Home / Elektronika / Skema Rangkaian Running LED Interaktif Sederhana

Skema Rangkaian Running LED Interaktif Sederhana

Sekarang ini memang sangat terkenal peralatan running text. Namun tentunya dengan mempelajari skema rangkaian running LED, maka setidaknya kita akan memiliki gambaran Bagaimana cara membuat running text. Skema rangkaian running LED merupakan sebuah rangkaian di mana nantinya lampu LED akan menyala secara bergantian. Skema rangkaian running LED tersebut akan menggunakan dua buah integrated circuit atau IC yang memiliki harga relatif murah.

Skema Rangkaian Running LED

Skema rangkaian running LED

Baiklah, langsung saja di bawah ini adalah contoh dari skema rangkaian running LED yang bisa Anda coba buat sendiri dirumah.

Skema Rangkaian Running LED Interaktif Sederhana

Fungsi dari masing-masing komponen pada rangkaian running LED di atas

Secara umum, komponen IC 4017 bisa bekerja dengan adanya komponen pendamping. Rangkaian diatas merupakan sebuah rangkaian clock yang dapat kita peroleh dari komponen IC NE 555. Sebagai bagian dari tegangan positif, pada IC 4017 tersebut, akan bekerja jika kaki no 16 di input tegangan di antara 3 volt DC sampai dengan 15 volt DC.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel LAN Dengan USB

Guna melakukan setting pada kecepatan putaran lampu LED yang sedang menyala, kita cukup menggunakan variable resistor atau VR guna mengaturnya. Komponen dari VR tersebut memiliki sifat sebagai hambatan yang bisa diubah nilainya sesuai dengan putaran.

Baiklah, Mari kita lanjutkan dengan Pembahasan tentang komponen dan nilai yang diperlukan di dalam merakit skema rangkaian running LED di atas.

  • R1 dengan nilai 180 Ohm
  • VR dengan nilai 20 kilo Ohm
  • C1 dengan nilai 47 mikro farad 16 volt
  • C2 dengan nilai 22 mikro farad 16 volt
  • IC 1 dengan seri NE 555
  • IC 2 dengan seri 4017
  • D1 sampai D20 adalah lampu LED
  • D21 adalah dioda seri IN 4001

Setelah anda memahami masing-masing komponen yang dibutuhkan untuk membuat running LED di atas, maka anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu semuanya, baru memulai untuk merakitnya. Pada dasarnya, rangkaian running LED yang sudah dibahas di bagian atas sudah cukup banyak yang menjualnya dan tentunya Kita juga bisa memperoleh dalam bentuk yang sudah jadi.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Namun, apabila anda mencoba untuk merakit sendiri skema rangkaian running LED di atas, maka kemampuan ada di bidang elektronika akan semakin baik dan pada akhirnya anda akan semakin kreatif di dalam menciptakan berbagai macam skema rangkaian baru yang bisa berguna untuk membantu pekerjaan di kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Di kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas tentang penyebab dan cara memperbaiki lampu emergency …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *