Home / Umum / Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Sebenarnya, pengertian database sekarang ini bukanlah merupakan hal yang asing lagi. Apalagi bagi Anda yang sering berkutat dengan dunia programming, pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan database. Lalu apa yang dimaksud dengan database itu sendiri? Kadangkala, walaupun kita sering mendengar istilah database, akan tetapi kita belum memahami secara sepenuhnya mengenai pengertian dari database tersebut. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan database.

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Pemakaian sebuah teknologi di dalam perusahaan maupun sebuah organisasi dan institusi tentunya memiliki sebuah manfaat yang amat penting supaya mencapai sebuah tujuan tertentu. Sebuah perusahaan tentunya memiliki target guna bisa bekerja seefektif dan seefisien mungkin agar dapat bertahan dari banyaknya saingan saingan yang ada. Salah satu hal dari sisi teknologi yang wajib untuk dimiliki pada sebuah organisasi institusi maupun perusahaan yaitu teknologi pada pemrosesan sebuah data yang nantinya akan diolah menjadi sebuah informasi yang memiliki fungsi.

Salah satu teknologi yang dimaksud yaitu mengenai sebuah sistem pengolahan database atau basis data. Sebagai contoh adalah Pemakaian database yang baik dan benar pada sebuah perusahaan penjualan. Seseorang yang memiliki posisi pada kasir haruslah memiliki kecepatan di dalam bekerja pada saat mencari harga barang ataupun mendapatkan jumlah dari barang yang hendak dijual.Contoh yang lain Misalnya dari posisi admin di mana fungsi dari database adalah guna mempermudah pada saat mencari informasi mengenai ketersediaan stok, informasi mengenai barang yang paling cepat laku serta pencarian sejumlah informasi lainnya.

Baca Juga:   Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Rata-rata, penggunaan database tentunya didukung dengan adanya aplikasi aplikasi yang mempermudah proses pengolahan database tersebut. Salah satu model bentuk aplikasi yang memerlukan adanya database sebagai dasarnya yaitu pemesanan tiket, transaksi perbankan, aplikasi pembelian dan pemrosesan penjualan pada perdagangan, aplikasi absensi pada sebuah perusahaan serta proses pembayaran honor pada sistem penggajian karyawan aplikasi pencatatan pajak, aplikasi akademik dan aplikasi-aplikasi yang lainnya.

Tentunya dengan adanya aplikasi yang menggunakan landasan database akan mampu untuk bisa menaikkan efektif dan efisiensi dari kinerja di sebuah perusahaan. Disamping itu tentunya akan didapat manfaat manfaat lain dari penggunaan database sebagai landasan dari banyaknya aplikasi yang beredar untuk saat ini.

Apa yang dimaksud dengan database?

Setelah anda mendapatkan sejumlah contoh penerapan dari database, Marsha Mari kita simpulkan pengertian mengenai Apa yang dimaksud dengan database tersebut. Bisa diartikan bahwa database merupakan sekelompok data yang telah dilakukan penyusunan sedemikian rupa dengan mengindahkan pada sejumlah aturan dan ketentuan tertentu yang saling berkaitan atau berelasi dan memiliki fungsi guna mempermudah setiap pemakainya pada proses pengelolaannya serta juga dapat mempermudah mendapatkan segala macam bentuk informasi dari pengolahan data tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Disamping itu, ada juga pihak yang mengartikan database sebagai sebuah kumpulan tabel, kumpulan arsip ataupun kumpulan file yang memiliki saling keterkaitan serta tersimpan pada media penyimpanan elektronika.

Itulah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan database. Setelah kita mengetahui begitu besarnya manfaat dari penggunaan database, maka tentunya kita bisa mencoba untuk mengembangkan sejumlah aplikasi yang menerapkan penggunaan database di dalamnya sehingga aplikasi-aplikasi tersebut mampu meringankan kinerja dari penggunanya. Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa aplikasi-aplikasi yang dibuat berdasarkan database akan sangat menguntungkan dan mempercepat kinerja dari setiap penggunanya. Terimakasih dan selamat berkreasi.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Sistem kerja memiliki banyak makna. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *