Home / Umum / Sosial / Arti Dari Manusia Yang Layak Untuk Dimengerti

Arti Dari Manusia Yang Layak Untuk Dimengerti

Halo teman-teman sekalian, apa kabar? Pada kesempatan kali ini ijinkan saya membahas materi tentang arti dari manusia khusus untuk para sobat semuanya. Tentunya, daripada tidak ada kerjaan, maka alangkah baiknya teman-teman sempatkan untuk membaca ulasan berikut ini karena pastinya akan memberikan manfaat buat teman-teman semuanya.

Arti Dari Manusia Yang Layak Untuk Dimengerti

Arti Dari Manusia

Apakah sebenarnya arti dari manusia itu? Apabila dilihat dari sisi bahasa, bahwa kata manusia memiliki asal dari kata manu yang merupakan bahasa Sansekerta dan Men’s yang berasal dari bahasa latin. Artinya adalah makhluk yang berakal budi, berakal budi atau berfikir. Tentunya dengan bahasa lain yakni mampu menguasai makhluk yang lainnya.

Apabila kita lihat secara umum, Manusia merupakan makhluk sosial dimana senantiasa memerlukan keberadaan orang lain. Oleh sebab itulah, manusia selalu memerlukan interaksi dengan manusia yang lainnya pula.

Koentjaraningrat Yang merupakan salah satu antropologi Indonesia mengungkapkan bahwa masyarakat merupakan satu kesatuan hidup dari manusia yang selalu berinteraksi berdasarkan sebuah sistem dari adat-istiadat tertentu yang memiliki sifat terus-menerus serta terikat pada sebuah rasa identitas bersama.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia

Koentjaraningrat Tentunya mengemukakan pandangan tersebut dengan alasan untuk menegaskan bahwasanya pada masyarakat tercipta sejumlah komponen yang saling berinteraksi dengan cara terus-menerus berdasarkan dengan sistem norma serta sistem nilai yang digunakannya. Kegiatan interaksi antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya bisa terjadi dari setiap individu dengan individu yang lainnya, dari individu dengan kelompok serta antar kelompok dengan kelompok yang lainnya.

Arti Dari Manusia Menurut Sejumlah Ahli

Marilah kita lanjutkan pembahasan mengenai definisi serta pengertian kata manusia dari sejumlah ahli

1. Arti dari manusia menurut Nicolaus. D dan A.Sidiarjo

Menurut mereka bahwa yang namanya manusia merupakan Bhinneka, namun tetap tunggal. Disebut Bhineka Karena manusia memiliki jasmani serta rohani, namun bersifat tunggal karena jasmani serta rohani merupakan satu bagian.

2. Arti dari manusia menurut abineno J I

Menurut dia bahwa manusia merupakan sebuah tubuh yang memiliki jiwa Namun bukan Jiwa Yang Abadi yang berada maupun yang terbungkus pada sebuah tubuh yang fana

3. Arti dari manusia menurut upanisads

Menurut dia bahwa arti dari manusia merupakan sebuah kombinasi dari sejumlah unsur mulai dari badan, fisik, Prana, pikiran, jiwa, serta roh atau Atman.

Baca Juga:   Biografi Tentang Ayah Sebagai Inspirasi

4. Arti dari manusia menurut socrates

Menurut dia bahwa manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki kaki 2 serta tidak memiliki bulu dengan memiliki kuku datar serta lebar.

5. Arti dari manusia menurut kees bertens

Menurut dia bahwa manusia merupakan suatu makhluk yang diciptakan dari 2 buah unsur yang Kesatuannya tidak bisa dinyatakan

6. Arti dari manusia menurut I Wayan watra

Menurut dia bahwa manusia merupakan makhluk yang bersifat dinamis dengan memiliki sifat Trias dinamika, yaitu Cipta, rasa, serta Karsa.

7. Arti dari manusia menurut Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany

Menurut dia bahwa manusia merupakan makhluk yang memiliki sifat paling mulia, di mana Manusia merupakan makhluk yang bisa berpikir, serta Manusia merupakan makhluk yang mempunyai tiga dimensi, yakni ruh akal serta badan. Manusia itu juga Memiliki proses pertumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya faktor lingkungan dan keturunan.

8. Arti dari manusia menurut Erbe Sentanu

Manusia merupakan makhluk yang paling baik dari ciptaan- Nya. Bisa dikatakan pula bahwa manusia merupakan ciptaan tuhan yang paling sempurna Apabila dibandingkan dengan sejumlah makhluk yang lainnya

Baca Juga:   Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

9. Arti dari manusia menurut Paula J. C & Janet W. K

Manusia merupakan makhluk yang memiliki sifat terbuka, memiliki kebebasan di dalam memilih sejumlah makna dalam sebuah kondisi dan situasi, serta memiliki tanggung jawab terhadap keputusan yang hidup secara berkelanjutan dan juga turut di dalam menyusun sebuah Pola yang berkaitan serta unggul di dalam multidimensi dengan sejumlah kemungkinan.

Dari sejumlah arti manusia menurut beberapa ahli maka bisa diambil kesimpulan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki sifat saling memerlukan orang lain. Oleh sebab itulah Maka manusia selalu memerlukan interaksi dengan masyarakat yang lainnya pula.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai arti dari manusia yang sebenarnya. Sebagai bagian dari masyarakat umum, maka tentunya kita wajib untuk selalu berinteraksi dengan masyarakat lainnya sehingga kita bisa menjadi manusia yang seutuhnya dan sebaik-baiknya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pada Sebuah Negara

Apakah anda memahami Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara? Ada kemungkinan pertanyaan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *