Home / Umum / Sosial / Arti Dari Masyarakat Menurut Beberapa Ahli

Arti Dari Masyarakat Menurut Beberapa Ahli

Terdapat beberapa ahli yang mengartikan atau mendefinisikan arti dari masyarakat. Akan tetapi, apabila dilihat dari sisi umum bahwa masyarakat memiliki arti yakni sekumpulan individu yang bekerjasama, hidup bersama guna mendapatkan kepentingan bersama di mana sudah mempunyai norma-norma, tatanan kehidupan serta adat kebiasaan yang wajib untuk ditaati pada lingkungannya.

Arti Dari Masyarakat Menurut Beberapa Ahli

Kata masyarakat merupakan sebuah kata yang berasal dari kata Society yang mana kata tersebut diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah masyarakat. Sementara itu kata Society itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yakni societas yang artinya adalah kawan. Sementara itu, masyarakat merupakan sebuah kata yang asalnya dari bahasa Arab, yakni musyarak.

Arti dari masyarakat itu sendiri dibagi menjadi dua, yakni pengertian masyarakat dalam ruang lingkup yang sempit dan pengertian masyarakat dalam ruang lingkup yang luas. Arti kata masyarakat dalam arti yang luas yakni semua hubungan hidup yang dilakukan bersama dengan tanpa adanya batasan bangsa, lingkungan dan lain sebagainya. Sementara itu, pengertian dari arti masyarakat dalam ruang lingkup yang sempit yakni sekelompok individu yang terdapat batasan dari sisi teritorial, bangsa, golongan dan lain sebagainya.

Arti dari masyarakat juga bisa didefinisikan sebagai sebuah kelompok orang yang sudah terorganisasi karena mempunyai kesamaan tujuan. Arti dari masyarakat yang disederhanakan yakni sekumpulan manusia yang Selalu bergaul maupun berinteraksi guna mendapatkan tujuan yang sama. Proses terbentuknya masyarakat tentunya disebabkan karena setiap manusia memakai pikiran, perasaan serta keinginan yang dimilikinya sehingga memberikan sebuah reaksi pada lingkungannya.

Arti Dari Masyarakat Menurut Beberapa Ahli

  1. Arti dari masyarakat berdasarkan definisi dari Paul B Horton yang menyampaikan bahwa arti dari masyarakat merupakan sekelompok manusia yang memiliki sifat Mandiri, yang bisa hidup secara bersama-sama dan berlangsung cukup lama, serta mendiami sebuah wilayah tertentu dan mempunyai kebudayaan yang sama dan mampu untuk mengerjakan sebagian besar aktivitas pada kelompok tersebut.
  2. Sementara itu, Abdul Syani mendefinisikan arti dari masyarakat yakni bersama, berkumpul serta hidup bersama dengan saling berinteraksi dan bisa saling mempengaruhi.
  3. Richard T. Schaefer serta Robert P. Lamm Mengemukakan mengenai definisi dari masyarakat yakni sekelompok besar orang yang menempati wilayah yang sama serta relatif bersifat independen dari kelompok orang yang berada di luar serta mempunyai budaya yang cenderung sama.
  4. Soerjono Soekanto memiliki pendapat mengenai arti dari masyarakat yakni sebuah proses terjadinya sebuah interaksi sosial di mana proses interaksi sosial tersebut tidak akan pernah bisa terjadi ketika tidak memiliki dua syarat, yakni komunikasi dan kontak sosial.
  5. Pengertian dari masyarakat yang berikutnya didefinisikan oleh John J macionis di mana dia mendefinisikan kata masyarakat yakni sekelompok orang yang selalu berhubungan di dalam sebuah kawasan tertentu serta mempunyai budaya yang sama.
  6. Sementara itu, Gillin memiliki pendapat sendiri mengenai arti dari masyarakat yakni sebuah kelompok manusia yang memiliki sikap, tradisi serta perasaan persatuan yang selalu diikat oleh sebuah kebersamaan.
  7. Harton Hount mampu mendefinisikan arti dari masyarakat yaitu sebuah organisasi yang terdiri dari manusia dimana memiliki sifat saling berhubungan
  8. Selo Soemardjan memiliki pandangan tentang arti dari masyarakat yakni sejumlah orang yang dapat hidup bersama serta bisa menghasilkan sebuah kebudayaan.
  9. Mark Weber mempunyai pendapat tentang definisi dari masyarakat yang mana masyarakat mempunyai ciri-ciri atau karakteristik yang bisa membuat kita menjadi lebih mudah di dalam memahami arti dari masyarakat itu sendiri. Karakteristik atau ciri-ciri dari masyarakat yang dimaksud adalah mempunyai kawasan tertentu, bisa menghindari atau menghadapi musuh secara kolektif, memiliki tehnik pada saat berkomunikasi, munculnya sebuah diskriminasi terhadap warga masyarakat dan juga bukan warga masyarakat pada kelompok tertentu, masing-masing dari anggota masyarakat bisa beraktivitas dan bereproduksi.
Baca Juga:   Biografi Tentang Orang Tua

Unsur-unsur pada sebuah masyarakat

Beberapa unsur yang wajib ada di dalam masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Wajib terdapat perkumpulan manusia yang jumlahnya banyak
  2. Memiliki tempat tinggal dan sudah berada pada tempat tinggal tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama
  3. Dimilikinya undang-undang atau aturan yang mengikat masyarakat guna bisa menuju kepada tujuan dan kepentingan bersama

Cara terbentuknya masyarakat:

  1. Masyarakat natur merupakan sebuah masyarakat yang mana Muncul dengan sendirinya, contohnya adalah suku atau stam, geromboklan atau harde, dimana selalu Berkaitan dengan keturunan dan hubungan darah
  2. Masyarakat kultur merupakan masyarakat yang muncul karena disebabkan adanya kepentingan akan kepercayaan dan tujuan keduniaan.

Dua tipe masyarakat dilihat dari sudut pandang antropologi:

  1. Masyarakat yang belum terlalu kompleks atau masyarakat kecil. Masyarakat ini Tentunya belum mengenal Adanya pembagian kerja, tidak mengenal adanya tulisan, serta teknologi yang ada di dalamnya masih sederhana.
  2. Masyarakat yang sudah Kompleks dimana di dalam masyarakat tersebut sudah berjalan proses spesialisasi pada sejumlah bidang kemasyarakatan, hal tersebut disebabkan karena dimilikinya pengetahuan modern, teknologi yang sudah cukup berkembang serta sudah mengenal adanya tulisan.
Baca Juga:   Contoh Peraturan Di Rumah

Ciri-ciri yang ada pada sebuah masyarakat:

  1. Adanya pengelompokan secara individu
  2. Adanya proses interaksi dari sejumlah individu yang merupakan anggota masyarakat
  3. Memiliki sejumlah aturan yang bisa mengatur perilaku sejumlah anggota masyarakat
  4. Setiap individu sebagai bagian dari kesatuan mengembangkan, mendukung serta meneruskan Adanya kebudayaan

Kebutuhan-kebutuhan di dalam masyarakat

Sistem adaptif merupakan sebuah anutan yang dimiliki oleh masyarakat yang mana sistem tersebut tentunya mudah di dalam menyesuaikan diri dengan sejumlah keadaan. Oleh sebab itulah maka masyarakat merupakan salah satu wadah guna memenuhi sejumlah kepentingan tertentu guna bisa bertahan. Disamping itu, masyarakat juga tentunya memiliki sejumlah keperluan yang wajib untuk dipenuhi supaya masyarakat tersebut bisa hidup secara berkelanjutan. Kebutuhan-kebutuhan di dalam masyarakat diantaranya adalah:

  1. Masyarakat memerlukan populasi
  2. Masyarakat memerlukan energi
  3. Masyarakat memerlukan adanya sistem pengendalian dari sisi sosial
  4. Masyarakat memerlukan sistem pengendali di dalam organisasi sosial
  5. Masyarakat memerlukan sistem distribusi
  6. Masyarakat memerlukan sistem produksi
  7. Masyarakat memerlukan sistem komunikasi
  8. Masyarakat memerlukan materi
  9. Masyarakat memerlukan proses perlindungan dari adanya ancaman yang ditujukan kepada harta dan jiwanya
Baca Juga:   Arti Dari Modus ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Fungsi dari sosial masyarakat

Raymond firth menyampaikan bahwa ada empat faktor yang sangat penting yang mana bisa menunjukkan sebuah eksistensi serta fungsi sosial dari sebuah masyarakat, yakni:

  1. Social alignment dimana didalam social alignment tersebut terdapat juga sebuah struktur sosial dalam arti yang cukup sempit Dimana merupakan sebuah sistem pengelompokan individu berdasarkan kekerabatan, umur, jenis kelamin, serta sejumlah bentuk perkumpulan dengan dasar kepada pekerjaan yang sama, status peranan, kedudukan, serta perkumpulan rekreasi.
  2. Social control yang digunakan untuk mengatur sejumlah kegiatan serta tingkah laku dari setiap anggota masyarakat. Sistem ini sering disebut pula dengan sistem pengendalian sosial yang memiliki fungsi guna mengendalikan sejumlah anggota masyarakat di dalam melangsungkan kehidupannya
  3. Sosial media merupakan perlengkapan atau peralatan, baik itu berwujud benda maupun berwujud bahasa yang bisa dijadikan sebagai media oleh masing-masing anggota masyarakat pada sejumlah aktivitas di dalam melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesama masyarakat yang lainnya
  4. Social standard merupakan kumpulan dari sejumlah ukuran sosial yang dipakai guna menentukan serta Memberikan penilaian terhadap sejumlah kegiatan maupun guna memberikan penilaian efektif atau tidaknya sebuah kegiatan

Itulah pembahasan mengenai arti dari masyarakat menurut sejumlah ahli beserta penjelasan lain yang berkaitan dengan masyarakat tersebut. Mudah-mudahan, penjabaran singkat pada artikel kali ini mampu memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada anda mengenai arti dari masyarakat secara umum sehingga kita bisa menjadi anggota masyarakat yang baik dan bisa berinteraksi di dalamnya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Halo apa kabar semuanya? Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan arti dari hakikat dan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *