Home / Elektronika / Sistem Kerja GPS Sebenarnya Sederhana

Sistem Kerja GPS Sebenarnya Sederhana

Pembahasan mengenai sistem kerja GPS memang sangatlah mengasikan. Namun, diawal paragraf Mari kita berhasil mengenai pengertian dari GPS. GPS merupakan sebuah sistem Navigasi yang menggunakan satelit Yang mana minimal terdiri dari 31 satelit. GPS mampu bekerja pada semua kondisi cuaca, di mana saja di seluruh dunia, selama 24 jam non stop dalam sehari, tanpa adanya biaya berlangganan maupun biaya pemasangan. Departemen Pertahanan AS yakni USDOD pada awalnya menciptakan sistem GPS untuk pemakaian militer. Akan tetapi, sekarang ini GPS dapat dipakai untuk setiap pengguna umum, dimulai pada tahun 1980 an.

Sistem Kerja GPS Sebenarnya Sederhana

Sistem kerja GPS

Sistem kerja GPS di masa sekarang ini mempunyai satelit aktif sebanyak 31 dan berada di orbit 55 derajat garis khatulistiwa. Satelit satelit tersebut mengorbit kurang lebih sejauh 20.000 km di atas permukaan bumi serta memutari bumi perhari sebanyak 2 kali. Orbit dari satelit tersebut tentunya sudah didesain sehingga ada satelit yang terlihat berjumlah 6.

Masing-masing satelit bertugas untuk mentransmisikan sinyal-sinyal yang cukup unik dan berisi data serta informasi parameter orbital serta juga waktu yang cukup akurat ketika sinyal tersebut dikirim ke bumi. Alat penerima GPS memperoleh sinyal yang berasal dari satelit, lalu akan mengurangi waktu pada saat sinyal tersebut diterima dengan pada saat sinyal tersebut ditransmisikan, sehingga peralatan GPS bisa mengetahui jarak dari satelit tersebut.

Baca Juga:   Cara Kerja AVR Genset Dan Cara Mengatasi Kerusakannya

Berdasarkan dari sinyal yang diterima oleh GPS, peralatan GPS tentunya juga mengetahui secara persis lokasi satelit di angkasa luar pada saat satelit tersebut mengirimkan sinyal. Kesimpulannya adalah dengan mengetahui durasi tempuh dari sinyal GPS yang berasal dari minimal 3 satelit serta lokasi pastinya di luar angkasa, maka penerima GPS dapat mengetahui posisi anda di dalam tiga dimensi, yakni ketinggian, lintang dan bujur.

Apabila penerima GPS hanya dapat memperoleh sinyal yang berasal dari 3 buah satelit, maka tentunya GPS tetap dapat menghitung lokasi 2D anda yakni, garis bujur dan garis lintang. Namun tentunya hasilnya tidak terlalu akurat. Apabila terdapat 3 satelit, maka tentunya penerimaan GPS dapat memperoleh Prakiraan lokasi serta bisa membuat sebuah asumsi bahwa Anda memang berada di permukaan laut secara rata-rata. Apabila Anda memang benar-benar ada di atas permukaan laut, maka lokasi tersebut cukup akurat. Akan tetapi, apabila anda berada di wilayah pegunungan, maka koreksi terhadap posisi 2D dapat mencapai hingga ratusan meter.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

Supaya kita bisa menentukan lokasi 3D, yakni ketinggian, garis bujur dan garis lintang, dan tentunya supaya mendapatkan lokasi yang jauh lebih akurat, maka penerima GPS wajib memperoleh sinyal yang berasal dari minimal 4 satelit, bahkan lebih. Secara umum, penerimaan GPS akan melacak sejumlah 8 ataupun lebih satelit yang sedang aktif. Namun demikian, hal tersebut tentunya sangat bergantung kepada lokasi dan waktu anda pada saat berada di bumi.

Demikianlah penjabaran singkat tentang sistem kerja GPS yang sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dipahami oleh kita semuanya. Intinya, dibutuhkan banyak satelit supaya kemampuan pendeteksian lokasi GPS lebih akurat dan tentunya sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan salam sukses untuk anda sekalian.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *