Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan FTP? Istilah FTP Sebenarnya cukup populer bagi Anda yang sering berkutat di bidang IT, khususnya adalah website yang selalu berhubungan dengan pihak hosting. Namun bagi Anda yang masih Awam di dunia website tentunya juga masih bingung dengan istilah FTP. Untuk itulah Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai FTP.

Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Apa yang dimaksud dengan FTP?

FTP merupakan sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol yang memiliki manfaat guna melakukan proses pengiriman dan juga penerimaan file pada sebuah jaringan atau network yang mendukung TCP/IP Protocol. Pada komunikasi menggunakan FTP maka tentunya akan bekerja dua sisi, yaitu FTP client dan FTP server. Masing-masing harus saling terkoneksi supaya bisa saling berkomunikasi antara server dengan client.

FTP server akan menjalankan software yang dipakai untuk proses pertukaran file di mana hal tersebut harus selalu siap di dalam memberikan layanan FTP apabila memperoleh request dari FTP client. Yang dimaksud dengan FTP client merupakan komputer yang meminta atau merequest koneksi ke FTP server yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses pertukaran file baik itu mendownload file maupun mengupload file.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Tujuan penggunaan FTP server yaitu sebagai berikut:

  1. Mempermudah berbagi atau sharing data
  2. Guna menyediakan fasilitas implisit atau indirect remote computer.
  3. Guna menyediakan sebuah Space atau tempat penyimpanan file bagi pengguna supaya bisa lebih mudah diakses kapanpun dan dari manapun
  4. Mempermudah proses transfer data yang lebih efisien dan reliabel

Secara umum, bisa dikatakan bahwa fasilitas FTP atau File Transfer Protocol merupakan sebuah metode yang kurang aman di dalam proses mentransfer data. Hal tersebut dikarenakan proses transfer file atau data dilakukan tanpa adanya enkripsi terlebih dahulu, yaitu langsung melalui clear text.

Untuk mode text yang digunakan pada proses transfer data merupakan sebuah format binary atau sering disebut dengan format ASCII. Sementara itu, software FTP secara default memakai mode AC pada proses transfer data. Apabila proses Pengiriman data dilakukan tanpa enkripsi, maka secara otomatis password, username dan semua data yang ditransfer maupun perintah yang di request bisa dibaca oleh pengguna yang memakai Sebuah protokol bernama analyzer atau seniper.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Oleh sebab itulah maka diperlukan sebuah solusi yang bisa dipakai untuk mengamankan proses transfer data tersebut yaitu dengan memakai sistem SSH FTP atau SFTP. Sistem SFTP merupakan sebuah sistem yang berbasis SSH atau memakai ftps atau FTP over SSL dimana sistem tersebut membuat data yang dikirim dilakukan enskripsi atau dikodekan terlebih dahulu.

Secara umum rata-rata FTP memakai dua buah port yaitu port 21 dan port 20. Sistemnya berjalan dengan exclusively melewati TCP. FTP server yang berada pada port 21 digunakan untuk incoming connection yang berasal dari FTP client. Rata-rata port 21 digunakan sebagai command port dan port 20 digunakan sebagai data port. Sementara itu, pada FTP server, tersedia dua jenis koneksi yaitu Koneksi mode pasif dan koneksi mode aktif.

Itulah sekelumit penjabaran mengenai Apa yang dimaksud dengan FTP. FTP merupakan salah satu solusi paling jitu dan paling mudah sebagai salah satu cara untuk melakukan transfer data dari komputer server ke komputer client baik dari proses mendownload Maupun mengupload. Mudah-mudahan, informasi yang sedikit ini mampu memberikan manfaat kepada anda, terutama dari sisi ilmu pengetahuan di bidang komputer server. Terima kasih.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara menghitung IP Address, Subnet Mask Dan Net Id

Cara menghitung IP Address, Subnet Mask Dan Net Id pada jaringan komputer

Pada kesempatan kali ini, Mari kita membahas tentang cara menghitung IP Address, submask dan net …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *