Home / Pendidikan / Arti Dari Artikel Dilihat Dari Beberapa Sumber

Arti Dari Artikel Dilihat Dari Beberapa Sumber

Apakah anda sudah mengetahui apa arti dari artikel? Memang, kata artikel seringkali kita dengar atau bahkan kita sebut. Lantas, apakah maksud atau pengertian dari artikel tersebut? Artikel merupakan salah satu karya tulis yang dibuat dan dirancang guna bisa dimuat di dalam buku kumpulan artikel maupun jurnal yang ditulis dengan menggunakan metode ilmiah serta mengikuti sejumlah pedoman maupun konvensi ilmiah yang sebelumnya sudah ditetapkan atau disepakati.

Arti Dari Artikel Dilihat Dari Beberapa Sumber

Tentunya, artikel ilmiah bisa diangkat dari kegiatan penelitian yang dilakukan dilapangan, hasil pengembangan proyek, sampai dengan hasil kajian dan pemikiran pustaka. Apabila dilihat dari sisi sistematika isi dan penulisannya, maka artikel bisa dibagi menjadi 2, yakni non artikel penelitian dan artikel hasil penelitian.

Sementara itu, makalah merupakan salah satu karya tulis yang berisi pemikiran mengenai sebuah masalah maupun topik khusus yang ditulis dengan cara runtut dan sistematis dan juga disertai dengan hasil analisis yang obyektif dan logis. Makalah ditulis guna disajikan di dalam forum ilmiah serta sejumlah tugas terstruktur. Sementara itu, laporan penelitian adalah sebuah karya ilmiah yang didalamnya berisi sejumlah paparan mengenai sejumlah proses dan sejumlah hasil yang sudah diperoleh pada sebuah kegiatan penelitian.

Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Dasar Yang Tepat Untuk Anak

Ciri-Ciri Dari Artikel

Untuk tahap berikutnya, marilah kita bahas mengenai sejumlah ciri-ciri artikel. Berdasarkan apa yang sudah diterangkan di depan bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis yang dirancang guna bisa dimuat di dalam buku kumpulan artikel atau jurnal yang ditulis dengan menggunakan tata cara yang cukup ilmiah serta mengikuti sejumlah konversi ilmiah dan pedoman yang sudah disepakati. Artikel ilmiah tentunya dibedakan menjadi artikel non penelitian dan artikel penelitian.

Karakteristik dari kedua artikel ilmiah tersebut diantaranya adalah:

1. Karakteristik artikel penelitian

Artikel merupakan sebuah karya tulis yang dirancang serta dimana tujuannya akan dimuat ke dalam buku kumpulan artikel maupun jurnal yang ditulis dengan menggunakan metode ilmiah serta mengikuti konversi ilmiah atau pedoman yang sudah ditetapkan atau disepakati sebelumnya. Dengan dasar pengertian itulah, maka ada sejumlah ciri artikel ilmiah diantaranya adalah (1) sistematika proses penulisan yang didalamnya terdiri dari bagian dan subbagian.

Contohnya adalah sebuah kajian pustaka adalah kajian awal dari artikel tanpa menggunakan judul subbab dari kajian pustaka, (2) didalamnya hanya berisi sejumlah hal yang penting-penting saja, termasuk adalah mengenai temuan penelitian, proses pembahasan dari temuan atau hasil penelitian serta kesimpulan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Sementara itu, proses penulisan dari artikel bisa ditempuh dengan 3 langkah, yakni (1) artikel jurnal adalah salah satu dari artikel yang ditulis dengan susunan yang ditujukan untuk proses penelitian swadana, di mana proses penulisan artikel nya tidak memakai sistem abjad maupun angka, (2) artikel dibuat setelah proses pembuatan laporan teknis, (3) artikel dibuat sebelum adanya laporan teknis dengan sejumlah tujuan guna mendapatkan masukan.

Sebagai bentuk dari karya ilmiah, maka artikel dibuat dan ditulis dengan mengikuti adanya sistematika penulisan, yaitu adanya judul berupa nama penulis, bagian sponsor, bagian kata kunci atau abstrak, bagian pendahuluan, bagian metode, bagian hasil, bagian pembahasan, bagian kesimpulan, bagian saran, bagian daftar pustaka atau daftar rujukan.

Karakteristik dari artikel non penelitian

Acuan dari artikel non penelitian adalah kepada segala macam jenis artikel ilmiah di mana artikel tersebut bukanlah merupakan sebuah laporan dari hasil penelitian. Adanya ketentuan dari penulisan artikel non penelitian adalah sama dengan ketentuan yang ada pada proses penulisan makalah pendek dengan panjang halaman tidak lebih dari 20 lembar. Namun hal tersebut tentunya dikecualikan di dalam pembuatan makalah pendek kata kunci atau abstrak yang tidak wajib ada.

Baca Juga:   Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

Adapun sistem penulisan dari artikel non penelitian tentunya tidak memakai penomoran abjad atau angka. Artikel non penelitian haruslah berisi sejumlah hal yang sangat esensial dan tentunya jumlah halaman berkisar antara 10 sampai dengan 20 lembar. Bagian-bagian pokok yang wajib ada di dalam artikel non penelitian yaitu adalah bagian judul, bagian penulis, bagian kata kunci atau abstrak, bagian pendahuluan, bagian inti, bagian penutup serta bagian daftar rujukan.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai arti dari artikel secara umum apabila dilihat dari jenisnya. Apabila kita lihat secara umum maka artikel dikategorikan menjadi dua macam yaitu artikel penelitian dan artikel non penelitian. Kesemuanya tentunya sudah dijabarkan diatas dengan cukup jelas. Mudah-mudahan, segala macam informasi mengenai artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Jadwal Pelajaran Android

Aplikasi Jadwal Pelajaran Android Paling Menarik

Perkembangan smartphone berbasis Android sangatlah besar dan Hampir semua kalangan menggunakannya, termasuk adalah para siswa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *