Home / Otomotif / Sepeda Motor / Service Sepeda Motor Dengan Carb Injector Cleaner Tanpa Bongkar Carburator

Service Sepeda Motor Dengan Carb Injector Cleaner Tanpa Bongkar Carburator

Solusi mudah servis sepeda motor yang akan Saya bahas pada kesempatan kali ini adalah salah satu pengalaman yang pernah dilakukan pada sepeda motor kesayangan. Dengan memanfaatkan Carb Injector Cleaner, kita bisa melakukan proses servis bagian karburator pada sepeda motor dengan cepat dan aman serta mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda pada proses servis karburator sepeda motor dengan cara konvensional.

Service Sepeda Motor Dengan Carb Injector Cleaner

Membersihkan karburator menggunakan Carb Injector Cleaner Saya coba tempuh lantaran sudah mulai malas membuka bagian karburator dan membersihkannya satu per satu bagian dari karburator itu sendiri. Belum lagi resiko dari kerusakan pada beberapa bagian karburator yang mungkin saja terjadi akibat proses melonggarkan dan mengencangkan mur serta baut yang ada pada masing-masing bagian karburator.

Sebelumnya memang Saya sudah mencoba untuk sedikit konsultasi kepada teman yang sudah paham dengan proses perawatan karburator sepeda motor. Sebagai bahan uji coba dan eksperimen, Saya menggunakan sepeda motor kesayangan, yaitu sepeda motor tua bermerek honda Supra X 100 CC dimana sepeda motor tersebut dirakit pada tahun 2002. Oleh teman Saya yang sudah mahir di dalam teknik perawatan karburator sepeda motor disarankan supaya menggunakan Carb Injector Cleaner saja supaya tidak repot lagi membuka dan memasang kembali bagian demi bagian karburator sepeda motor.

Pada proses servis karburator sepeda motor menggunakan Carb Injector Cleaner bisa dilakukan cukup dengan menyemprotkan bagian sambungan udara karbulator yang menuju ke filter saringan angin. Jadi, ketika kita ingin melakukan servis karburator sepeda motor menggunakan Carb Injector Cleaner, maka kita cukup membuka bagian ujung karburator yang menuju ke filter saringan angin.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Satria Fu

Carb Injector Cleaner juga memiliki harga yang cukup murah sehingga proses servis karburator sepeda motor tentu bisa ditekan biayanya. Sebagai pembanding, apabila kita melakukan servis karburator sepeda motor di bengkel, maka biasanya tarif standar yang berlaku sebagai jasa melakukan servis karburator sepeda motor berkisar antara Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 30.000. Namun, apabila kita melakukan servis karburator sepeda motor menggunakan Carb Injector Cleaner, maka biayanya bisa ditekan sampai sehemat hematnya.

Sebagai informasi, harga Carb Injector Cleaner dengan ukuran tabung besar berkisar antara Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 40.000. Satu tabung ataupun kaleng Carb Injector Cleaner tersebut bisa digunakan sampai 10 kali proses servis karburator sepeda motor. Jadi, apabila disimpulkan maka satu kali servis karburator sepeda motor menggunakan Carb Injector Cleaner jatuhnya hanya sekitar Rp. 4.000.

Lalu, bagaimana urutan maupun tahapan demi tahapan melakukan servis sepeda motor dengan Carb Injector Cleaner? Apakah cara menggunakan Carb Injector Cleaner tersebut sulit? Ternyata jawabannya sangat mudah. Berikut ini adalah urutan-urutan bagaimana melakukan servis karburator sepeda motor dengan memanfaatkan Carb Injector Cleaner. Pengalaman ini Saya ambil dari proses pembersihan karburator sepeda motor honda Supra X 100 CC. Nantinya, untuk beberapa tipe model sepeda motor yang lain bisa menyesuaikan pada bagian yang perlu dilepas.

Baca Juga:   Komponen Kelistrikan Sepeda Motor Dan Fungsinya
  1. Tahapan pertama, kita lepas bagian filter saringan udara yang menuju ke karburator. Setelah tahapan ini selesai, maka tentunya bagian ujung dari karburator akan terlihat, sehingga kita bisa melakukan penyemprotan bagian tersebut menggunakan Carb Injector Cleaner.
  2. Tahapan kedua, silahkan anda nyalakan sepeda motor. Setelah itu silahkan anda tarik tuas gas secara perlahan hingga menaikkan RPM dari putaran mesin sepeda motor tersebut.
  3. Masih dalam kondisi RPM sepeda motor yang sedikit dinaikkan, silahkan anda semprotkan Carb Injector Cleaner ke bagian ujung karburator yang menghubungkan ke bagian filter saringan angin kurang lebih dengan durasi 2 sampai 3 detik.
    Service Sepeda Motor Dengan Carb Injector Cleaner pada bagian karburator
  4. Pada saat anda menyemprotkan Carb Injector Cleaner, maka secara perlahan-lahan RPM mesin sepeda motor akan menurun. Pada kondisi seperti itu, silahkan anda pertahankan RPM dari mesin sepeda motor yang sedang anda bersihkan karburator nya.
  5. Setelah Anda berhenti dalam menyemprotkan Carb Injector Cleaner, maka secara perlahan-lahan RPM mesin dari sepeda motor akan naik kembali. Apabila mesin sepeda motor mati pada saat anda semprotkan Carb Injector Cleaner, maka silahkan anda hidupkan kembali.
  6. Pada beberapa kasus, mesin sepeda motor akan sedikit sulit untuk dihidupkan ketika mati pada saat disemprot menggunakan Carb Injector Cleaner. Hal tersebut adalah sangat wajar terjadi, anda bisa tetap mencoba untuk menyalakan mesin sepeda motor hingga menyala kembali.
  7. Silahkan anda ulangi proses penyemprotan karburator menggunakan Carb Injector Cleaner sesuai dengan langkah-langkah diatas. Apabila sudah dirasa cukup dengan ditandainya suara mesin yang kembali stabil dan halus, maka proses pembersihan karburator sepeda motor selesai.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha

Harap untuk diperhatikan dan diingat-ingat, jangan sampai cairan dari Carb Injector Cleaner mengenai bagian sepeda motor yang dicat maupun bagian yang terbuat dari karet. Cairan dari Carb Injector Cleaner cukup keras, di mana apabila cairan tersebut mengenai bagian plastik ataupun cat maka akan melunturkan bagian tersebut. Saya pernah tidak sengaja menyemprotkan Carb Injector Cleaner keperalatan elektronika yang terbuat dari karet dan plastik, maka dalam hitungan detik karet dan plastik tersebut meleleh.

Setelah anda selesai di dalam proses membersihkan karburator sepeda motor menggunakan Carb Injektor Cleaner maka proses servis sepeda motor sudah selesai. Silahkan anda tutup kembali tabung dari Carb Injector Cleaner tersebut supaya kondisinya tetap terjaga, dan nantinya bisa digunakan kembali apabila dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan untuk memasang kembali bagian-bagian sepeda motor yang sebelumnya dilepas. Selamat mencoba dan semoga kondisi sepeda motor yang anda miliki kembali menjadi fit dan tentunya memiliki performa yang semakin meningkat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi …

2 Komentar

  1. Bro, merek carn injector yang bagus apa ya?

    • Karena pada dasarnya fungsi dari carb injector cleaner adalah untuk membersihkan bagian dalam pada karburator, maka hampir semua merek bagus. Mohon maaf, disini saya tidak bisa menyebutkan merk, takut dikira promosi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *