Home / Elektronika / Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Penulis yakin bahwa anda pastinya sudah sering mendengar kata medan magnet. Lantas, apa yang dimaksud dengan medan magnet tersebut? Pertanyaan tersebut lah yang kerap muncul di telinga kita, namun kita belum mengetahui secara pasti apa itu medan magnet. Untuk itulah, guna membantu anda di dalam memahami pengertian dari medan magnet, maka penulis akan mencoba untuk menguraikan tentang medan magnet. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya anda benar-benar memahami konsep dari sebuah medan magnet.

Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Apa yang dimaksud medan magnet

Medan magnet merupakan sebuah ruang ataupun daerah yang masih masuk ke dalam daerah yang terkena pengaruh dari gaya magnet sehingga sejumlah benda yang berada di sekeliling magnet bisa ditarik oleh magnet tersebut. Guna bisa membuktikan adanya medan magnet, silahkan anda taburkan serbuk besi yang mana nantinya seluruh dari serbuk besi akan menempel walaupun letaknya cukup jauh dari magnet.

Magnet memiliki 2 buah kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara. Pada bagian kutub utara magnet akan menghadap ke arah kutub selatan bumi. Sementara itu, kutub selatan magnet akan mengarah ke bagian utara bumi.

Baca Juga:   Materi Fisika Medan Magnet

Lalu, apakah yang dimaksud dengan magnet? Magnet ada pula yang menyebut dengan istilah magnit, yakni suatu objek yang bisa menimbulkan gejala gerak, baik itu gaya tolak maupun gaya tarik terhadap berbagai macam jenis logam khusus, misalnya adalah seng, baja, besi dan jenis logam yang lainnya. Istilah untuk magnet asalnya adalah dari bahasa yunani yaitu magnitis lithos yang artinya adalah batu magnesian. Magnesia itu sendiri merupakan sebuah nama daerah yang ada di yunani di masa lalu yang kini memiliki nama manisa.

Magnet itu sendiri bisa dipakai pada sejumlah alat berat guna bisa mengangkut benda-benda yang terbuat dari besi. Magnet tersebut tentunya berasal dari adanya aliran listrik sehingga magnet tersebut diberikan nama electromagnet. Apabila tidak dialiri oleh arus listrik, maka tentunya sifat kemagnetannya akan menghilang.

Selain itu, ada juga beberapa peralatan lain di dalam kehidupan sehari-hari yang memakai magnet, diantaranya adalah pengunci kotak pada tas pensil, speaker radio, kompas, antena di mobil remote control, microphone, serta alarm pengaman pada mobil. Adapun kegunaan magnet di dalam kehidupan sehari-hari yakni seperti pada dinamo mobil mainan maupun pada dinamo yang terpasang pada sepeda. Dinamo juga merupakan salah satu jenis alat yang memakai sistem magnet di dalamnya.

Baca Juga:   Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Demikianlah ulasan singkat tentang apa yang dimaksud medan magnet di mana medan magnet pada elektromagnetik merupakan medan magnet yang dibuat secara sementara dengan menggunakan energi listrik. Apabila energi listrik tersebut dihilangkan, maka sifat kemagnetan pada elektromagnetik juga akan hilang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *