Home / Elektronika / Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika tentunya akan sangat senang mempelajari tentang Medannamun sebelumnya marilah kita coba pelajari terlebih dahulu dasar dari medan magnet, yaitu magnet.

Aplikasi Medan Magnet

Apa yang dimaksud dengan magnet?

Magnet atau magnit merupakan sebuah objek yang memiliki sebuah medan magnet. Kata magnet itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu berasal dari kata magnitis lithos yang artinya adalah batu magnesian. Sementara itu, di saat sekarang ini sebuah magnet merupakan sebuah materi yang memiliki sebuah medan magnet. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa magnet tentunya mempunyai dua buah kutub ape yaitu kutub selatan dan kutub utara.

Walaupun nantinya sebuah magnet dipecah-pecah menjadi banyak bagian, maka potongan dari magnet kecil itu tetap akan mempunyai dua kutub. Seluruh make tentunya bisa berguna untuk menarik benda yang lain, terutama adalah benda yang terbentuk dari logam.

Apabila dilihat dari kemagnetannya, maka sebuah benda bisa digolongkan menjadi dua macam, yaitu:

1. Benda magnetik atau benda feromagnetik

Benda magnetik adalah sebuah benda yang bisa ditarik oleh magnet dengan sangat kuat. Contoh yang termasuk ke dalam benda magnetik adalah kobalt, nikel, baja dan besi.

2. Benda bukan magnetik atau non magnetik yang dibedakan menjadi empat jenis, yakni:

  1. Benda paramagnet yaitu benda yang bisa sedikit ditarik oleh magnet yang cukup kuat. Contoh benda yang masuk kedalam paramagnet adalah tembaga, platina dan aluminium
  2. Benda diamagnetik adalah benda yang tidak Bisa ditarik oleh magnet yang kuat. Contoh benda yang masuk ke dalam diamagnetik adalah, bismut, emas dan merkuri
  3. Benda magnet keras yaitu benda yang sangat sulit untuk dijadikan magnet, namun setelah bisa menjadi magnet sifat dari kemagnetannya bisa tersimpan dengan cukup lama. Contoh benda yang masuk ke dalam kategori magnet keras adalah kobalt, alkomak dan baja
  4. Benda magnet lunak yaitu benda yang sangat mudah untuk dijadikan magnet, namun tidak bisa menyimpan sifat kemagnetan dengan lama. Contoh benda yang masuk ke dalam kategori magnet lunak adalah besi.
Baca Juga:   Sistem Kerja Pompa Air

Apa yang dimaksud dengan medan magnet?

Di dalam ilmu fisika, bahwa yang dimaksud dengan medan magnet yaitu sebuah Medan yang terbentuk dengan cara menggerakkan muatan listrik ataupun arus listrik yang bisa menimbulkan munculnya gaya pada muatan listrik yang bergerak tersebut. Medan magnet juga disebut dengan istilah Medan vektor, yakni sangat erat kaitanya dengan titik-titik yang ada pada ruang vektor yang bisa berubah tergantung dari waktunya. Tentunya, arah dari medan magnet tersebut adalah seimbang dengan arah dari jarum kompas yang terletak pada Medan tersebut.

Contoh aplikasi medan magnet

Untuk lebih jelasnya, Mari kita lihat beberapa contoh nyata tentang penerapan medan magnet di kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah sejumlah contoh aplikasi medan magnet yang kerap kali kita temukan di kehidupan sehari-hari.

1. Kegiatan pengambilan benda-benda yang terbentuk dari logam

Apakah Anda masih ingat bahwa sejumlah benda bisa ditarik menggunakan magnet? Sebuah benda yang bisa ditarik dengan cukup kuat menggunakan magnet merupakan benda yang terbentuk dari logam, misalnya adalah nikel, baja dan besi. Dengan penerapan sifat seperti itu, maka magnet bisa dipakai pada sejumlah peralatan guna memudahkan proses pengambilan benda yang terbentuk dari logam. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah alat untuk mengangkut besi tua, tang, obeng dan gunting.

Apakah anda mengetahui bahwa sejumlah tang, obeng dan gunting mempunyai magnet di setiap ujungnya? Setiap dari ujung gunting memang sengaja dibuat memiliki magnet supaya lebih mudah digunakan untuk mencari atau mengambil jarum. Ujung dari obeng juga dibuat memiliki magnet supaya sekrup yang hendak dipasang bisa menempel pada ujung obeng tersebut sehingga memudahkan proses pemasangannya.

Demikian juga pada alat pengangkut besi tua yang menggunakan elektromagnet dimana dialiri oleh arus listrik yang kuat guna bisa mengangkut besi besi tua. Besi besi tua tersebut akan selalu menempel pada alat pengangkut selama alat tersebut teraliri oleh arus listrik. Jika arus listrik diputuskan, maka tentunya besi tua tersebut akan berjatuhan.

Alat tersebut juga tentunya memiliki fungsi guna memisahkan antara baja atau besi tua dengan sejumlah benda lain yang terbentuk dari bukan logam. Nantinya, baja dan besi tua yang telah disortir akan dilebur dan akan dibentuk kembali menjadi berbagai macam peralatan lainnya.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Refrigerasi Atau Sistem Pendingin

2. Sebagai penunjuk arah

Magnet bisa dipakai guna menunjukkan arah disebabkan karena kutub-kutub pada magnet selalu menunjukkan ke arah selatan dan Utara. Alat yang menggunakan sifat dari kemagnetan tersebut yaitu Kompas. Kompas merupakan sebuah alat penunjuk arah mata angin. Pada kompas ada komponen magnet yang memiliki bentuk seperti jarum dan selalu menunjukkan ke arah selatan dan Utara. Oleh sebab itu tentunya bisa dipakai guna menunjukkan arah dari mata angin. Kompas dipakai oleh para pendaki gunung, pelaut, serta pilot di dalam mempermudah mendapatkan informasi arah jalan.

3. Membantu proses perubahan energi

Apakah anda pernah memperhatikan peralatan seperti radio dan televisi? Apakah Anda bisa mendapatkan posisi magnet pada sejumlah peralatan tersebut? Walaupun tidak terlihat, sejumlah peralatan yakni radio dan televisi memakai magnet pada bagian speaker atau pengeras suaranya. Adapun fungsi dari magnet di speaker yaitu guna mengubah energi listrik menjadi energi suara atau bunyi.

4. Untuk menghasilkan listrik

Magnet bisa digunakan untuk menghasilkan listrik dalam jumlah yang kecil maupun jumlah yang besar. Salah satu contoh alat yang memakai magnet guna menghasilkan listrik adalah dinamo baik itu pada sepeda maupun kendaraan bermotor. Pada dinamo sepeda, tentunya listrik yang dihasilkan oleh magnet tersebut cukuplah kecil, hanya bisa digunakan untuk menyalakan lampu pada sepeda tersebut.

5. Untuk merapatkan dua benda

Apakah anda pernah memperhatikan pintu dari kulkas, apa yang menyebabkan pintu dari kulkas bisa menutup dengan rapat dan kuat? Hal tersebut disebabkan karena pada sekeliling Sisi pintu lemari es atau kulkas tersebut ada magnetnya. Sebuah magnet yang berukuran panjang ditempatkan pada karet di sepanjang pintu kulkas. Kulkas yang terbuat dari baja sehingga akan membuat magnet bisa menutup pintu kulkas tersebut dengan rapat pada saat Anda menutupnya. Pintu kulkas yang tertutup rapat bisa berfungsi untuk menjaga temperatur pada kulkas tersebut menjadi Tetap dingin sehingga minuman dan makanan yang ada di dalamnya akan tetap dalam kondisi segar.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Sejumlah benda yang lainnya yang memakai magnet yaitu tas dan kotak pensil. Adanya magnet bisa menjaga tas dan kotak pensil tertutup dengan rapat sehingga sejumlah benda yang ada didalamnya tidak akan mudah jatuh. Beberapa pintu juga memakai magnet supaya pintu tidak mudah menutup apabila terkena tiupan angin yang cukup besar. Magnet Magnet tersebut diletakkan di bagian balik pintu dengan besi maupun baja yang menempel pada bagian belakang pintu tersebut.

6. Untuk menggantikan roda di kereta api maglev

Istilah kereta api jenis maglev yaitu kereta api generasi modern sekarang ini yang tidak lagi memakai roda sebagai namun memakai magnet. Kereta api jenis Maglev bisa bergerak melayang pada permukaan Rel yang terbuat dari magnet. Oleh sebab itulah maka kereta api tersebut dikenal dengan istilah maglev dimana istilah maglev tersebut memiliki kepanjangan dari magnetic levitation Dan artinya adalah mengapung di atas magnet.

Di samping beberapa contoh aplikasi medan magnet di atas, ternyata masih cukup banyak penerapan dari medan magnet di antaranya adalah pada kartu kredit ataupun kartu ATM yang mempunyai jalur magnet yang isinya adalah informasi. Disamping itu, ada pula media rekam magnetik pada tape HVS yang mana memiliki golongan tape yang memiliki magnet. Sejumlah informasi dan data Pada saat memproduksi suara maupun video disandingkan atau dikodekan di lapisan yang mengandung magnet di tape.

Disamping itu, ada pula kaset audio Compact yang didalamnya terkandung magnet guna menghasilkan suara atau audio. Ada pula peralatan elektronika yang bernama trafo atau transformator dimana Transformator adalah sebuah perangkat yang mampu untuk mengubah energi listrik di antara dua perangkat yang terpisah memakai listrik melalui konektor magnet.

Demikianlah penjelasan singkat tentang aplikasi medan magnet yang cukup sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan, sedikit informasi tentang penerapan dari medan magnet diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi pengunjung sekalian. Rumah kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *