Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Utama Motor Sering Mati

Penyebab Lampu Utama Motor Sering Mati

Bisa dikatakan bahwa lampu utama motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting fungsinya. Sekarang ini, lampu utama motor tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan ketika suasana dalam kondisi gelap atau di malam hari, namun lampu utama pada sepeda motor juga harus selalu menyala pada saat sepeda motor itu sedang digunakan entah itu di siang hari maupun di malam hari. Namun, tentunya lampu utama motor memiliki umur. Hanya saja, apabila lampu utama motor sering mati, maka kita harus mencari penyebab lampu utama motor sering mati tersebut.

Penyebab Lampu Utama Motor Sering Mati

Tentunya, apabila lampu utama motor yang mati dibiarkan terus, maka tentunya akan sangat mengganggu aktivitas perjalanan anda, terutama di malam hari atau dalam kondisi gelap. Disamping itu, apabila kebetulan anda terjaring razia, maka sangat dimungkinkan anda terkena tilang disebabkan oleh lampu utama motor yang bermasalah tersebut. Oleh sebab itulah, mari kita pelajari bersama apakah yang menyebabkan lampu utama motor sering mati.

Rata-rata, permasalahan pada lampu utama motor sering mati tidaklah terletak pada bohlam lampu nya. Akan tetapi letak permasalahannya yaitu di sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor yang pada akhirnya akan menjadikan lampu utama pada motor terputus. Hal ini merupakan pendapat dari para mekanik di bengkel.

Baca Juga:   Komponen Engine Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Sebenarnya, bohlam lampu original atau bawaan dari sepeda motor mempunyai usia atau umur yang cukup panjang. Bahkan sampai usianya bisa mencapai tahunan. Apabila ternyata lampu utama motor seringkali mengalami putus atau mati, maka perlu adanya pemeriksaan pada sistem kelistrikan di sepeda motor.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan tegangan yang masuk ke bohlam lampu. Anda bisa menggunakan alat voltmeter. Jika sepeda motor dinyalakan dan besarnya tegangan melebihi dari tegangan yang sudah ditetapkan, misalnya adalah pada sepeda motor skutik yakni 15 volt, maka harus dilakukan proses pengecekan pada bagian kiprok.

Permasalahan lain yang kerap kali menjadikan penyebab lampu utama motor sering mati yakni pada bagian dudukan lampu yang sering longgar. Tentunya, getaran yang berasal dari sepeda motor ketika berjalan akan membuat lampu terlepas dan pada akhirnya tidak menyala. Dengan demikian, anda harus memastikan bahwa posisi dudukan bisa mengikat bohlam lampu. Apabila longgar, maka anda bisa mengganti dudukan lampu tersebut.

Baca Juga:   Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Langkah terakhir adalah dengan memastikan seluruh bagian tersebut sudah berjalan dengan normal. Jika ada pemilik sepeda motor yang sudah mengerjakan berbagai macam modifikasi pada sistem kelistrikan dan juga pada sistem lampu utama, maka ada kemungkinan penyebab dari lampu utama motor sering mati lebih banyak dan butuh waktu untuk menelusurinya. Selain itu, anda juga harus memastikan memakai suku cadang asli atau original sehingga memiliki umur yang lebih panjang.

Demikianlah uraian singkat tentang penyebab lampu utama motor sering mati yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tanpa membawa ke bengkel resmi, anda bisa melakukan perbaikan pada lampu utama motor yang sering mati tersebut. Terima kasih dan semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *