Home / Elektronika / Sistem Kerja AC Inverter Yang Wajib Anda Ketahui

Sistem Kerja AC Inverter Yang Wajib Anda Ketahui

Di zaman modern sekarang ini, pemakaian dari AC inverter merupakan sebuah pilihan utama dari masyarakat Indonesia. Walaupun dilihat dari sisi harga tentunya AC inverter jauh lebih mahal, Namun apabila dilihat dari sisi energi maka tentunya konsumsi listrik AC inverter jauh lebih murah dibandingkan dengan AC non inverter.

Sistem Kerja AC Inverter Yang Wajib Anda Ketahui

Lalu, Apakah anda mengetahui bagaimana sistem kerja dari AC inverter tersebut? Apabila anda belum memahami Bagaimana cara kerja AC inverter, maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang sistem kerja AC inverter, mudah-mudahan bisa berguna untuk pengunjung sekalian.

Teknologi dari AC inverter merupakan sebuah teknologi yang meregulasi frekuensi, arus, serta tegangan pada sebuah rangkaian listrik. Apabila dijabarkan dengan bahasa yang lebih sederhana, maka di dalam sebuah rangkaian listrik terdapat komponen yang bisa menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan yang lebih rendah sehingga pemakaian dari arus listrik pada sebuah rangkaian listrik bisa dikecilkan. Dengan demikian, daya listrik pun akan lebih kecil.

Kesimpulannya adalah bahwa inverter merupakan sebuah alat yang bisa mengkonversi daya tinggi ke daya rendah tanpa adanya pengurangan kualitas maupun hasil. Contoh dari AC inverter, tegangan dan arus listrik yang masuk kepada sebuah rangkaian akan dilanjutkan kepada bagian kompresor yang memiliki fungsi guna mengkonversi tegangan dan arus listrik menjadi lebih rendah.

Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Selanjutnya, bagian mikroprosesor akan mengendalikan kecepatan putaran dari kompresor serta mendapatkan Power yang pada awalnya tinggi menjadi rendah. Lantas, apakah benar bahwa AC inverter bisa menghemat energi listrik?

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya sering diberikan oleh ibu rumah tangga. Guna bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka kita harus memahami terlebih dahulu cara kerja dari sistem AC inverter. Pada proses memahami sistem kerja AC inverter, maka kita dapat beranalogi seperti orang yang sedang berkendara mobil di Jalan Raya.

Pada saat Anda menstarter mobil yang semula pada kondisi diam. Guna bisa menjalankan mobil tersebut, maka anda wajib untuk menginjak pedal gas dengan cara perlahan-lahan sampai dengan mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Kemudian, setelah kecepatan yang diinginkan sudah tercapai, maka dengan cara otomatis anda tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas secara keras, akan tetapi cukup menginjaknya secara ringan dan pelan. Artinya adalah Anda hendak menjaga supaya mobil tetap melaju dengan kecepatan yang konstan. Dengan begitu, maka tentunya anda akan menjadikan mesin mobil mengeluarkan bahan bakar yang jauh lebih sedikit.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Prinsip kerja AC inverter tentunya sangat mirip dengan analogi tersebut. Pada saat AC inverter dinyalakan, maka secara terus-menerus dia akan mendinginkan ruangan sampai dengan kondisi suhu yang diinginkan tercapai. Setelah suhu udara tercapai, misalnya adalah 27 derajat Celcius maka secara otomatis AC inverter hanya akan melakukan penyesuaian sehingga pada akhirnya kerja dari AC akan lebih ringan.

Pada bagian inilah AC inverter memiliki kelebihan. AC inverter memiliki mekanisme yang bisa menyesuaikan sistem kerja bagian indoor dengan bagian outdoor. Lebih memberikan rincian kepada anda, maka ada sejumlah kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika memakai AC inverter. Berikut ini adalah rinciannya.

  1. AC inverter memiliki kemampuan bekerja dengan cukup baik pada cuaca yang sangat ekstrim
  2. AC inverter bisa menjaga temperatur ruangan tetap dalam kondisi dingin
  3. AC inverter bisa menghemat pemakaian daya listrik
  4. AC inverter memiliki ketahanan yang lebih lama Apabila dibandingkan dengan AC non inverter
  5. AC inverter tidak mengeluarkan suara bising dan berisik ketika dinyalakan
  6. AC inverter bisa mencapai suhu udara yang diinginkan waktu yang terlalu lama
  7. Tarikan daya listrik awal hanya sepertiga dibandingkan dengan AC non inverter
  8. AC inverter bisa menghindari adanya beban yang berlebihan ketika sedang dijalankan
  9. AC inverter memiliki fluktuatif suhu yang hampir tidak pernah terjadi
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Tentunya, setiap Teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu juga pada teknologi yang dimiliki oleh AC inverter. Sejumlah kekurangan yang dimiliki oleh AC inverter adalah sebagai berikut

  1. AC inverter memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan AC non inverter
  2. Biaya perawatan untuk AC inverter cukuplah mahal
  3. Ketika terjadi kerusakan pada bagian kompresor, maka wajib diganti secara keseluruhan
  4. Tidak terdapat proses idle sejenak.artinya adalah compressor akan bekerja secara terus-menerus. Namun, apabila suhu yang diinginkan sudah tercapai, maka kompresor akan bekerja lebih lambat
  5. Harga dari sparepart dan juga freon R410a sangatlah mahal
  6. AC inverter memakai pipa yang jauh lebih tebal

Demikianlah penjabaran singkat tentang sistem kerja AC inverter yang wajib Anda ketahui sebelum anda memutuskan apakah akan membeli AC inverter atau AC non inverter. Setelah anda memahami kekurangan dan kelebihan AC inverter lengkap dengan sistem kerjanya, maka tentunya anda sudah mampu untuk memutuskan jenis AC mana yang hendak digunakan dirumah. Terima kasih dan selamat beraktivitas apa ya Salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *