Home / Umum / Usaha / Perhitungan Gaji Pensiun

Perhitungan Gaji Pensiun

Siapa yang tidak suka menerima gaji pensiun? Ketika kita sudah bekerja secara sungguh-sungguh mengabdikan diri pada sebuah perusahaan berbasis negeri atau pemerintah, maka ketika kita sudah menyelesaikan bakti kita kepada perusahaan tersebut maka kita akan menerima gaji pensiun. Perhitungan gaji pensiun masing-masing instansi tentunya berbeda-beda. Salah satu contohnya lagi adalah bagi PNS di mana mereka yang sudah menyelesaikan masa baktinya pasti akan mendapatkan tunjangan hari tua atau gaji pensiun tersebut.

Perhitungan Gaji Pensiun

Perhitungan gaji pensiun

Langkah di dalam mengetahui besarnya gaji pensiun maupun tunjangan hari tua bagi PNS di Taspen Tidaklah terlalu sulit. Walaupun bersifat mengira-ira, kita akan tetap bisa mengetahui estimasi dari dana pensiun yang diterima oleh PNS nantinya ketika sudah masuk masa pensiun.

Bisa dikatakan bahwa program dengan nama pensiun PNS adalah salah satu jaminan di hari tua yang berwujud pemberian uang yang dilakukan setiap bulan kepada PNS yang tentunya sudah memenuhi sejumlah kriteria.Selain itu, PT Taspen Persero juga tentunya melakukan sejumlah pembayaran gaji pensiun yang ditujukan kepada:

  1. Pensiunan para pejabat negara
  2. Para penerima tunjangan Perintis Kemerdekaan
  3. Para penerima tunjangan veteran
  4. Para pensiunan anggota Polri dan anggota TNI dimana masa pensiunnya sebelum bulan April tahun 1989
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pengusaha

Tentunya, gaji pensiun yang diberikan sangatlah bermanfaat dan memiliki tujuan yang cukup Mulia. Tujuan serta manfaat dari uang pensiun serta tunjangan hari tua khusus bagi Pegawai Negeri Sipil adalah sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan adanya jaminan di hari tua untuk setiap pegawai negeri sipil dan juga anggota Taspen ketika sudah masuk ke dalam usia pensiun
  2. Sebagai salah satu bentuk penghargaan atas setiap jasa-jasa yang sudah diberikan oleh pegawai negeri peserta Taspen setelah mereka melakukan pengabdiannya kepada negara

Mungkin, dari awal Anda ada sebuah pertanyaan apa itu Taspen persero? Taspen Persero atau dikenal dengan istilah tabungan dan asuransi pensiun merupakan salah satu bentuk badan usaha yang dimiliki oleh negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa asuransi tabungan di hari tua serta dana khusus pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Untuk bisa mendapatkan gaji pensiun dari PT Taspen Persero, magnet peserta hari tua tersebut wajib memiliki syarat yaitu:

  1. Masuk ke dalam golongan PNS namun bukan PNS yang berada di lingkungan Departemen Pertahanan dan Keamanan
  2. Pegawai BUMN atau BUMS yang terdaftar
  3. Para pejabat negara
Baca Juga:   Cara Perhitungan Gaji Prorata

Untuk memudahkan proses pengecekan perkiraan besarnya gaji pensiun yang diterima setiap bulannya, maka setiap PNS bisa melakukan Sendiri secara online. Berikut ini adalah langkah demi langkah proses pengecekan perhitungan gaji pensiun secara online:

  1. Silahkan anda kunjungi alamat website http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi
  2. Setelah anda mengunjungi halaman di atas, maka akan ditampilkan sebuah kotak login yang akan meminta data NIP baik NIP yang baru maupun yang lama. Silahkan Anda masukkan NIP yang anda miliki
  3. Masukkan pula tanggal lahir dengan format tahun bulan tanggal dengan panjang karakter 8 digit
  4. Lanjutkan dengan Klik tombol login.
  5. Setelah anda berhasil login maka sebuah nilai dari perkiraan gaji pensiunan akan diperlihatkan. Apabila Anda ingin mengetahui total dana pensiun yang bisa diterima, maka anda cukup mengalihkan saja dengan total usia umur pensiun nantinya.

Cukup mudah bukan cara mengetahui perhitungan gaji pensiun yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Taspen. Mudah-mudahan, informasi sederhana dan ringkas Pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi anda, terutama bagi para pensiunan yang hendak mengetahui seberapa besar dana pensiun yang bisa mereka terima. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga berguna dan bermanfaat.

Baca Juga:   Fungsi Utama Asuransi Yang Perlu Diketahui Masyarakat

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Pola Baju

Cara Mengukur Badan Untuk Membuat Pola Baju

Cara mengukur badan untuk membuat pola baju adalah salah satu teknik yang harus dikuasai oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *