Home / Otomotif / Mobil / Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian belakang evaporator dan mempunyai fungsi guna meniuPKan angin ke bagian evaporator. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya angin yang ditiupkan oleh bagian blower tersebut nantinya akan melewati bagian sirip sirip evaporator dan akan mengalami penurunan suhu jadi lebih sejuk dikarenakan panas yang ada akan diserap oleh freon ataupun refrigerant.

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas salah satu sistem kerja dari komponen AC di mobil, yaitu sistem kerja blower AC pada mobil. Jika anda tidak mengerti mengenai fungsi dari komponen tersebut maka sangat dianjurkan anda untuk memahami terlebih dahulu fungsi yang dimiliki oleh blower pada AC mobil.

Pada blower di AC mobil juga terdapat komponen tahanan yang berguna melakukan pembatasan terhadap arus listrik yang masuk kedalam motor blower. Tentunya, putaran dari blower akan semakin pelan ketika besarnya hambatan semakin meningkat. Kondisi tersebut juga tentunya berefek kepada besarnya hembusan angin yang keluar dari blower akan semakin pelan pula.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Sistem kerja blower pada AC mobil

1. Kondisi low

Sistem kerja blower pada AC mobil di posisi low atau rendah swit ataupun saklar motor kecepatan blower dipasang ke posisi rendah atau ke arah low, sehingga arus listrik nantinya akan mengalir dari bagian kunci kontak, lalu mengalir ke bagian saklar motor blower evaporator dan pada akhirnya ke bagian motor blower serta massa. Selanjutnya, bagian dari motor blower akan berputar, hal tersebut disebabkan karena arus listrik akan melewati tahanan sebanyak 2 buah dan nantinya arus listrik akan mengalir ke bagian motor blower kecil sehingga putaran motor blower akan pelan.

2. Kondisi medium

Sistem kerja blower pada AC di kondisi medium yaitu pada saat sweet atau saklar motor kecepatan blowernya dipasang di posisi medium, sehingga arus listrik nantinya akan mengalir hanya melewati satu buah tahanan saja. Dengan begitu, maka arus listrik yang mengalir ke bagian motor blower akan semakin besar dan pada akhirnya kecepatan putar dari blower akan semakin tinggi.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

3. Kondisi hight

Sistem kerja blower pada AC di kondisi baik atau paling cepat yakni ketika posisi tinggi atau maksimal arus listrik yang mengalir ke bagian motor blower tidak melewati tahanan, di mana Pada akhirnya arus listrik akan mengalir dengan maksimal pula kebagian motor blower. Dengan demikian, maka blower akan berputar secara maksimal.

Komponen blower tentunya bisa saja mengalami kerusakan, hampir sama dengan sejumlah komponen AC yang lainnya. Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab blower tidak bisa bekerja sesuai dengan tugasnya, misalnya adalah karena motor blower yang rusak, sekring sudah putus, atau terjadi kerusakan pada rangkaian di kedua bagian tersebut. Apabila komponen blower mengalami kerusakan maka tentunya harus segera diperbaiki.

Itulah penjabaran singkat mengenai sistem kerja blower pada AC mobil di mana komponen blower merupakan komponen yang cukup penting dan vital terhadap kinerja dari AC mobil itu sendiri. Apabila kondisi blower dalam keadaan sehat, maka tentunya AC di dalam mobil juga bisa menghembuskan udara yang dingin secara maksimal. Begitu juga sebaliknya, manakala blower pada AC mobil mengalami permasalahan, maka tentunya udara dingin di dalam kabin mobil juga sulit untuk didapat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *