Home / Pendidikan / Apa Yang Dimaksud Dengan Partikel

Apa Yang Dimaksud Dengan Partikel

Pada mata pelajaran kimia atau fisika, kata partikel seringkali diberikan oleh guru di mata pelajaran tersebut. Bagi anda seorang pelajar yang baru saja mendapatkan materi tersebut, tentunya sudah mampu menyebutkan Apa yang dimaksud dengan partikel. Namun demikian, bagi masyarakat umum atau bagi Anda yang sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah dan sudah lama tidak mendengar kata partikel pastinya akan sedikit kebingungan di dalam mendefinisikan Apa yang dimaksud dengan partikel.

Apa Yang Dimaksud Dengan Partikel

Apa yang dimaksud dengan partikel?

Guna membantu anda di dalam mengingat kembali pengertian dari partikel, maka ijinkan saya Pada kesempatan kali ini mengulas sedikit pengertian serta definisi dari partikel. Partikel merupakan salah satu dari satuan dasar yang berasal dari materi maupun benda. Dapat disebut pula bahwa partikel adalah satuan dari bagian yang paling kecil dari sebuah materi. Secara umum, partikel dibedakan menjadi tiga jenis yaitu molekul, atom serta ion. Bisa disimpulkan bahwa baik molekul, atom maupun ion ke semuanya adalah sebuah satuan terkecil yang berasal dari materi serta secara umum keseluruhannya disebut sebagai partikel.

Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Dasar Yang Tepat Untuk Anak

Lalu, apa yang dimaksud dengan atom, molekul dan ion. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing partikel tersebut.

Apa yang dimaksud dengan atom?

Atom merupakan satuan yang paling kecil pada sebuah materi yang didalamnya terdiri dari inti yang rata-rata terdapat adanya muatan positif atau proton dan muatan Netral atau neutron Serta adanya kulit yang didalamnya mengandung muatan elektron atau muatan negatif. Ada pula yang menyebutkan bahwa atom merupakan sebuah partikel yang menyusun sebuah unsur.

Apa yang dimaksud dengan molekul?

Molekul merupakan gabungan partikel yang terdiri dari beberapa atom, unsur dan jumlahnya minimal bisa 2 atau bahkan lebih. Maksudnya adalah ketika kita sedang membicarakan mengenai molekul, maka hal yang bisa kita bayangkan yaitu gabungan dari beberapa atom. Yang namanya gabungan pasti terdiri dari minimal dua atom. Molekul merupakan partikel-partikel terkecil dari sebuah senyawa atau unsur.

Apa yang dimaksud dengan ion?

Ion adalah sebuah atom yang memiliki muatan listrik. Ion itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu Kation dan anion. Apabila ion memiliki muatan listrik positif disebut dengan kation, sementara itu apabila ion yang memiliki muatan negatif disebut anion. Anion dan kation bisa berupa ion yang hanya terdiri dari 1 macam atom maupun bisa pula terdiri dari ion poliatom yang tentunya terdiri dari dua atau lebih atom yang memiliki perbedaan.

Baca Juga:   Aplikasi Jadwal Pelajaran Dengan Excel Gratis Dan Mudah Digunakan

Kesimpulan tentang partikel

Dari beberapa penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa unsur dari sebuah partikel rata-rata dapat berupa molekul unsur maupun atom. Unsur-unsur dari sebuah partikel yang berupa atom memiliki arti bahwa unsur tersebut dapat berdiri sendiri serta hanya memiliki satu jenis atom saja. Metode penulisan yang sering digunakan sebagai lambang unsurnya sebagai contoh adalah helium (He) dan karbon (C).

Selain itu, apabila partikelnya merupakan sebuah molekul maka hal tersebut memiliki arti bahwa unsur itu terbentuk dari Gabungan beberapa atom yang memiliki jenis sama serta dia tidak akan bisa dapat berdiri sendiri. Unsur-unsur tersebut tentunya dapat ditulis dengan menggunakan lambang unsur yang diikuti dengan jumlah atom yang menyusunnya. Beberapa contohnya adalah H2 dan O2. Dari penjelasan tersebut tentunya kita bisa menuliskan bahwa lambang unsur dari oksigen tidak hanya berupa lambang O saja namun diikuti dengan angka 2 yang memiliki arti bahwa unsur tersebut dibentuk dari atom oksigen sejumlah 2.

Demikianlah ulasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan partikel. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan di atas maka anda bisa mengingat kembali beberapa materi yang berkaitan dengan partikel sekaligus Anda bisa mengingat kembali beberapa mata pelajaran yang sebelumnya sudah anda pernah dapatkan di bangku sekolah baik itu SMP, SMA maupun SMK. Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Baca Juga:   Cara Menghitung Cepat Perkalian Dengan Cara Khusus

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Khusus untuk Anda yang memiliki bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perkayuan, maka bisa dipastikan Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *