampu dengan hati-hati, lalu lihatlah dengan seksama kondisi lampu, apakah sudah putus atau masih bagus.

Adapun penyebab utama pada lampu dashboard dan lampu senja yang mati secara bersamaan rata-rata terletak pada sekring yang putus disebabkan oleh adanya konsleting. Sebagai tambahan, jika permasalahan hanya terdapat pada salah satu lampu saja Misalnya adalah pada lampu senja yang mati saja atau lampu dasbor yang mati saja, maka anda dapat mengerjakan pengecekan secara langsung di bagian bohlam lampu nya, sebab dimungkinkan bagian lampu yang putus atau mati.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu senja dan dasbord mobil mati yang bisa saya Uraikan Pada kesempatan kali ini. Semoga saja, anda mampu untuk melakukan perbaikan pada permasalahan di mana lampu senja dan lampu dasbor mobil mati sendiri tanpa harus repot-repot membawa kendaraan ke bengkel kepercayaan anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *