Home / Elektronika / Sistem Kerja Kipas Angin AC dan Cara Memasangnya

Sistem Kerja Kipas Angin AC dan Cara Memasangnya

Bagaimana kabar pengunjung sekalian? Admin harap selalu dalam kondisi sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini ijinkan admin untuk membahas tentang sistem kerja kipas angin AC serta bagaimana cara memasangnya supaya anda yang sekarang ini sedang memiliki rencana untuk membeli kipas angin AC maka tentunya anda bisa memperoleh informasi yang lebih banyak serta nantinya bisa menentukan kipas angin AC yang cocok dan terbaik untuk anda.

Sistem Kerja Kipas Angin AC dan Cara Memasangnya

Cara Memasang Kipas Angin AC

Sebelum kita membahas mengenai sistem kerja kipas angin AC, mari kita bahas bersama-sama terlebih dahulu bagaimana cara memasang kipas angin AC di tembok. Berikut ini adalah urutannya.

  1. Langkah pertama, silahkan anda tempel atau pasang bracket dimana sudah diikutsertakan pada saat anda membeli kipas angin AC. Pasangkan bracket tersebut di dinding yang cukup keras dan memiliki kualitas yang baik sehingga benar-benar mampu untuk menyangga beban yang berat. Berikan tanda pada sejumlah bagian dinding yang hendak dipasang paku.
  2. Supaya pemasangan breket tidak miring serta seimbang, maka anda bisa memakai alat ukur.
  3. Silahkan anda pasang paku di dinding yang sebelumnya sudah ditandai guna mengunci bracket tersebut. Anda harus memastikan bahwa paku tersebut terpasang dengan kuat yang nantinya berguna untuk menahan beban kipas angin pada ac tersebut.
  4. Pada tahap berikutnya, setelah bracket terpasang dengan buat, maka silahkan anda lakukan setting pada kipas angin AC di bagian belakang bracket.
  5. Atur pula kipas angin AC tersebut ke jaringan listrik dirumah anda.
Baca Juga:   Cara Menyolder Yang Baik

Sistem Kerja Kipas Angin AC

Sistem kerja dari kipas angin ac memakai prinsip kerja blower AC split yang mana akan membuat hembusan angin menjadi cukup merata dan tentunya menjadikan kondisi ruangan lebih bersih dan lebih sejuk serta dingin. Hembusan angin yang sejuk dan bersih tersebut disebabkan karena prinsip kerja dari blower yang sudah dipadukan dengan sistem kerja exhaust fan yang mana akan berfungsi untuk menyedot debu atau kotoran serta sekaligus akan melakukan proses pembersihan udara yang ada pada ruangan tersebut.

Sistem kerja kipas angin AC yakni memanfaatkan filter bio udara, yaitu sistem dimana akan menjadikan hembusan angin yang keluar sudah melewati proses penyaringan atau filter. Efeknya adalah hembusan angin yang dikeluarkan akan akan lebih bersih dan lebih sejuk apabila dibandingkan dengan kipas angin standar atau kipas angin biasa.

Sistem kerja kipas angin AC sebenarnya mirip dengan sistem kerja dari AC standar pada umumnya. Peralatan tersebut tentunya mempunyai swing yang dapat diatur penggunaannya memakai remote control. Apabila kita mau mengatur posisi swing untuk bergerak naik turun, maka kita juga bisa memilih mode auto swing yang sudah disediakan tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Secara umum, kipas angin AC merupakan sebuah peralatan hasil dari modifikasi atau rekondisi dari AC bekas yang mana sistem kerja dari kipas angin AC serta proses pengoperasiannya sangat mirip dengan AC standar. Anda tentunya dapat mengoperasikan kipas angin AC tersebut menggunakan remote control dari jarak jauh sehingga lebih mudah dan lebih praktis.

Apabila AC di rumah anda mengalami kerusakan, maka alangkah baiknya untuk tidak membuang terlebih dahulu karena nantinya bisa dilakukan modifikasi menjadi kipas angin AC. Apabila kita tengok, setiap ac memiliki ukuran dalam satuan PK, misalnya adalah 1/2 PK, 1 PK, 1.5 PK, 2 PK dan ukuran yang lainnya.angka-angka tersebut tentunya menunjukkan ukuran dari kapasitas AC. AC mempunyai pilihan-pilihan ukuran PK yang mana ukuran tersebut sudah dibuat oleh pabriknya.

Semakin kecil angka PK, maka akan semakin kecil juga ukuran fisik dari AC tersebut. Semakin besar angka PK, maka secara otomatis ukuran fisik dari AC tersebut juga akan semakin besar. Kipas angin AC dapat disebut pula sebagai kipas angin yang memiliki kemampuan di dalam memberikan udara yang segar dimana tidak kalah dengan AC standar.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Demikianlah penjabaran singkat tentang sistem kerja kipas angin AC serta beberapa langkah di dalam memasang kipas angin tersebut. Mudah-mudahan, bagi anda yang memiliki kipas angin standar dan sudah mengalami kerusakan, maka anda bisa memanfaatkan kembali untuk dijadikan kipas angin AC karena memiliki fungsi yang cukup mirip dengan AC biasa. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara menyambung kabel antena sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Hanya saja, apabila cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *