Home / Elektronika / Skema Rangkaian Subwoofer Sederhana Dan Mini Namun Mantap

Skema Rangkaian Subwoofer Sederhana Dan Mini Namun Mantap

Pada posting kali ini penulis akan mencoba berbagi sedikit pengetahuan tentang skema rangkaian subwoofer aktif namun masih dalam skala yang kecil, mini dan sederhana. Tentu, anda sudah cukup memahami bahwa terdapat banyak merk dari subwoofer aktif, misalnya adalah Simbadda, Advan ke, Polytron dan lain sebagainya. Masing-masing dari merk subwoofer aktif tersebut tentu memiliki kelebihan.

Subwoofer Sedernaha Dan Mini Namun Mantap

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang skema rangkaian subwoofer, Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai subwoofer. Subwoofer merupakan salah satu jenis alat yang dipakai guna menguatkan nada rendah atau nada bass. Pada jenis speaker aktif, rata-rata kita akan menemukan sebuah benda berbentuk kotak yang berguna untuk mengeluarkan nada bass menggelegar. Bagian itulah yang disebut dengan istilah subwoofer.

Walaupun di sejumlah toko elektronika kita tentunya dapat langsung membeli subwoofer yang sudah jadi dan siap untuk dipakai, Alangkah baiknya apabila kita mencoba untuk merakit nya sendiri. Disamping bisa menambah pengetahuan dan keterampilan di bidang elektronika, merakit subwoofer sendiri tentunya bisa jauh lebih hemat biaya Apabila dibandingkan ketika kita membeli subwoofer yang sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bass Dengan Memodifikasi Amplifier

Skema rangkaian subwoofer

Pada dasarnya, merakit satu buah subwoofer sendiri bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Seluruh komponen elektronika yang berperan untuk menyusun subwoofer tentunya dapat diperoleh dengan mudah di sejumlah toko Elektronika yang ada di dekat rumah anda. Di bawah ini merupakan salah satu contoh dari skema rangkaian subwoofer aktif Mini yang sering digunakan pada subwoofer merk Polytron.

Skema Rangkaian Subwoofer

Seluruh bahan maupun alat yang dibutuhkan pada saat membuat rangkaian subwoofer Mini dapat anda Simak pada gambar skema rangkaian di atas. Bagian yang perlu dipahami bahwasanya skema rangkaian diatas memakai IC seri LM3886 yang mempunyai daya keluaran 68 watt RMS jika diumpankan pada beban dengan impedansi 8 Ohm. Hal tersebut berarti subwoofer tersebut masuk ke dalam kategori kelas menengah dan tentunya cukup cocok dipakai pada ruangan sebagai Bagian dari home theater anda.

Skema rangkaian subwoofer Polytron seperti yang ada pada gambar diatas dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian filter yang mempunyai kegunaan sebagai bagian penyaring nada rendah atau nada bass serta meredam nada berfrekuensi tinggi. Sementara itu, pada bagian yang kedua yaitu amplifier yang memiliki kegunaan untuk menguatkan sinyal dari hasil filterisasi. Disamping itu, pada rangkaian diatas juga dipakai IC seri NE5532 Yang telah mempunyai dua op amp yang dapat bekerja secara independen.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Earphone

Adapun sistem kerja dari pada rangkaian subwoofer di atas sangatlah sederhana. Pada awalnya, sinyal yang masuk serta diolah oleh bagian rangkaian LPF atau low pass filter. Bagian dari rangkaian tersebut memiliki kegunaan untuk menyaring nada yang berfrekuensi tinggi serta meloloskan nada berfrekuensi rendah atau nada bass. Tahap berikutnya, nada bass akan dikuatkan kembali oleh rangkaian amplifier, sehingga akan terdengar dentuman bass yang sangat mantap ketika dipakai di dalam sebuah ruangan.

Sekian penjabaran singkat tentang skema rangkaian subwoofer Mini sederhana namun kompak dan mantap guna menguatkan sinyal nada rendah. Harapan kami, rangkaian subwoofer aktif tersebut bisa anda manfaatkan sebagai media pembelajaran sekaligus media praktek sebagai bahan eksperimen di dalam perakitan subwoofer aktif. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Di kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas tentang penyebab dan cara memperbaiki lampu emergency …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *