Home / Elektronika / Skema Rangkaian Power Supply Sederhana Berkualitas

Skema Rangkaian Power Supply Sederhana Berkualitas

Skema rangkaian power supply sederhana adalah salah satu bentuk rangkaian yang harus dimiliki pada peralatan elektronika. Rangkaian power supply tentunya mempunyai fungsi utama guna memberikan tegangan pada rangkaian yang lainnya. Pada sejumlah peralatan elektronika, misalnya adalah DVD player, komputer, televisi dan peralatan yang lainnya bisa dipastikan memerlukan power supply.

Power supply juga tentunya amat diperlukan untuk Anda yang cukup menyukai bidang elektronika. Pada saat Anda hendak mengerjakan sebuah eksperimen di dalam membuat peralatan atau rangkaian elektronika, maka bisa dipastikan Anda memerlukan power supply sebagai sumber tegangannya.

Secara umum, power supply yang memang banyak dijual di pasaran dalam bentuk yang siap pakai dan sudah jadi. Akan tetapi, ada kemungkinan harganya cukup mahal. Oleh sebab itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas tentang skema rangkaian power supply yang cukup sederhana dan bisa Anda coba rakit sendiri. Sebagai dasar, Anda harus memiliki basic mengenai elektronika apabila anda hendak merakit rangkaian power supply sendiri.

contoh power supply

Bagian-bagian pada power supply

Secara umum, rangkaian power supply terdiri atas beberapa bagian, diantaranya yaitu:

  1. Bagian step down atau penurun tegangan
  2. Bagian rectifier atau rangkaian penyearah
  3. Bagian rangkaian filter
  4. Bagian rangkaian regulator atau rangkaian untuk menstabilkan tegangan

Fungsi dari bagian-bagian power supply

Marilah kita bahas satu demi satu fungsi dari bagian-bagian pada power supply yang sudah disebutkan di atas

Baca Juga:   Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

1. Bagian step down atau penurun tegangan

Adapun fungsi dari bagian step down atau rangkaian penurun tegangan yakni untuk menurunkan besarnya tegangan AC dari angka 220 volt menjadi tegangan yang lebih rendah sesuai dengan keinginan. Tentunya, anda sudah memahami bahwasanya besaran tegangan listrik yang ada di rumah kita yakni 220 Volt AC. Untuk bisa merakit rangkaian power supply, Tegangan setinggi 220 Volt AC tersebut wajib untuk diturunkan lebih dahulu agar tegangan menjadi lebih rendah. Bagian yang berfungsi untuk menurunkan tegangan dapat memakai trafo step down. Gambar dari trafo step down bisa anda lihat pada bagian di bawah ini.

Trafo jenis step down

Pada umumnya, tegangan listrik PLN 220 Volt AC akan diturunkan menjadi 9 volt AC sampai dengan 15 volt AC. Semuanya tergantung dari kebutuhan tegangan keluaran pada rangkaian power supply yang akan dirakit. Terdapat dua macam trafo step down yang bisa anda pakai untuk dirakit sebagai power supply, yaitu:

  • Trafo center tap atau CT
  • Trafo nol atau trafo biasa

Tentunya, jenis trafo tersebut bisa anda peroleh dengan cukup mudah di toko komponen elektronika di daerah anda.

2. Bagian rectifier atau rangkaian penyearah

Bagian penyearah sering kali dikenal dengan istilah bagian receiver, yakni sebuah rangkaian yang memiliki fungsi untuk menjadikan tegangan AC atau tegangan bolak-balik menjadi tegangan DC atau tegangan searah. Rangkaian tersebut memakai kombinasi dari sejumlah dioda. Terdapat 2 jenis rangkaian receiver yang bisa dipakai pada pembuatan power supply. 2 jenis rangkaian rectifier tersebut yaitu:

Baca Juga:   Cara Menampilkan Subtitle Di TV
  • Rangkaian penyearah setengah gelombang
  • Rangkaian penyearah fullwave atau gelombang penuh dengan menggunakan 2 dioda
  • Rangkaian penyearah full wave atau gelombang penuh dengan menggunakan dioda bridge

3. Bagian rangkaian filter

Rangkaian filter adalah blok terakhir pada rangkaian power supply. Adapun fungsi Dari rangkaian filter yaitu untuk mereduksi ripple tegangan yang diakibatkan oleh penyearah dioda. Rangkaian filter tersebut terdiri atas sejumlah kapasitor yang disusun secara paralel dengan rangkaian penyearah.

4. Bagian rangkaian regulator atau rangkaian untuk menstabilkan tegangan

Rangkaian penstabil tegangan atau kerap disebut dengan istilah rangkaian regulator adalah rangkaian yang memiliki kegunaan untuk menstabilkan tegangan listrik pada nilai tertentu. Rangkaian regulator tersebut rata-rata memakai komponen IC khusus untuk regulator. Terdapat dua macam IC regulator yang sering dijual di toko elektronik, yakni:

  • Regulator switching
  • Regulator linier

Regulator linear sering dipakai pada pembuatan rangkaian power supply sederhana. Sebab, regulator jenis tersebut cukup banyak ditemukan di pasaran. Komponen IC regulator linier rata-rata memiliki seri 79xx dan 78xx, yang mana nilai dari xx adalah output tegangan regulator. Contohnya, apabila diinginkan power supply dengan output tegangan sebesar 5 volt, maka IC regulator yang dipakai adalah 7805. Apabila power supply yang dibuat hendak mensuplai peralatan dengan tegangan kerja 12 volt, maka isi regulator yang digunakan adalah seri 7812.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Contoh regulator 7805 bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

IC Reguator 7805

Skema rangkaian power supply

Di bawah ini adalah gambar dari skema rangkaian power supply yang cukup sederhana dan bisa Anda coba rakit sendiri dirumah. Pada rangkaian tersebut sudah ada beberapa bagian yang telah disampaikan pada bagian di atas, yakni pada bagian penurun tegangan, bagian penyearah, bagian filter dan juga bagian regulator. Tentunya, untuk penggunaan Aisi regulator bisa anda sesuaikan dengan keperluan tegangan keluaran dari power supply yang dibuat.

Skema Rangkaian Power Supply Sederhana Berkualitas

Pada skema rangkaian power supply diatas memakai trafo penurun tegangan jenis trafo 0. Sementara itu bagian rectifier nya memakai jenis banyak gelombang penuh dengan model H Bridge. Selanjutnya, pada bagian filter dipakai kapasitor elektrolit dengan kapasitas 1000 mikrofarad dan 1 mikro farad. Pada bagian regulatornya menggunakan IC regulator seri 7812, sehingga keluaran tegangan dari rangkaian power supply tersebut yaitu 12 volt dengan keluaran arus listrik maksimal adalah 1 ampere. Tentunya, skema rangkaian power supply diatas bisa anda rakit di rumah dengan menggunakan PCB bolong maupun PCB polos.

Demikianlah pembahasan singkat tentang skema rangkaian power supply sederhana yang bisa Anda coba rakit sendiri di rumah untuk keperluan eksperimen Anda menghidupkan sejumlah peralatan listrik yang membutuhkan tegangan listrik berukuran kecil dengan jenis Direct current atau DC. Mudah-mudahan, posting kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *