Home / Umum / Usaha / Perhitungan Gaji Lembur

Perhitungan Gaji Lembur

Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan lembur? Lembur merupakan salah satu aktivitas pekerja yang dilaksanakan di luar jam kerja dan tentunya melebihi 7 atau 8 jam dalam sehari. Apabila dikalkulasikan, makan waktu lembur adalah kegiatan kerja yang dilaksanakan lebih dari 40 jam dalam satu minggu atau 6 hari kerja di dalam satu minggu. Ketika waktu ditentukan sebagai hari libur, misalnya adalah hari minggu atau hari-hari besar yang sudah ditentukan pemerintah namun tetap pekerja, maka hal tersebut juga dikatakan sebagai lembur.

Perhitungan Gaji Lembur

Perhitungan gaji lembur

Tentunya, ketika kita kerja lembur melampaui dari batas waktu normal bekerja sehari-hari, maka tentunya kita berhak untuk mendapatkan gaji lembur. Lalu, Bagaimana cara perhitungan gaji lembur? Selain bendahara perusahaan yang memang notabennya harus mengetahui cara-cara pasti perhitungan gaji lembur, kita juga sebagai karyawan harus memahami sebenar-benarnya proses perhitungan gaji lembur sehingga kita tidak dibodohi dan kita juga akan mengerti secara detail langkah-langkah di dalam menghitung gaji lembur.

Setiap perusahaan tentunya memiliki karakteristik dan cara perhitungan gaji lembur sendiri-sendiri. Namun, secara umum perhitungan dari gaji lembur tersebut bisa dikatakan hampir sama dan pada akhirnya Nominal uang yang nantinya akan diterima oleh masing-masing karyawan yang kerja lembur juga hampir sama.Secara umum, perhitungan gaji lembur bagi karyawan dalam satu jam yaitu 1/173 kali upah dalam satu bulan. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Profit
  1. Ketika kita kerja lembur pada saat hari kerja, makan pembayaran upah sebesar 1.5 kali upah sejam dilakukan pada jam kerja lembur yang pertama. Selanjutnya, upah sebesar 2 kali lipat upah sejam dibayarkan setiap jam kerja lembur untuk jam berikutnya.
  2. Ketika kerja lembur dilaksanakan di hari libur, hari istirahat mingguan dan hari-hari lainnya yang ditentukan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional, maka dilakukan perhitungan dengan upah dua kali upah sejam untuk 7 jam lembur yang pertama. Selanjutnya upah sebesar 3 kali upah sejam diberikan pada jam lembur ke-8. Upah empat kali upah dalam sejam diberikan untuk jam lembur yang ke-9 dan yang ke-10. Sementara itu, apabila kebetulan hari libur resmi yang ditentukan oleh pemerintah jatuh di hari kerja terpendek maka upah sebesar 2 kali upah sejam diberikan pada 5 jam lembur yang pertama. Selanjutnya, upah tiga kali upah sejam diberikan pada jam lembur yang ke-6. Upah sebesar 4 kali upah sejam diberikan pada jam lembur ketujuh dan kedelapan.
  3. Ketika kerja lembur dilaksanakan Pada hari libur resmi ataupun hari istirahat mingguan dengan ketentuan perusahaan menerapkan 5 hari kerja atau 40 jam kerja dalam seminggu, maka proses perhitungan dengan upah dua kali upah sejam diberikan ketika lembur dilaksanakan selama 8 jam yang pertama. Untuk upah sebesar 3 kali upah sejam diberikan ketika lembur sudah memasuki jam kesembilan. Sementara itu, upah sebesar 4 kali upah sejam diberikan ketika waktu lembur sudah masuk jam ke 10 ataupun ke 11.
  4. Apabila kita simpulkan maka didapat informasi bahwa semakin lama kerja lembur seseorang maka gaji lembur yang akan didapat pun akan semakin besar. Hal tersebut tentunya dipengaruhi karena besarnya gaji lembur yang diterima masing-masing jam kerja berbeda-beda. Dengan demikian, Ketika anda menginginkan untuk bisa memperoleh gaji lembur yang lebih besar dari standar, maka anda bisa berusaha untuk bisa bekerja lembur setiap hari serta memaksimalkan jam selama Mungkin.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Usaha Agar Sukses

Mudah-mudahan, informasi diatas mengenai perhitungan gaji lembur bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda, terutama yang sedang memiliki rasa penasaran Bagaimana cara menghitung gaji lembur sebenarnya. Terima kasih dan Salam sukses untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Perhitungan Gaji Pensiun

Perhitungan Gaji Pensiun

Siapa yang tidak suka menerima gaji pensiun? Ketika kita sudah bekerja secara sungguh-sungguh mengabdikan diri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *