Home / Umum / Usaha / Perhitungan Gaji Karyawan Outsourcing

Perhitungan Gaji Karyawan Outsourcing

Di masyarakat memang sudah banyak beredar kabar serta informasi yang menyatakan bahwa karyawan outsourcing memiliki lebih banyak kerugian jika dibandingkan dengan keuntungannya. Salah satu yang menjadi momok tersendiri adalah perhitungan gaji karyawan outsourcing di mana kabarnya cukup banyak potongan gajinya sehingga pada akhirnya gaji yang bisa diterima oleh pegawai atau karyawan outsourcing banyak berkurang. Lalu, apakah memang hal tersebut benar terjadi?

Perhitungan Gaji Karyawan Outsourcing

Menanggapi isu tersebut, salah satu direktur dari perusahaan outsourcing terkemuka yang sudah beroperasi cukup lama, kurang lebih nya adalah 20 tahun di negara Indonesia menyampaikan bahwa gaji karyawan outsourcing memang mengalami pemotongan. Namun, besarnya angka pemotongan gaji karyawan outsourcing tersebut tentu sangat bergantung kepada kebijaksanaan dari perusahaan yang bertindak sebagai penyalur jasa pegawai outsourcing di mana tempat dia bekerja.

Perhitungan Gaji Karyawan Outsourcing

Untuk mudahnya, Mari kita ambil sebuah contoh. Pekerjaan di posisi office girl, security dan office boy dimana karyawan tersebut memiliki posisi sebagai tenaga outsourcing yang memiliki pendidikan terakhir adalah SMA atau sederajat, gaji yang dapat mereka peroleh adalah sesuai dengan hukum atau upah minimum Propinsi. Selanjutnya, untuk bagian resepsionis yang memiliki pendidikan terakhir di tingkat D3, maka bisa mendapatkan gaji dengan angka berkisar 3 juta sampai dengan 3,5 juta rupiah.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

Tidak jarang pula pada sebuah perusahaan outsourcing yang mempekerjakan mereka dan memberikan sebuah bonus serta THR atau tunjangan hari raya yang jumlahnya berlipat ganda dikarenakan mereka Cukup puas atas kinerja dari karyawan ataupun pegawai outsourcing yang bersangkutan tersebut.

Ada sebuah kisah dimana sejumlah pegawai atau karyawan outsourcing yang disalurkan oleh perusahaan outsourcing memperoleh tunjangan hari raya atau THR dengan besaran sampai dengan 6 kali lipat dari gaji yang biasa dia terima dikarenakan kinerja yang mereka miliki sangatlah baik pada perusahaan di mana mereka disalurkan.

Kadangkala, muncul sebuah pertanyaan kenapa sekarang ini cukup banyak karyawan atau pegawai outsourcing yang gemar melakukan demonstrasi meminta supaya gaji dinaikkan? Pada sebuah paparan yang menyampaikan bahwa kondisi tersebutlah yang kadang malah membuat status dari pegawai atau karyawan outsourcing dianggap cukup buruk.

Hal tersebut dikarenakan proses atau kegiatan demonstrasi dilakukan karena adanya ketidakpuasan dari sisi gaji yang diterima oleh mereka. Padahal, hal tersebut tentunya dapat dicegah dengan membuat terlebih dahulu kesepakatan kerja maupun kontrak antara perusahaan dengan karyawan outsourcing. Dengan demikian, maka gaji yang akan diterima oleh pegawai maupun karyawan outsourcing merupakan angka yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa

Bagi calon karyawan maupun pegawai outsourcing wajib untuk jelly di dalam melihat dan menandatangani kontrak, terutama di bagian yang berkaitan dengan besarnya gaji dan juga hak yang lainnya secara finansial. Ada pula beberapa perusahaan yang bertindak sebagai penyalur karyawan dan pegawai outsourcing yang cukup bandel dengan cara memotong gaji pegawai dengan angka yang cukup besar. Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi karyawan outsourcing tersebut.

Akan tetapi secara umum perusahaan-perusahaan outsourcing yang bekerja secara normal tidak akan melakukan pemotongan gaji karyawan mereka secara besar-besaran. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya karyawan tetap bisa betah bekerja dan pada akhirnya akan mendatangkan penghasilan secara berkelanjutan.

Demikian ulasan singkat mengenai perhitungan gaji karyawan outsourcing yang sebenarnya cukuplah besar apabila masing-masing pihak dan bagian yang saling berkaitan tidak melakukan pemotongan besar-besaran secara sepihak. Dengan adanya pembahasan ini, maka diharapkan setiap pegawai outsourcing maupun perusahaan outsourcing mampu untuk Melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Profit

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *