Home / Umum / Kesehatan / Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Sistem kerja saraf pada manusia yang cukup berbeda dengan makhluk hidup yang lainnya. Di dalam ilmu Biologi bahwa pada badan sel terkandung inti sel. Adanya rangsangan akan dibawa ke dalam badan sel oleh dendrit. Dendrit adalah bagian yang berbentuk serabut sitoplasma. Kegunaan dari dendrit yaitu untuk membawa adanya rangsangan ke bagian badan sel.

Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Sementara itu, Akson adalah bagian berbentuk serabut sitoplasma tunggal. Adapun kegunaan dari Akson adalah untuk membawa sejumlah rangsangan guna meninggalkan badan sel. Bagian akson juga bisa bercabang pada sejumlah ujungnya yang disebut dengan Terminal akson. Adapun titik temu di antara Terminal akson neuron yang satu dan neuron yang lainnya dikenal dengan sebutan sinapsis. Bagian dari sinapsis itu sendiri memiliki kegunaan untuk meneruskan rangsangan ke sel-sel saraf yang lainnya.

Sistem kerja saraf pada manusia

Apabila kita lihat sistem kerja saraf pada manusia, maka dikenal sejumlah pembagian kerja dari sistem saraf yakni:

  1. Bagian sel reseptor berfungsi sebagai saraf yang akan menerima sejumlah rangsangan dimana rata-rata berupa alat indra
  2. Bagian sel efektor yaitu sel saraf yang berfungsi untuk menanggapi adanya rangsangan berupa kelenjar dan otot
  3. Bagian sel saraf sensoris adalah bagian Serabut saraf yang berfungsi untuk membawa rangsangan ke bagian otak
  4. Bagian sel saraf motorik yaitu bagian Serabut saraf yang berfungsi untuk membawa rangsangan yang berasal dari otak
  5. Bagian sel saraf konektor yaitu bagian sel saraf motorik maupun sel saraf satu dengan sel saraf yang lainnya
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Sistem kerja sel saraf

Rangsangan atau stimulus diterima oleh bagian sel saraf reseptor, lalu data dan informasi yang diterima oleh bagian sel saraf sensoris tersebut diteruskan ke bagian otak yang mana pada perjalanannya lewat sel saraf konektor. Setelah itu, informasi yang masuk ke dalam otak akan diolah Dan diinterpretasi yang selanjutnya akan memberikan jawaban akan informasi yang diterimanya tersebut. Pada proses pemberian informasi yang diterima, aliran informasi tersebut akan dibawa dari otak menuju ke sel saraf motorik yang selanjutnya akan terjadi respon yang berupa gerakan.

Kamu tentunya respon gerakan tersebut akan berbeda dengan gerak reflek. Di gerak refleks, impuls melewati jalan pintas atau Jalan pendek, yakni diawali dari bagian reseptor menerima adanya stimulus atau rangsangan, lalu akan dilanjutkan pada bagian saraf sensori ke pusat saraf yang mana akan diterima oleh sel saraf asosiasi atau sel saraf penghubung tanpa adanya pengolahan pada otak dan akan langsung dilakukan pengiriman tanggapan ke bagian saraf motor guna disampaikan ke saraf efektor, yakni kelenjar dan otot.

Jalan pendek atau jalan pintas disebut dengan lengkung refleks. Gerak reflek tersebut bisa dibedakan yakni asosiasi atau penghubung berada pada otak. Contohnya adalah Gerak mempersempit pupil ataumengedip pada saat ada cahaya dan gerakan refleks sumsum tulang belakang jika sel saraf penghubung ada pada sumsum tulang belakang. Contohnya adalah reflek pada bagian lutut.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dengan Kencur

Demikianlah ulasan singkat tentang sistem kerja saraf pada manusia yang bisa saya jabarkan pada posting kali ini. Dengan memahami sistem kerja dari saraf mata Anda akan memahami sedikit sistem kerja sejumlah organ tubuh manusia. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hipertensi Inilah Penjelasan Lengkapnya

Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apakah anda memahami apadari hipertensi? Istilah hipertensi merupakan istilah lain dari darah tinggi. Hipertensi ataupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *