Home / Hardware / Struktur Dan Fungsi Utama Komputer Secara Umum

Struktur Dan Fungsi Utama Komputer Secara Umum

Pada hakekatnya, sekarang ini komputer bukanlah barang yang baru atau mewah di masyarakat Indonesia. Hanya saja, secara struktur dan fungsi utama komputer, masyarakat Indonesia belum memahami sepenuhnya. Dalam kondisi seperti itu, maka banyak pengguna komputer yang belum bisa memaksimalkan penggunaaan komputer itu sendiri.

Struktur Dan Fungsi Utama Komputer

Masih banyak diantara mereka menggunakan komputer untuk bekerja, namun belum memahami struktur serta fungsi utama pada sebuah komputer. Oleh sebab itulah Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas lebih dalam tentang struktur dan juga fungsi utama pada sebuah komputer. Silakan ikuti terus pembahasan berikut ini.

Fungsi Utama Komputer

Secara umum, fungsi utama komputer yakni untuk menerima, menyimpan data, menampilkan, serta memanipulasi berbagai macam data yang ada di dalam komputer. Berbagai macam fungsi dasar yang dikerjakan oleh berbagai macam perintah yang diterima oleh komputer baik itu oleh pengguna manusia maupun oleh program komputer.

Adapun perintah yang diterima komputer sering disebut dengan istilah data mentah. Selanjutnya, setelah data mentah yang masuk ke dalam komputer diolah oleh komputer itu sendiri, maka data akan ditampilkan oleh komputer yang dikenal dengan nama data pengolahan atau informasi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer LaserJet

Dengan menerapkan 4 fungsi dasar tersebutlah, maka aplikasi komputer hampir pasti tidak akan pernah ada habisnya. Memakai kode dengan komputer yang sudah diprogram, maka dia memiliki kemampuan yang baik serta menghasilkan berbagai macam informasi dan sekaligus akan menyimpannya guna bisa dipakai nantinya. Masing-masing fungsi yang dituntut pada suatu komputer sudah diproses serta dimanipulasi dengan berbagai macam cara yang bisa secara mudah dipahami serta dicerna oleh setiap penggunanya.

Adapun contoh dalam kasus ini yaitu tentang permainan komputer. Walaupun pemakai komputer menerima data dan informasi di dalam format permainan, sebuah komputer masih melakukan pemrosesan informasi dengan teknik yang sama pada proses perintah lain yang diterimanya.

Sementara itu, informasi yang berupa keluaran atau output dari komputer tidak mesti harus berupa gambar yang nantinya ditampilkan pada monitor. Sebuah komputer juga harus mempunyai kemampuan untuk mengelola data mentah serta keluaran informasi dalam bentuk suara lewat Loud speaker. Komputer tentunya akan sering memerlukan bantuan mesin yang lainnya guna membantu untuk menghasilkan keluaran informasi. Hal ini termasuk di dalamnya adalah memakai printer guna membuat salinan secara fisik informasi yang sudah ditampilkan pada layar monitor komputer.

Baca Juga:   Fungsi Utama CPU Pada Komputer

Demikianlah penjabaran singkat mengenai struktur dan fungsi utama komputer yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, walaupun penjelasan mengenai fungsi utama komputer cukup singkat, namun mudah-mudahan Bisa Anda pahami dengan baik dan pada akhirnya anda memahami secara sempurna tentang fungsi utama pada sebuah komputer. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses untuk anda sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Memori Utama Pada Komputer

Fungsi Memori Utama Pada Komputer Yang Wajib Anda Pahami

Sebelum kita membahas mengenai fungsi memori utama pada komputer, Alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *