Home / Pendidikan / Apa Arti Dari Bahasa Menurut Beberapa Ahli

Apa Arti Dari Bahasa Menurut Beberapa Ahli

Apakah anda mengerti apa arti dari bahasa? Sebelumnya mari kita ketahui bahwa bahasa merupakan salah satu bagian inti di kehidupan sehari-hari manusia di dunia ini. Hal tersebut disebabkan karena dengan memakai bahasa manusia dapat melakukan interaksi dengan sesama serta bahasa adalah salah satu sumber daya di kehidupan masyarakat. Tentunya, bahasa bisa dipakai ketika manusia bisa saling mengerti dan saling memahami dan tentunya bahasa arab kaitanya dengan pemakaian sumber daya bahasa yang kita punyai.

Apa Arti Dari Bahasa Menurut Beberapa Ahli

Kita bisa memahami tujuan dan maksud orang lain berbicara dan berbahasa ketika kita mendengarkan dengan sebaik-baiknya apa yang mereka katakan. Lantas, apa saja arti dari kata bahasa tersebut? Berikut ini adalah penjabaran tentang apa arti dari bahasa menurut sejumlah ahli

Apa Arti Dari Bahasa?

  1. Arti dari bahasa menurut depdiknas tahun 2005 yang mengatakan bahwa bahasa merupakan sebuah ucapan perasaan atau pikiran manusia yang dilakukan secara teratur serta memakai bunyi sebagai media atau alatnya.
  2. Arti bahasa menurut Suratno, mansyur dan harun rasyid tahun 2009 mengatakan bahwa bahasa adalah makna dan struktur yang bebas dari pemakainya, digunakan sebagai sebuah tanda yang bisa menyimpulkan sebuah tujuan.
  3. Arti dari bahasa menurut KBBI atau kamus besar bahasa indonesia, dikutip dari hasan alwi tahun 2002 yang mengatakan bahwa bahasa memiliki arti sebuah sistem atau lambang bunyi yang arbitrer, di mana bisa dipakai oleh semua anggota atau orang di dalam masyarakat guna bisa mengidentifikasikan diri, berinteraksi, serta bekerjasama di dalam bentuk percakapan, tingkah laku yang dilakukan dengan sopan santun yang baik.
Baca Juga:   Aplikasi Jadwal Pelajaran MTS Terbaru Dan Gratis

Kesimpulan Dari Arti Bahasa

Selanjutnya, dengan didasari oleh sejumlah pengertian bahasa yang sudah dibahas di bagian atas, maka tentunya bisa diambil sebuah intisari bahwa bahasa memiliki arti sebuah sistem yang teratur dimana berbentuk sejumlah lambang bunyi yang bisa dipakai guna mengekspresikan sebuah pikiran dan perasaan bahasa itu sendiri.

Dari adanya pengertian serta arti bahasa di atas, makan ada beberapa hal yang cukup menonjol dari berbagai macam sisi, diantaranya adalah:

  1. Bahasa merupakan sebuah sistem. Artinya adalah bahasa tersebut tunduk kepada sejumlah kaidah tertentu baik itu gramatik, fonemik maupun fonetik. Istilah lain dari bahasa yaitu tidak memiliki kebebasan, akan tetapi terikat kepada sejumlah kaidah tertentu.
  2. Bahasa merupakan sebuah sistem arbitrary atau sukarela. Tentunya, sebuah sistem bisa diperlakukan untuk umum serta bahasa adalah salah satu peraturan yang cukup mendasar. Salah satu contohnya adalah ada sejumlah bahasa di mana pemakaiannya diawali dengan kata benda, contohnya adalah bahasa inggris. Disamping itu, adapula bahasa yang diawali dengan menggunakan kata kerja. Tentunya, sebagai seorang pengguna tentunya kita tidak bisa menolak sejumlah aturan tersebut, baik aturan yang pertama maupun aturan yang kedua. Artinya adalah bahwa kita tidak bisa tunduk kepada 1 dialek atau aturan tertentu saja.
  3. Bahasa merupakan sebuah bunyi di mana setiap manusia tentunya sudah memakai bahasa lisan. Pada interaksi kehidupan sehari-hari, tentunya banyak dijumpai masyarakat yang dapat menggunakan bahasa lisan, namun tidak bisa menuliskannya. Jadi, sebenarnya bahasa lisan atau berbicara merupakan dasar dari berbahasa. Sementara itu, menulis merupakan salah satu bentuk bahasa yang kedua. Istilah lainnya adalah bahwa bahasa itu merupakan ucapan dan tulisan adalah lambang dari bahasa.
  4. Bahasa merupakan sebuah simbol. Maksudnya adalah bahasa terdiri dari kumpulan simbol-simbol spesial. Salah satu contohnya adalah kata rumah di mana mampu menggambarkan sebuah hakekat dari rumah. Jadi bahasa merupakan lambang-lambang khusus. Pembaca atau pendengar mampu meletakkan sejumlah simbol maupun sejumlah lambang khusus dengan cara proporsional.
  5. Fungsi dari bahasa yaitu mampu mengekspresikan perasaan dan pikiran. Di samping mampu mengekspresikan sebuah pikiran, bahasa juga tentunya mampu untuk mengekspresikan rasa senang, rasa sedih, estetika di dalam kegiatan berinteraksi. Dalam kondisi tersebut, tentunya setiap orang mampu untuk mengekspresikan perasaan, bukan hanya dari sisi pikiran saja. Untuk itulah maka bahasa memiliki peranan emosional, sosial di samping memiliki peran guna mengemukakan ide.
Baca Juga:   2 Aplikasi Jadwal Pelajaran Madrasah Aliyah Gratis

Demikianlah sejumlah kajian mengenai apa arti dari bahasa yang bisa diambil dari sejumlah narasumber. Mudah-mudahan, artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa selalu menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan kita di dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat Yang Perlu Dipahami Bersama

Di bulan Romadhon, di samping kita berpuasa untuk menahan haus dan lapar, di bulan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *