Home / Umum / Kode Etik / Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Setiap pelanggaran kode etik jurnalistik akan membawa dampak yang tidak baik bagi jurnalis itu sendiri. Salah satunya adalah dijatuhkannya sanksi terhadap jurnalis atau wartawan tersebut. Tentunya, setiap jurnalis atau wartawan tidak mengharapkan bahkan sebisa mungkin menghindari sejumlah pelanggaran kode etik jurnalistik sehingga mereka terhindar dari sejumlah resiko dari adanya pelanggaran kode etik jurnalistik tersebut.

Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Kode etik jurnalistik memang wajib untuk dipatuhi oleh seluruh wartawan yang ada di indonesia. Hal tersebut tentunya memiliki tujuan supaya wartawan tidak seenaknya di dalam bekerja membuat berita tanpa adanya investigasi terlebih dahulu terhadap sejumlah berita yang dibuatnya. Dengan adanya kode etik jurnalistik, maka wartawan harus mampu untuk membuktikan kebenaran dari isi berita yang dibuatnya.

Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Ketika seorang wartawan melakukan pelanggaran terhadap kode etik jurnalistik, maka bisa dipastikan dia akan mendapatkan hukuman. Hanya saja, hukuman yang diterima oleh wartawan yang melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik tersebut memang berbeda-beda, tergantung dari jenis pelanggaran yang dibuatnya.

Baca Juga:   Contoh Penyimpangan Kode Etik Jurnalistik Dari Berbagai Media

Untuk membantu anda didalam mengenali hukuman apa saja yang nantinya diterima oleh jurnalis ketika melakukan pelanggaran, maka silahkan anda simak terus ulasan berikut ini. Pada saat seorang wartawan atau jurnalis melakukan pelanggaran terhadap kode etik jurnalistik, makan dewan kehormatan pwi mempunyai kewenangan di dalam membuat ketetapan hukuman atas pelanggaran kode etik jurnalistik yang telah dilakukan oleh seorang jurnalis.

Bisa dikatakan bahwa dewan kehormatan pwi adalah satu-satunya organisasi atau lembaga yang memiliki kewenangan di dalam menentukan sanksi atas kesalahan yang sudah dilakukan oleh seorang jurnalis berdasarkan kode etik jurnalistik yang ada di indonesia. Tentunya, keputusan yang sudah diambil oleh dewan kehormatan pwi tidak bisa diganggu gugat lagi.

Hukuman yang bisa diberikan oleh dewan kehormatan  pwi untuk jurnalis yang melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik yaitu:

  1. Tahap pertama diberikannya peringatan biasa
  2. Tahap kedua diberikan-nya peringatan keras
  3. Tahap ketika dilakukannya skorsing terhadap jurnalis dari keanggotaan pwi dengan durasi 2 tahun berturut-turut

Setiap anggota pwi yang mendapatkan hukuman dari kasus pelanggaran kode etik jurnalistik mendapatkan kesempatan untuk bisa membela diri di dalam kongres. Dengan demikian, masih ada kesempatan bagi seorang jurnalis untuk terbebas dari segala macam gugatan atas pelanggaran yang dia buat.

Baca Juga:   Kode Etik Pendidik Paling Baru

Demikianlah penjabaran singkat mengenai sanksi terhadap pelanggaran kode etik jurnalistik yang kerap dialami oleh wartawan di dalam menjalankan profesinya sehari-hari. Intinya, segala macam profesi yang dilengkapi dengan kode etik sangat berpotensi dan berpeluang mengalami pelanggaran sehingga setiap orang yang bekerja di dalamnya harus ekstra hati-hati di dalam pekerja. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Manfaat kode etik guru sangatlah baik apabila diterapkan dengan serius dan sungguh-sungguh. Seorang guru di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *