Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Power Window Mobil Macet

Penyebab Power Window Mobil Macet

Dengan adanya fasilitas Power Window mobil membuat pengemudi mobil maupun penumpang bisa membuka dan menutup jendela mobil hanya dengan menekan tombol yang ada pada jendela dekat bangku duduk penumpang atau bangku kemudi. Namun seiring dengan bertambahnya waktu atau umur mobil maka kadangkala Power Window mobil mengalami masalah. Masalah yang sering sekali muncul pada Power Window mobil adalah masalah kaca jendela mobil yang tidak mau keluar pada saat tombol Power Window sudah ditekan untuk dibuka. Demikian juga sebaliknya, dimana kaca jendela tidak mau turun secara serempak seperti ketika kita menekan tombol Power Window.

Penyebab Power Window Mobil Macet

Fasilitas Power Window mobil kadangkala juga tidak awet. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan kondisi Power Window mobil menjadi rusak atau bermasalah. Dengan adanya masalah yang muncul pada Power Window mobil tentunya akan membuat anda cukup kerepotan di dalam proses memperbaiki Power Window tersebut. Apalagi, bengkel yang menyediakan jasa antar jemput untuk memperbaiki Power Window semakin sedikit.

Dari latar bekang diatas, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi macam ilmu dan pengetahuan tentang penyebab Power Window mobil macet dengan tujuan supaya anda bisa menghindari berbagai macam hal yang berpotensi menyebabkan Power Window mobil mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Pengalaman Cara Mengendarai Bus Mercy

Penyebab Power Window mobil macet

  1. Sekring pada Power Window putus

    Seluruh system kelistrikan biasanya sudah dilengkapi dengan sekring guna mengamankan system supaya tidak terjadi kerusakan yang parah akibah adanya konsleting listrik ataupun lonjakan listrik yang terlalu tinggi. Apabila pada system Power Window terjadi konsleting atau terjadi lonjangan arus listrik yang cukup tinggi, maka bisa dipastikan sekring akan putus yang tentunya akan menyebabkan Power Window mobil menjadi macet.

  2. Habisnya pelumas pada bagian motor Power Window mobil

    pelumas pada bagian Power Window mobil berfungsi untuk memperlancar kinerja dari motor penggerak yang ada di Power Window mobil. Semakin lama penggunaan Power Window mobil, maka akan semakin berkurang efektivitas dari kinerja pelumas pada motor Power Window mobil tersebut. Sehingga tentunya akan menyebabkan kinerja dari Power Window mobil tersebut menjadi macet.
    Disamping itu, kondisi pelumas pada bagian motor yang sudah lama bisa jadi menghambat kinerja dari gerakan motor yang digunakan untuk menaikkan sekaligus menurunkan kaca jendela mobil. Bisa jadi juga, pelumas yang sudah menggumpal karena sudah lama tidak diganti akan menahan dari gerakan kaca jendela sehingga tidak mau naik ataupun turun.

  3. Gigi regulator telah aus

    Gigi regulator pada Power Window mobil berguna untuk menaikkan dan menurunkan jendela kaca pada mobil. Tentunya gigi regulator ini digerakkan oleh motor yang sumber listriknya diambil dari baterai mobil. Apabila gigi regulator pada Power Window sudah aus, maka tentunya kaca jendela mobil tidak akan bisa bergerak naik maupun turun.

  4. motor penggerak Power Window mobil mati

    motor penggerak pada Power Window mobil merupakan komponen paling utama dan paling vital karena berfungsi untuk menggerakan regulator yang nantinya akan menaikkan maupun menurunkan Power Window mobil. Apabila motor penggerak mengalami kerusakan, misalnya mati maka tentunya seluruh sistem dari Power Window mobil akan terganggu.
    Biasanya, yang kerusakan motor penggerak Power Window mobil terjadi karena kumparan yang terbakar atau pun gigi-gigi pemutar di dalam motor yang sudah aus maupun macet. Letak dari motor penggerak for windows adalah di dalam pintu ataupun door trim.

  5. Saklar pada bagian kendali terbakar atau rusak

    Proses pengendalian power window semuanya dilakukan pada saklar, baik pada saklar yang ada pada pintu penumpang ataupun saklar pada bagian supir. Apabila kondisi saklar sudah aus, rusak atau bahkan terbakar, maka tentunya saklar tidak akan bisa mengantarkan arus listrik kebagian motor penggerak. Apabila tidak ada listrik pada motor penggerak, maka bisa dipastikan kaca jendela mobil tidak akan bergerak walaupun saklar sudah ditekan naik maupun turun.

5 macam penyebab Power Window mobil macet di atas merupakan penyebab sederhana yang seringkali dialami oleh para pemilik mobil. Apabila kita memiliki dasar mengenai ilmu mekanika dan juga ilmu elektronika, tentunya kita bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri. Namun, apabila kita masih awam di kompetensi tersebut, maka tentunya mau tidak mau kita harus membawanya ke bengkel aksesoris mobil untuk memperbaiki nya.

demikianlah bahasan singkat mengenai penyebab Power Window mobil macet yang mana ketika kita sudah mengetahui beberapa hal mengenai penyebab mengenai Power Window mobil yang macet maka kita bisa berusaha untuk mengurangi sekaligus menghindari potensi kerusakan yang akan terjadi pada Power Window mobil. Salah satunya adalah dengan rutin mengganti oli ataupun pelumas pada motor penggerak, melakukan pengecekan pada gigi regulator sekaligus pada bagian motor.terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *