Home / Elektronika / Skema Rangkaian Charger HP Otomatis Sederhana Berkualitas

Skema Rangkaian Charger HP Otomatis Sederhana Berkualitas

Sebelum kita membahas mengenai skema rangkaian charger HP otomatis, alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu bahwa Charger adalah salah satu jenis alat yang memiliki peranan sangat penting untuk pemakai smartphone maupun ponsel. Charger dimanfaatkan guna mengisi ulang daya baterai Smartphone ataupun ponsel. Tanpa adanya charger, maka tentunya pemakai ponsel atau smartphone akan sangat kebingungan disebabkan perangkat yang mereka pakai pastilah mati.

Skema Rangkaian Charger HP Otomatis

Membicarakan tentang charger, di saat sekarang ini cukup banyak pilihan di pasaran. Pilihan tersebut di mulai dari charger yang biasa saja sampai dengan charger yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengisian baterai dengan kecepatan tinggi. Rata-rata, charger yang bisa mengisi ulang daya baterai smartphone atau ponsel dengan kecepatan tinggi yaitu charger yang memiliki output Arus sebesar 2 ampere atau lebih berhenti akan tetapi, tidak semua smartphone memiliki kecocokan dengan jenis charger tersebut berhenti

Perlu Anda ketahui bahwasannya charger yang memiliki output arus pengisian tinggi bisa membuat kerusakan pada baterai Smartphone apabila batas maksimal dari input daya baterai terlewati. Akan tetapi, rata-rata smartphone atau ponsel di saat ini telah dilengkapi dengan adanya fitur quick charging yang memberikan fasilitas pada baterai Smartphone untuk bisa diisi diet dengan super cepat.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Skema Rangkaian Charger HP Otomatis

Meskipun sekarang ini harga dari charger Smartphone tidak terlalu mahal, Akan tetapi anda bisa bereksperimen untuk membuatnya sendiri. Di samping harganya yang nantinya akan jauh lebih murah, membuat charger smartphone sendiri tentunya dapat menjadikan kita jauh lebih kreatif, terutama bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bekerja menjadi seorang teknisi elektronika yang cukup handal.

Secara umum, skema rangkaian charger HP otomatis memakai sejumlah komponen yang masuk ke dalam kategori sederhana. Salah satu contoh dari komponen sederhana yaitu dioda bridge. Supaya lebih jelas, Silakan anda Simak dan Anda pahami baik-baik gambar skema rangkaian charger Smartphone otomatis yang memiliki arus keluaran 2 ampere Sehingga anda lebih mudah untuk membuatnya.

Skema Rangkaian Charger HP Otomatis

Skema rangkaian charger HP otomatis Di atas di samping memakai dioda bridge juga memakai satu buah AC seri LM7806 di mana anda Dapat dengan mudah memperoleh komponen tersebut di toko elektronik yang ada di kota anda. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah sejumlah komponen yang dibutuhkan untuk merakit skema rangkaian charger HP otomatis sesuai dengan skema di atas.

  • R1 adalah resistor dengan nilai 1 kilo Ohm
  • R2 adalah resistor dengan nilai 47 Ohm
  • R3 adalah resistor dengan nilai 10 Ohm
  • R4 adalah resistor dengan nilai 47 Ohm
  • C1 adalah kapasitor dengan nilai 1000 mikro farad 25 volt
  • D1 adalah LED dengan warna bebas
  • D2 adalah LED dengan warna bebas
  • D3 adalah LED dengan warna bebas
  • D4 adalah dioda type IN4007
  • D5 adalah dioda type IN4007
  • T1 adalah transformator dengan ukuran 9 VAC berdaya 250 mili ampere
  • BR 1 adalah dioda bridge dengan arus 1 ampere
Baca Juga:   Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Apabila anda merasa tidak puas dengan skema rangkaian charger HP otomatis di atas, maka anda dapat mencoba untuk merakit skema rangkaian charger HP otomatis dengan kapasitas 2 ampere jenis yang lainnya. Gambar rangkaian berikut ini memakai sejumlah IC jenis TL431C dan transistor. Untuk lengkapnya, Silakan anda Simak gambar di bawah ini.

Skema Rangkaian Charger HP Otomatis 2 ampere

Demikianlah ulasan singkat tentang skema rangkaian charger HP otomatis yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda mempelajari kedua rangkaian charger smartphone di atas, anda akan semakin Mampu untuk berkreasi di dalam mengembangkan skema rangkaian elektronika yang lainnya yang tentunya bisa bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Terima kasih dan selamat berkreasi, Semoga berhasil berhenti

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

IC adalah salah satu komponen elektronika yang dibuat dengan cukup kompleks dan memiliki fungsi cukup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *