Home / Pendidikan / Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

Apakah anda hendak mendapatkan tugas menjadi moderator? Apakah anda ingin menjadi moderator yang bisa tampil terbaik di depan peserta diskusi? Apabila iya, maka silakan Anda baca tata cara menjadi moderator diskusi yang baik dimana Pada kesempatan kali ini akan saya bahas untuk anda. Menjadi moderator yang baik tentunya dibutuhkan tata cara khusus yang akan mengatur seorang moderator di dalam mengatur jalannya sebuah diskusi. Oleh sebab itulah dengan mengikuti tata cara menjadi moderator diskusi yang baik, proses diskusi juga akan bisa berlangsung dengan baik pula.

Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

Ada beberapa urutan yang harus dilalui dan dijalankan oleh seorang moderator sehingga diskusi bisa berjalan dengan lancar. Aturan-aturan ini merupakan aturan baku yang sudah banyak sekali diterapkan pada berbagai macam kegiatan, mulai dari diskusi di sekolah, forum, seminar dan berbagai macam acara lainnya.

Bagi seseorang yang sering bertugas menjadi seorang moderator tentunya sudah hafal urutan-urutan di dalam memimpin sebuah diskusi. Namun, apa jadinya jika kita baru pertama kali memimpin sebuah diskusi? Hal tersebut tentunya membuat kita cukup deg-degan karena bisa saja diskusi yang kita Pimpin tidak berjalan dengan lancar. Dengan belajar Bagaimana tata cara menjadi moderator diskusi yang baik, Minimal kita sudah punya bayangan serta urutan-urutan apa saja yang harus kita lalui sehingga kegiatan diskusi bisa berjalan sesuai dengan alurnya.

Tata cara menjadi moderator diskusi

Untuk membantu anda dalam memahami urutan demi urutan yang harus dilakukan oleh seorang moderator, maka dibawah ini akan saya berikan ringkasan apa saja yang harus dilakukan oleh moderator pada saat memimpin proses diskusi. Silahkan disimak.

Baca Juga:   Cara Masuk Sekolah Penerbangan

1. Proses pembukaan

Proses pembukaan Surapati dilaksanakan bukan hanya pada diskusi saja namun juga pada seminar, presentasi, forum dan berbagai macam kegiatan lainnya. Proses diskusi ini bisa dilakukan dengan mengucapkan kalimat “Selamat pagi” ataupun “assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh” atau bahkan dua-duanya.

2. Ucapan selamat datang terhadap peserta

Selanjutnya, ucapkan datang bagi seluruh peserta yang sudah hadir di tempat. Dengan mengucapkan kalimat Selamat datang untuk peserta yang sudah hadir, maka tentunya Kesan menyenangkan untuk seorang moderator akan muncul dari setiap peserta. Hal ini juga akan mengindikasikan bahwa anda merupakan seorang moderator yang baik karena sudah memperhatikan keberadaan dari peserta diskusi. Secara umum, kalimat yang bisa diucapkan kurang lebihnya adalah ” selamat datang kami sampaikan kepada seluruh peserta diskusi yang sudah berkenan hadir dalam acara diskusi ini”

3. Menyampaikan tujuan presentasi dan latar belakang secara singkat

Pada saat kita menyampaikan tujuan presentasi serta latar belakang diskusi yang hendak dilaksanakan, usahakan supaya setiap peserta merasa tertarik dengan materi diskusi yang hendak diangkat oleh pembicara. Moderator harus berusaha supaya materi yang akan disajikan oleh pembicara benar-benar merupakan materi yang penting serta up to date dan dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap peserta diskusi. Contoh kalimatnya bisa berupa ” diskusi Pada kesempatan kali ini diangkat dan dilatarbelakangi oleh…………yang mana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh kita semua”.

4. Memperkenalkan pembicara atau presenter sekaligus tema dari presentasi

Tahap berikutnya, silahkan anda perkenalkan pembicara atau presenter yang hendak mengisi diskusi tersebut. Berikan kesan yang sangat meyakinkan di dalam memperkenalkan penyaji atau presenter akan kemampuan yang dimilikinya. Anda juga bisa membacakan profil-profil penting dari presenter yang berkaitan dengan tema yang hendak disampaikan.

Baca Juga:   Cara Agar Anak Mau Sekolah Dengan Mudah

5. Sampaikan peraturan di dalam pelaksanaan diskusi

Pada bagian ini seorang moderator bisa menyampaikan aturan mulai dari waktu yang dibutuhkan pada pelaksanaan diskusi serta waktu yang dibutuhkan untuk tanya jawab. Jelaskan dengan sebaik-baiknya kepada setiap peserta diskusi supaya setiap peserta diskusi bisa memahami aturan tersebut. Sampaikan perkiraan waktu yang dibutuhkan mulai dari proses pembukaan diskusi sampai dengan akhir sesi dari diskusi.

Sampaikan pulang, kebutuhan waktu yang akan dialokasikan kepada pembicara untuk menyampaikan materinya, kebutuhan waktu yang dialokasikan untuk sesi tanya jawab antara peserta dengan pembicara dan lain sebagainya. Pada sesi tanya jawab, sampaikan waktu maksimal yang dialokasikan kepada setiap peserta di dalam menyampaikan pertanyaan kepada pembicara.

Selain peraturan waktu, moderator juga bisa menambahkan berbagai macam peraturan lain yang mendukung, sebagai contoh setiap peserta dilarang untuk membuat gaduh pada saat diskusi sedang berlangsung, peserta dilarang untuk meninggalkan ruangan pada saat pembicara sedang menyampaikan materi, dan peraturan-peraturan pendukung lainnya.

6. Memanggil dan mempersilahkan pembicara menyampaikan materi

Tahapan berikutnya adalah moderator memanggil pembicara untuk masuk ke ruang diskusi. Silakan anda panggil pembicaraan atau present tersebut supaya segera masuk ke ruangan diskusi.

7. Merangkum isi dari presentasi pembicara

Pada akhir sesi pembicara menyampaikan materi Apa tugas moderator adalah merangkum dan menyampaikan kepada peserta akan materi yang sebelumnya sudah disampaikan oleh pembicara. Buatlah semenarik mungkin rangkuman tersebut sehingga setiap peserta Memahami lebih jauh materi yang sudah disampaikan oleh pembicara. Rata-rata peserta juga memanfaatkan rangkuman yang dibuat oleh moderator sebagai bahan membuat pertanyaan.

Baca Juga:   Cara Agar Semangat Belajar Di Sekolah

8. Bagian tanya jawab

Supaya proses tanya jawab bisa berlangsung dengan tertib, rata-rata sesi ini dibagi menjadi beberapa termin. Masing-masing termin diberikan kesempatan maksimal tiga pertanyaan. Namun, Aturan ini bukanlah aturan baku sehingga Anda bisa mengatur sendiri.

9. Menyampaikan kesimpulan akhir

Yang dimaksud dengan kesimpulan akhir adalah kesimpulan total dari keseluruhan proses diskusi. Apabila jumlah pembicara lebih dari 1, maka tugas moderator juga harus menyimpulkan untuk seluruh materi yang sudah disampaikan oleh pembicara tersebut.

10. Ucapan terima kasih baik untuk pembicara maupun peserta

Ucapkan rasa Terima kasih untuk seluruh audience yang mengikuti diskusi, mulai dari pembicara atau presenter dan juga peserta. Lakukan dengan setulus-tulusnya serta imbangi dengan senyuman yang hangat.

11. Menutup jalannya diskusi

Bagian akhir dari tata cara menjadi moderator diskusi yang baik adalah menutup jalannya acara diskusi. Tutuplah dengan memakai kalimat yang memiliki nada optimis serta semangat atas materi yang diangkat serta pemecahan yang didapat dari proses diskusi tersebut.Jangan lupa untuk mengarahkan kepada peserta untuk memberikan aplos atau tepuk tangan kepada pembicara ataupun presenter.

Demikianlah beberapa tata cara menjadi moderator diskusi yang baik yang mana hal tersebut bisa anda pelajari sekaligus Anda praktekan apabila anda hendak menjadi seorang moderator pada acara diskusi, forum ataupun seminar. Harapan saya, setelah anda memahami bagian dari bagian tata cara menjadi moderator diskusi, maka anda sudah memahami tugas dan kewajiban Anda ketika memimpin sebuah acara diskusi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *