Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Lampu merupakan perangkat penerangan yang amat vital di kendaraan roda dua maupun roda empat. Khususnya adalah ketika kendaraan tersebut dipakai di saat hari sedang hujan maupun di malam hari. Terlebih, sekarang ini pemakai sepeda motor haruslah menyalakan lampu utama di sepeda motor mereka pada siang hari sehingga tentu wajib untuk menjaga agar lampu pada sepeda motor dalam kondisi baik.

Penyebab Lampu Vario 110 Mati

Lantas, Bagaimanakah apabila lampu pada sepeda motor mati atau tidak menyala yang disebabkan oleh bohlam yang putus? Kondisi tersebut tentu bisa menghambat perjalanan Anda dengan sepeda motor kesayangan. Dan tentunya, hal tersebut akan menambah permasalahan apabila bertemu dengan pak polisi di jalan raya.

Situasi tersebut pernah dialami oleh penulis dengan menggunakan Honda Vario 110 produksi tahun 2010. Sepeda motor skuter matic injeksi tersebut telah mengalami permasalahan pada bohlam mati sebanyak 2 kali. Bahkan, akibat dari bohlam yang mati tersebut, penulis harus mengganti aki lama dengan aki yang baru.

Akibat dari matinya bohlam lampu utama pada sepeda motor penulis terpaksa harus mengeluarkan uang cukup banyak. Setelah ditelusuri lebih jauh, barulah didapat hasil diagnosa tentang penyebab lampu Vario 110 milik penulis sering mati. Permasalahan tersebut letaknya ada pada sisi keluaran tegangan listrik yang menuju ke bohlam lampu yang melewati tegangan standar yang dibutuhkan oleh bohlam lampu itu sendiri.

Baca Juga:   Penyebab Lampu HID Mati Yang Paling Umum Terjadi

Pada umumnya, bohlam lampu pada sepeda motor masih bisa menerima tegangan listrik paling tinggi adalah 15 volt. Padahal sebenarnya tegangan kerja standar untuk bohlam lampu pada sepeda motor yakni 12 volt. Berbeda kondisi pada sepeda motor yang di miliki oleh penulis di mana setelah dilakukan pengukuran ternyata tegangan listrik yang diterima oleh bohlam lampu utama pada sepeda motor diatas 15 volt.

Tentunya, tegangan keluaran di atas 15 volt tersebut bersumber dari bagian kiprok. Oleh karena itulah, penulis mencoba untuk mengganti kiprok sepeda motor dengan yang baru. Setelah penggantian kiprok tersebut pada akhirnya lampu pada sepeda motor bisa bekerja dengan normal dan tentunya awet digunakan. Dari situ maka bisa diambil kesimpulan bahwasanya letak kerusakan tidaklah pada aki namun pada bagian kiprok di sepeda motor yang terlalu besar mengeluarkan tegangan yang mengarah ke bohlam lampu.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu Vario 110 mati yang bisa dicoba untuk ditangani sendiri tanpa harus membawa ke bengkel resmi. Dengan melakukan diagnosa sendiri serta menemukan sumber permasalahan pada lampu sepeda motor Vario, maka akan sangat menghemat pengeluaran, terutama pada sisi jasa pelayanan. Terima kasih.

Baca Juga:   Komponen Kepala Silinder Sepeda Motor 4 Tak

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *