Home / Umum / Pola Pikir / Pola Pikir Kritis Harus Bisa dibentuk di Sekolah

Pola Pikir Kritis Harus Bisa dibentuk di Sekolah

Sesuai dengan judul yang saya angkat bahwa pola pikir kritis memang wajib untuk bisa diupayakan terbentuk di sekolah. Sekolah wajib untuk bisa memberikan pendidikan kepada siswa untuk bisa memiliki pola pikir yang kritis. Hal tersebut tentunya sangat penting untuk mempersiapkan SDM atau sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik di dalam menghadapi sejumlah tantangan Global.

Pola Pikir Kritis Harus Bisa dibentuk di Sekolah

Sesuai dengan yang disampaikan oleh robertus Budi Setiono selaku direktur Global Sevilla school menyampaikan bahwa hal tersebut bisa dicapai apabila sekolah-sekolah mau mengerjakan sebuah perubahan terhadap pola pembelajaran yang ada.

Tentunya, kita wajib untuk memberikan sejumlah kesempatan untuk anak-anak berpikir kritis. Setiap anak milenial di saat sekarang ini tidak bisa untuk diajarkan dengan pola Yang diterapkan di zaman dahulu. Pola pembelajaran yang baik harusnya selalu dikembangkan sekarang ini supaya mampu untuk mendorong Setiap anak bisa mempunyai tema maupun argumen dan juga teori-teori yang sedang berkembang.

Pada akhirnya, maka tidak akan ada lagi pelajaran mencatat di depan kelas. Proses pembelajaran yang dinamis tentunya wajib untuk selalu dikembangkan sehingga kegiatan pembelajaran di dalam kelas juga lebih menyenangkan.

Baca Juga:   Cara Mengubah Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

Dibutuhkannya proses pengembangan pola pembelajaran yang lebih kreatif sehingga mampu untuk distandarisasikan dengan kurikulum internasional. Salah satu metode pendekatan yang bisa dikerjakan guna meningkatkan kualitas dari siswa yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengikuti kompetisi ataupun lomba, baik yang masih memiliki skala nasional, maupun skala internasional.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manusia memang sudah diciptakan dengan sifat yang berbeda, maksudnya adalah unik. Akan tetapi perlu kita ketahui bersama bahwa sikap dan sifat yang dimiliki bisa saja berubah karena adanya pengaruh, baik pengaruh dari luar maupun pengaruh dari dalam.

Pola Pikir Kritis

Di bawah ini adalah sejumlah pola pikir kritis yang sudah diterapkan oleh orang-orang di Amerika dan di Asia sehingga mereka bisa sukses di dalam menjalani kehidupan.

1. Kekayaan serta usaha yang keras

Secara umum, banyak orang yang memiliki pendapat bahwa semakin kita bekerja keras, maka penghasilan yang akan kita dapatkan juga akan semakin banyak. Pendapat seperti itu memang benar adanya. Akan tetapi, kebanyakan pandangan dari orang Asia dan Amerika justru bersifat terbalik. Tolak ukur kesuksesan orang Asia kebanyakan berpandangan kepada seberapa banyak materi yang bisa diperoleh sehingga bisa menaikkan gengsi atau prestise mata.

Baca Juga:   Pola Pikir Yang Baik Yang Perlu Terus Dikembangkan

Berbeda dengan orang Amerika yang justru menganggap bahwa kekayaan atau materi yang diperoleh bukan lagi dijadikan sebagai tolak ukur sebuah keberhasilan, Namun usaha dan cara yang dikerjakan untuk mengubah sesuatu Menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Ditambahkan lagi bahwa orang Asia memiliki kecenderungan dan memiliki anggapan bahwa sejumlah kekayaan memiliki posisi yang lebih penting dibandingkan dengan cara memperolehnya. Tentunya, jawaban tersebut tidak perlu dijelaskan secara panjang dan lebar. Anda bisa melihat tingkat korupsi di negara Asia yang cukup tinggi, salah satunya adalah di Indonesia.

2. Pendidikan

Apakah anda tahu tentang istilah Jack of all trades, but master of none yang cukup terkenal itu?Artinya adalah bahwa hanya mengetahui sedikit bagian mengenai berbagai macam hal akan tetapi tidak menguasai satupun yang ada. Kita bisa membuktikan dengan cara melihat sejumlah anak muda yang berasal dari Asia di mana dia sering memperoleh kemenangan di dalam olimpiade biologi, kimia serta fisika.

Namun, jarang sekali yang bisa memperoleh Nobel. Kondisi tersebut tentunya dikarenakan oleh sistem pendidikan di kawasan Asia yang memiliki kecenderungan mengarah kepada hafalan serta tidak bisa menciptakan personal atau siswa yang kreatif.

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Pengusaha Sukses Terbaru

Itulah gambaran singkat mengenai pola pikir kritis yang harus dibentuk di sekolahan sehingga setiap lulusan sekolah memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni sehingga bisa langsung digunakan di dunia kerja. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola pikir orang jenius kadangkala dianggap orang biasa sesuatu yang aneh dan nyeleneh. Bahkan kadangkala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *