Home / Tips dan Trik / Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus

Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus

Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus memang gampang gampang susah untuk saat ini. Terlebih sekarang ini jumlah powerbank sangatlah banyak, sehingga menuntut pembeli untuk lebih selektif didalam memilih powerbank. Powebank muncul dikarenakan adanya kekurangan yang dimiliki oleh smartphone. Memang benar, sekarang ini smartphone bukanlah barang yang masuk kedalam kategori mewah, karena memang setiap orang sekarang ini memiliki barang yang satu ini.

Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus

Keberadaan smartphone yang sudah merakyat bisa jadi disebabkan karena kebutuhan dari komunikasi yang semakin hari semakin tinggi. Hampir bisa dikatakan masyarat Indonesia juga sudah mulai merasa ketergantungan pada smartphone tersebut.

Seperti yang sudah disampaikan didepan bahwa smartphone ternyata memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah kemampuan kapasitas baterai yang tidak bisa bertahan lama didalam mensuply kebutuhan daya smartphone. Secara umum, baterai smartphone hanya mampu mensuply daya selama sehari saja apabila smartphone digunakan secara berkelanjutan.

Oleh sebab itulah muncul beberapa jenis perangkat pendukung untuk smartphone, salah satunya adalah powerbank. Powerbank adalah perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan isi ulang baterai smartphone maupun gadget lain. Powerbank biasanya disebut dengan instilah charger portable. Sampai dengan saat ini, jumlah powerbank yang ada dipasaran juga sangat banyak, mulai dari merek abal-abal berkualitas buruk sampai dengan merek terkenal berkualitas yahud. Namun demikian tidak semua merek terkenal memiliki produk powerbank yang bagus juga, sehingga anda perlu mengetahui Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus agar pembelian powerbank anda tidak sia-sia.

Pemilihan powerbank yang berkualitas bagus tentunya juga akan lebih mengamankan smartphone atau gadget yang di cas. Kadang kala powerbank berkualitas buruk memiliki arus listrik dan tegangan yang tidak bagus untuk smartphone, sehingga pada akhirnya akan membuat sistem kelistrikan smartphone terganggu, bahkan bisa mengalami kerusakan walaupun secara pelan-pelan.

Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus

Sejumlah besar smartphone rata-rata hanya memiliki baterai dengan daya sekitar 1500 mAh. Angka tersebut termasuk angka kecil, sehingga apabila digunakan secara terus menerus akan habis dalam waktu kurang lebih 12 jam. Beberapa aplikasi yang sering sekali menguras daya baterai smartphone adalah game dan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Download Di Youtube dibawah Video

Selain kapasitasnya yang terbatas, baterai pada smarthone juga memiliki umur. Rata-rata batasan umur baterai smartphone terletak pada berapa kali smartphone di cas atau diisi ulang. Rata-rata umur baterai smartphone akan mengalami penurunan performa dan kualitas setelah dilakukan cas atau isi ulang sebanyak 400 sampai 500 kali. Bahkan, pada beberapa baterai smartphone yang berkualitas buruk kadang kala setelah dilakukan proses charger 100 sudah mulai drop atau mengalami proses penurunan kualitas penyimpanan daya.

Berikut ini langkah Memilih Powerbank yang berkualitas bagus

1. Belilah powerbank sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan

Sebagai langkah awal, anda harus mengetahui kapasitas baterai dari smartphone yang digunakan. Setelah itu anda bisa mulai mencari powerbank dengan kapasitas yang lebih tinggi dari smartphone. Sebagai contoh, apabila kapasitas baterai dari smartphone adalah 1500 mAh, maka anda bisa membeli powerbank dengan kapasitas  minimal 2 kali lipatnya, misalnya 3000 mAh atau yang lebih tinggi lagi.

Lalu berapa kali powerbank itu bisa digunakan untuk men charger smartphone? Anda cukup melakukan pembagian antara kapasitas baterai powerbank dengan kapasitas baterai pada smartphone. Misalnya kapasitas powerbank 3000 mAh dan kapasitas baterai smartphone 1500 mAh, maka perhitungannya adalah 3000 dibagi 1500 jadi 2. Artinya powerbank tersebut bisa digunakan untuk men charger 2 kali smartphone tersebut. Semakin besar kapasitas dari powerbank, maka akan membuat powerbank bisa digunakan untuk mencharger berkali-kali.

2. Pahami fitur yang dimiliki powerbank

Adanya fitur tambahan yang dimiliki oleh powerbank tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan lainnya bagi anda yang hendak membeli powerbank. Salah satu contoh fitur yang banyak ditawarkan oleh produsen powerbank adalah adanya “over Charging Protection”. Dengan adanya fitur proteksi terhadap proses charger secara berlebihan akan membuat anda lebih nyaman walaupun men charger powerbank dalam waktu yang lama (mungkin semalaman).

3. pilih merek yang sudah terkenal dan memiliki nama

Bagian yang tidak kalah penting mengenai Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus adalah memilih powerbank yang memiliki merek terkenal. Dengan memilih powerbank dengan merek terkenal, maka minimal anda akan mendapatkan branding sekaligus mendapatkan support yang bagus setelah pembelian.

Baca Juga:   3 Cara Mempercepat Shutdown Windows 7 Paling Jitu

Berikut ini adalah beberapa merek powerbank yang cukup terkenal dan memiliki nama di pasar aksesoris komputer:

a. Powerbank merek Vivan

Salah satu merek powerbank yang sudah memiliki nama dan dipercaya oleh masyarakat adalah Vivan. Powerbank merek Vivan merupakan salah satu powerbank yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain memiliki kapasitas daya penyimpanan daya yang mendekati aslinya, powerbank merek Vivan juga memiliki kemampuan pengisian yang sesuai dengan kebutuhan energi pada smartphone sehingga powerbank merek Vivan ini lebih ramah terhadap berbagai macam jenis smartphone.

Satu hal yang menjadi kekurangan powerbank merek Vivan adalah harganya yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya disebabkan karena kualitas yang dimiliki oleh powerbank yang satu ini. Dengan memiliki harga yang cukup tinggi, maka tentunya powerbank merek Vivan ini cukup berat untuk dibeli oleh pemilik smartphone yang berkantong pas-pasan. Walaupun demikian, powerbank merek Vivan sebenarnya juga memproduksi beberapa powerbank dengan harga bersahabat dengan kantong yang pas-pasan, seperti cenda, robot dan scud. Walaupun harganya pas-pasan, namun kualitas yang dimilikinya tetap bagus.

b. Powerbank merek Hippo

Kualitas yang tinggi dari powerbank merek hippo ini membuat masyarakat banyak yang menggunakannya. Selain berkonsentrasi didalam membuat powerbank, produksen hippo juga turut serta didalam meramaikan pasar baterai smartphone dan handphone.

c. Powerbank merek Advan

Merek advan memang masih baru didalam produk powerbank. Namun, walaupun masih baru, merek advan mampu menghadirkan kualitas powerbank yang cukup bagus sehingga bisa memenuhi kebutuhan powerbank sekarang ini. Kapasitas daya yang ditawarkan oleh powerbank merek advan ini juga bagus.

d. Powerbank merek sony

Merek sony  memang sudah cukup melekat ditelinga konsumen, terutama merek barang elektronik. Namun, sekarang ini, sony juga sudah mulai melangkahkan kakinya di pasar powerbank. Kualitas yang cukup bagus pastinya sudah dikenal pada powerbank merek sony ini. Powerbank sony juga di desain dengan model yang cukup elegan dan keren. Satu hal yang menjadi kekurang produk powerbank sony ini adalah harganya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki dana melimpah untuk urusan aksesoris gadget, powerbank ber merek sony bisa menjadi pilihan utama.

Baca Juga:   Beginilah Cara Sharing Folder Windows 7 Paling Mudah

e. Powerbank merek xiaomi

Powerbank bermerek xiaomi memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan powerbank merek sony. Namun, walaupun harganya cukup murah, bukan berarti powerbank merek xiaomi memiliki kualitas jelek, bahkan sebaliknya, powerbank yang satu ini memiliki kualitas cukup bagus dan tentunya banyak menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan powerbank dengan harga murah namun berkualitas. Sangat direkomendasikan untuk membeli powerbank xiaomi langsungdari distributor resminya, karena kadang kala ditemukan powerbank xiaomi KW yang memiliki kualitas jauh dibawah powerbank xiaomi yang asli.

4. Cermati garansi produk yang diberikan

Produk powerbank yang anda beli pastikan memiliki garansi yang cukup panjang. Minimal carilah powerbank yang berani memberikan garansi 1 tahun. Dengan durasi garansi yang panjang pastinya bisa sedikit memberikan jaminan bahwa produk powerbank yang anda beli memiliki kualitas cukup bagus. Anda harus jeli didalam membeli powerbank dengan harga murah, karena kadang kala powerbank dengan harga murah juga berani memberikan garansi yang cukup lama, padahal garansi yang diberikan biasanya bukanlah garansi resmi dari distributornya.

5. Kenali dana yang anda miliki

Bagian terakhir yang perlu anda perhatikan mengenai Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus adalah mengetahui dana yang anda miliki untuk membeli powerbank. Apabila anda memiliki dana terbatas, maka disarankan  untuk membeli powerbank dengan harga yang masih tergolong murah, namun carilah dari merek yang cukup terkenal guna tetap mendapatkan powerbank dengan kualitas bagus. Cari juga powerbank yang berani memberikan jaminan produk paling lama.

Sekian penjabaran singkat mengenai Tips Memilih Powerbank Yang Berkualitas Bagus yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli powerbank baru. Dengan memahami karakteristik powerbank yang bagus, maka diharapkan anda bisa mendapatkan powerbank berkualitas yang nantinya bisa mensuply kebutuhan daya smartphone dengan lebih baik. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah Paling Cepat

Sebenarnya, cara menghitung dollar ke rupiah bukanlah perkara yang sulit dikerjakan. Lantaran, sekarang ini sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *