Home / Umum / Kode Etik / Wajib di pahami Pengertian Kode Etik

Wajib di pahami Pengertian Kode Etik

Mari kita pahami bersama pengertian dari kode etik.in nilai, sistem norma serta sejumlah aturan profesional yang ditulis secara tegas dimana didalamnya menyatakan apa yang baik/ benar, dan apa yang tidak baik/ benar bagi setiap profesional atau pelaku dari profesi. Sebuah kode etik bisa berisi pernyataan tentang perbuatan yang salah/ benar, perbuatan yang wajib untuk dihindari dan perbuatan yang wajib untuk dikerjakan.

Wajib di pahami Pengertian Kode Etik

Apabila definisi atau pengertian kode etik disingkat bahwa arti dari kode etik adalah sebagai sebuah pedoman etis, tata cara, aturan, serta tanda pada saat mengerjakan sebuah pekerjaan atau sebuah kegiatan. Kode etik bisa berupa tata cara maupun pola aturan yang berguna sebagai pedoman di dalam berperilaku atau bertingkah laku.

Ada juga pengertian lain dari kode etik yakni sebuah bentuk aturan-aturan yang tertulis, dimana secara sistematik serta sengaja diciptakan dengan dasar adanya sejumlah prinsip moral yang ada dan pada saat dibutuhkan bisa digunakan sebagai alat yang berfungsi untuk menghakimi sejumlah tindakan yang pada umumnya melenceng dari kode etik yang sudah ada.

Baca Juga:   Kode Etik Rumah Sakit Terbaik

Adapun tujuan dari dibuatnya kode etik adalah agar setiap pekerja atau profesional mampu memberikan jasa yang paling baik terhadap setiap pemakai atau nasabah dari jasa tersebut. Adanya kode etik tentunya bisa melindungi sejumlah perbuatan dari tindakan yang tidak profesional. Tindakan ketaatan dari tenaga profesional kepada kode etik adalah salah satu bentuk ketaatan yang naru Lia di mana sudah menyatu dengan jiwa serta pikiran dan perilaku dari tenaga profesional atau profesi tersebut.

Pada akhirnya, ketaatan tersebut akan terbentuk dari setiap orang, bukan karena ada sebuah paksaan. Pada akhirnya pula, Apabila ada profesional yang melakukan pelanggaran terhadap kode etik maka baik secara langsung maupun tidak langsung profesi yang diembannya akan mengalami kerugian dan kerusakan.

Pengertian dari kode etik

Bisa kita pahami bersama bahwa kode etik bukanlah merupakan sebuah kode yang kaku dimana diakibatkan dari perkembangan zaman bisa menjadi tidak sesuai dengan adanya tuntutan zaman atau menjadi usang. Sebagai contohnya adalah kode etik mengenai eutanasia dimana sejak zaman dahulu belum dicantumkan di dalam kode etik kedokteran tapi sekarang ini sudah masuk.

Baca Juga:   Pengertian Kode Etik Guru Indonesia

Sementara itu, kode etik itu sendiri dibuat oleh setiap organisasi profesi di mana masing-masing dari profesi tersebut memiliki kode etik yang berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah kode etik pengacara, kode etik dokter, kode etik pustakawan, dan kode etik guru. Pelanggaran terhadap kode etik yang sudah dibuat tersebut tidaklah bisa diadili oleh pengadilan, Hal tersebut dikarenakan melanggar kode etik tidak selalu bisa diartikan sebagai pelanggaran hukum.

Salah satu contohnya adalah Ikatan Dokter Indonesia memiliki kode etik kedokteran. Apabila seorang dokter melanggar sebuah kode etik kedokteran, maka tindakan yang akan dilakukan adalah pemeriksaan oleh majelis kode etik kedokteran Indonesia, bukan masuk ke dalam ranah pengadilan.

Demikianlah penjabaran mengenai definisi dan pengertian kode etik yang bisa saya sampaikan lengkap dengan tujuan dibuatnya kode etik pada masing-masing profesi. Mudah-mudahan apa setelah anda membaca ulasan diatas maka anda bisa mendapatkan manfaat dari tulisan sederhana tersebut terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Bagi seorang Enginer tentunya harus memahami sejumlah kode etik Insinyur supaya bisa bekerja sesuai dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *