Home / Umum / Usaha / Perhitungan Gaji Karyawan Masuk Tengah Bulan

Perhitungan Gaji Karyawan Masuk Tengah Bulan

Kadangkala, ketika seorang karyawan masuk kerja di tengah bulan atau keluar di tengah bulan akan sedikit membingungkan bagi bagian bendahara untuk melakukan perhitungan gaji karyawan masuk tengah bulan tersebut. Tentunya, dibutuhkan proses perhitungan gaji khusus yang memang diperuntukkan guna menghitung gaji karyawan yang masuk di tengah bulan tersebut. Bagi Anda yang kebetulan sedang membutuhkan informasi tersebut, maka pada ulasan kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah contoh Bagaimana cara perhitungan gaji karyawan yang masuk tengah bulan.

Perhitungan Gaji Karyawan Masuk Tengah Bulan

Bagaimana perhitungan gaji karyawan masuk tengah bulan?

Kali ini, saya akan memberikan sebuah contoh yang menjelaskan proses perhitungan gaji karyawan yang masuk tengah bulan dengan memberikan dua buah simulasi proses perhitungan prorata atau gaji tengah bulan. Tentunya perhitungan gaji prorata tersebut memang diperuntukkan bagi perusahaan yang menerapkan proses perhitungan gaji dengan model harian, bukan full payment ataupun 1 bulan walaupun seorang karyawan tidak bekerja selama satu bulan penuh.

Sebenarnya, untuk proses perhitungan gaji prorata atau gaji khusus karyawan yang masuk di tengah bulan bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Terlebih, apa bilang perusahaan tersebut sudah menggunakan sebuah sistem aplikasi penggajian dimana proses perhitungan gaji seluruh karyawan bisa terhindar oleh software tersebut. Namun demikian, bagi perusahaan yang masih menggunakan sistem manual, dimana proses perhitungan gaji karyawan masih dilakukan dengan manual pola, maka tentunya proses perhitungan gaji karyawan yang masuk di tengah bulan pun harus dihitung secara manual.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Lembur

Proses perhitungan gaji khusus untuk karyawan yang masuk di tengah bulan biasanya mengacu kepada jumlah hari dimana karyawan tersebut aktif bekerja. Hal tersebut juga berlaku bagi karyawan yang resign atau keluar belum di akhir bulan di mana gaji yang diterima karyawan tersebut juga dihitung berdasarkan jumlah hari aktif dia bekerja. Sebagai ilustrasinya, anda bisa liat gambaran di bawah ini.

Bapak Joko masuk dalam perusahaan Mekarsari mulai tanggal 15. Sementara itu, jumlah keseluruhan Hari di Bulan tersebut adalah 30. Apabila dihitung, maka jumlah hari aktif Bapak Joko bekerja di perusahaan Mekarsari untuk bulan tersebut adalah 30 hari dikurangi 15 hari dikurangi 2 hari libur sehingga didapat angka 13. Angka 13 itulah yang merupakan angka hari aktif Bapak Joko bekerja di perusahaan untuk bulan tersebut.

Untuk proses perhitungannya tentu dilakukan dengan menggunakan rumus jumlah hari aktif Bapak Joko bekerja dibagi dengan total hari pada bulan tersebut dikalikan dengan besarnya gaji karyawan full satu bulan. Jumlah hari aktif dalam 1 bulan adalah 30 hari dikurangi 4 hari libur yaitu 26. Apabila dilakukan perhitungan secara keseluruhan, makan gaji karyawan masuk tengah bulan Bapak Joko tersebut adalah 13 dibagi 26 dikalikan Rp.3.000.000 dengan asumsi angka Rp.3.000.000 merupakan besarnya gaji dalam 1 bulan di perusahaan Mekarsari. Dengan kata lain, bapak Joko akan mendapatkan gaji dalam satu bulan tersebut adalah sebesar Rp.1.500.000.

Baca Juga:   Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

Cukup mudah bukan proses perhitungan gaji karyawan masuk tengah bulan maupun resign sebelum akhir bulan. Proses perhitungan gaji untuk karyawan prorata tersebut tentunya bersifat umum dan bisa diterapkan dimana saja selama perusahaan tersebut tidak mengadopsi full payment untuk setiap gaji karyawan walaupun karyawan tersebut tidak bekerja full selama 1 bulan.

Mudah-mudahan, sedikit ulasan mengenai perhitungan gaji karyawan masuk tengah bulan di atas mampu memberikan sedikit gambaran bagi Anda sehingga Anda lebih mudah di dalam menentukan besarnya gaji seorang karyawan yang baru masuk kerja di tengah bulan atau keluar di tengah bulan juga. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung GDP

Cara Menghitung GDP Paling Baru

Apakah anda sudah benar-benar memahami cara menghitung GDP? Apabila belum, maka Mari kita bahas bersama-sama …

One comment

  1. apakah ada perusahaan yang menggaji karyawannya tanpa hitungan bulanan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *