Home / Elektronika / Skema Rangkaian Amplifier Mini Berkualitas

Skema Rangkaian Amplifier Mini Berkualitas

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang skema rangkaian amplifier.Tentunya, skema rangkaian amplifier yang akan saya bahas bukanlah amplifier yang memiliki power besar, namun masih memiliki power Mini, namun tentunya berkualitas. Rata-rata, amplifier Mini menggunakan tegangan input sebesar 12 Volt DC dan secara umum kekuatannya tidaklah besar dan kadang pula tidak mendukung teknologi Hi-Fi.

Skema Rangkaian Amplifier

Skema rangkaian amplifier yang akan saya bahas merupakan rangkaian amplifier stereo dengan kekuatan 20 Watt dan menggunakan tegangan 12 Volt. Distorsi yang ditimbulkan pada rangkaian amplifier Mini ini juga tergolong rendah. Selanjutnya, apabila tegangan masukan diperbesar sampai dengan 14,40, maka amplifier tersebut akan mampu menghasilkan daya 20 Watt masing-masing channel di loud speaker dengan impedansi 4 Ohm. Sementara itu, distorsi harmonik yang berada pada tingkat daya rendah rata-rata kurang dari angka 0,03%.

Skema rangkaian amplifier yang akan saya bahas merupakan salah satu proyek yang cukup ideal, termasuk bagi Anda yang sedang menginginkan amplifier stereo yang cukup kompak dan bisa dijalankan dengan menggunakan baterai tegangan 12 Volt. Mungkin, cukup banyak pengamen pula yang menginginkan untuk bisa menggunakan amplifier stereo jenis ini, karena dapat dioperasikan dengan menggunakan baterai jenis SLA atau dapat dipakai di mana saja asalkan tersedia sumber daya dengan tegangan 12 Volt DC, contohnya adalah pada kendaraan rekreasi, pada mobil dan juga pada sejumlah rumah terpencil.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Skema rangkaian amplifier mini berkualitas

Di bawah ini akan saya coba tampilkan gambar dari skema rangkaian amplifier Mini berkualitas dengan tegangan 12 Volt berkekuatan 20 Watt. Silakan disimak.

Skema Rangkaian Amplifier Mini Berkualitas

Sumber kekuatan dari amplifier di atas terletak pada IC power amplifier seri TDA7377. Adapun distorsi harmonik keseluruhan pada rangkaian amplifier stereo 12 Volt berdaya 20 Watt tersebut adalah 50 kali lebih baik dibandingkan dengan unit yang lama. Pada intinya yaitu kekuatan distorsi harmonik secara total dalam kondisi khas yaitu berkisar hanya di angka 0,03%, atau bahkan kurang dari itu.

Dengan kondisi seperti itu, tentunya bisa memberikan output dengan daya yang lebih banyak. Di samping itu, kebutuhan daya pada saat idle juga cukuplah kecil, tidak sampai pada angka 1 Watt. Dengan demikian, apabila anda tidak memaksa amplifier untuk bekerja terlalu keras, maka tentunya peralatan tersebut dapat berjalan dengan cukup dingin dan tentunya tidak akan cepat menguras daya baterai.

Selain itu, disebabkan karena air yang dipakai mempunyai sirkuit pelindung diri, maka kondisi tersebut akan berfungsi untuk membatasi diri maupun untuk menutup apabila suhu terlalu panas serta output akan dimatikan Apabila terjadi konsleting.

Baca Juga:   Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Demikianlah penjabaran singkat tentang skema rangkaian amplifier Mini berkualitas yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Harapan saya, Bagi anda yang sekarang ini sedang membutuhkan amplifier berdaya kecil namun hemat energi, maka rangkaian diatas layak untuk Anda coba rakyat. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Apakah anda belum memahami cara mengetahui tegangan suatu baterai? Pada kesempatan yang baik ini, saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *