Home / Pendidikan / Aplikasi Jadwal Pelajaran Paling Populer dan Mudah DIgunakan

Aplikasi Jadwal Pelajaran Paling Populer dan Mudah DIgunakan

Di dunia pendidikan, aplikasi jadwal pelajaran adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan, terutama di bagian kurikulum. Bagian kurikulum merupakan jantungnya sekolah yang memiliki salah satu fungsi untuk membuat jadwal pelajaran di setiap semesternya. Tentu, membuat pelajaran bukanlah hal yang mudah, Terlebih jika pada sekolahan tersebut terdapat cukup banyak kelas, cukup banyak mata pelajaran dan cukup banyak guru. Oleh sebab itu, dengan aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran maka diharapkan pihak kurikulum akan lebih terbantu untuk menyelesaikan pembuatan jadwal pelajaran tersebut.

Aplikasi Jadwal Pelajaran

Berdasarkan pengalaman dari penulis yang sudah pernah menjadi kurikulum di suatu sekolah, membuat jadwal pelajaran secara manual sangatlah merepotkan dan sangat menyita pikiran. Terlebih apabila terdapat banyak sekali syarat untuk membuat jadwal pelajaran tersebut. Contoh syarat yang kerap kali ditemukan oleh pihak kurikulum pada saat membuat jadwal pelajaran adalah permintaan libur Pada hari tertentu, permintaan kosong pada jam tertentu, permintaan peletakan jadwal pelajaran pada jam tertentu dan permintaan-permintaan yang lainnya.

Dengan banyaknya syarat tentunya akan lebih mempersulit proses pembuatan jadwal pelajaran dan tentunya akan sangat menyita waktu dan tenaga. Dengan adanya aplikasi jadwal pelajaran, maka pekerjaan pada bidang kurikulum di sebuah sekolah akan lebih terbantu. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi jadwal pelajaran, maka kesalahan-kesalahan di dalam membuat jadwal pelajaran akan semakin diminimalisir, misalnya adalah bentroknya jadwal mata pelajaran tertentu.

Baca Juga:   Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Di internet, sudah ada aplikasi jadwal pelajaran yang namanya ASC timetables. Software ASC timetables merupakan salah satu software dari sekian banyak software yang bisa kita gunakan untuk membuat jadwal pelajaran. Dengan memanfaatkan software ASC timetables tersebut, maka pihak kurikulum hanyalah cukup melakukan input data guru, input data kelas, input data pelajaran dan beberapa input data pendukung yang lainnya. Setelah itu, software ASC timetables akan secara otomatis membuatkan jadwal berdasarkan data-data yang telah diinput.

Tentunya, penggunaan aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables juga harus dipahami dengan sebaik-baiknya lantaran ada berbagai macam kriteria yang harus dimasukkan ke dalam Setting software ASC timetables tersebut. Terlebih, apabila cukup banyak persyaratan yang harus dimasukkan ke dalam pembuatan jadwal tersebut. Namun demikian, report ataupun laporan yang bisa dibuat oleh software ASC timetables sangatlah lengkap dan menarik dan bisa langsung digunakan di sebuah sekolah, misalnya adalah jadwal umum global dalam satu sekolahan, jadwal untuk masing-masing guru, jadwal untuk masing-masing kelas dan berbagai macam jenis laporan penjadwalan yang lainnya.

Baca Juga:   Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Intinya, penggunaan aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables tersebut sangatlah menarik dan patut untuk dicoba Karena bisa sangat menghemat waktu dan tenaga anda sebagai seorang kurikulum. Dulunya, sebelum saya menggunakan software ASC timetables tersebut, saya membutuhkan waktu hingga 2 hari hanya untuk membuat jadwal pelajaran. Namun, setelah saya menerapkan software penjadwalan ASC timetables tersebut, waktu saya untuk membuat jadwal hanyalah sekitar 5 jam saja, hal itu sudah termasuk dengan melakukan input berbagai macam persyaratan yang sangat merepotkan.

Selain bisa digunakan untuk membuat penjadwalan secara otomatis, aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables juga bisa digunakan untuk membuat penjadwalan secara manual. Artinya adalah pengguna bisa menempatkan jadwal mata pelajaran satu demi satu untuk masing-masing guru di setiap harinya. Pada saat terjadi bentrok jam pelajaran, maka secara otomatis software ASC timetables tersebut akan memberikan informasi dan secara otomatis penjadwalan tersebut tidak bisa dilanjutkan sebelum jadwal yang bentrok tersebut diperbaiki.

Download aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables

Namun, perlu diketahui bersama bahwa software ASC timetables tersebut tidaklah bersifat gratis. Akan dikenakan berbagai macam jenis harga yang harus dibayar apabila anda menginginkan untuk menggunakan secara penuh fasilitas yang dimiliki oleh software ASC timetables tersebut. Namun demikian, pihak develop dari software ASC timetables juga sudah menyediakan versi trial nya dimana anda bisa menggunakan software tersebut secara gratis tanpa ada batasan. Perbedaan antara free trial dengan yang sudah full versi pada software ASC timetables hanyalah terletak pada hasil seluruh cetakan.

Baca Juga:   Cara Agar Disukai Banyak Orang Di Sekolah

Pada setiap cetakan yang menggunakan software ASC timetables versi free trial tersebut akan terdapat Watermark. Namun, semua bagian dan fitur yang disediakan pada software ASC timetables tersebut sudah dapat digunakan, sama dengan berbagai macam versi berbayar yang disediakan mulai dari versi primary school, versi standar, versi premium dan versi professional.

Anda bisa mendownload aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables pada link di sini (Google Drive)

Demikianlah penjabaran singkat tentang aplikasi jadwal pelajaran paling populer dan tentunya sangat mudah untuk dipakai setiap kalangan, terlebih bagi Anda yang sudah tidak gaptek lagi di dunia komputer. Dengan menginstal dan mencoba untuk memahami serta mengotak-atik berbagai macam settingan yang ada di dalam aplikasi jadwal pelajaran ASC timetables tersebut, maka anda akan lebih mudah untuk memahaminya. Akhir kata, selamat menggunakan software aplikasi ASC timetables tersebut, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Jadwal Pelajaran MI Dengan Excel

Aplikasi Jadwal Pelajaran MI Dengan Excel Gratis

Apakah anda sedang memangku jabatan sebagai Waka kurikulum dan selalu dipusingkan ketika masuk semester baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *