Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Kerja Mesin Pendingin Pada Sepeda Motor

Cara Kerja Mesin Pendingin Pada Sepeda Motor

Pada mesin sepeda motor yang sedang bekerja tentunya akan terjadi peningkatan suhu sehingga menjadi lebih panas di mana panas tersebutlah yang nantinya akan dirubah menjadi energi kaset sehingga pada akhirnya bisa membuat mesin bisa bekerja dengan optimal. Akan tetapi, tentunya akan menjadi permasalahan ketika panas yang ditimbulkan tidak bisa terkendali.

Cara Kerja Mesin Pendingin Pada Sepeda Motor

Efek yang paling fatal dari kenaikan suhu mesin sepeda motor untuk itulah perlu adanya aktivitas guna menghindari suhu mesin sepeda motor yang naik tidak terkendali. Dibutuhkan adanya pendingin udara yang bisa digunakan untuk mendinginkan suhu mesin sepeda motor.

Sistem Kerja Pendingin Pada Sepeda Motor

  1. Pada saat mesin sepeda motor dinyalakan, maka bagian kipas pendingin yang sudah dipasang pada porosnya akan otomatis berputar sehingga udara bisa dihembuskan ke bagian sirip sirip pendingin.
  2. Sementara itu, sirkulasi udara di bagian sirip pendingin akan menyebabkan panas terikat oleh udara
  3. Bagian panas yang terikat itu kemudian akan dipindahkan ke udara bebas serta bisa menjadikan mesin memiliki suhu yang lebih dingin, akan tetapi cara kerja seperti di atas cukuplah efektif ketika mesin sepeda motor masih masuk ke dalam kategori sederhana. Artinya, proses pendinginan udara hanya bisa diterapkan pada sepeda motor yang masih dalam skala kecil.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kekurangan dan kelebihan pendinginan udara pada sepeda motor

1. Kelebihan pendinginan udara pada sepeda motor

a. Biaya yang lebih hemat

Artinya adalah tidak diperlukan bahan tambahan supaya proses pendinginan pada mesin sepeda motor bisa berlangsung secara optimal. Bisa dibandingkan dengan sepeda motor yang sudah menggunakan radiator yang tentunya membutuhkan cairan khusus yang harus dibeli.

b. Perawatan yang sederhana

Bahkan pada beberapa kasus, pendinginan mesin sepeda motor yang menggunakan udara tidak memerlukan perawatan sama sekali. Asalkan kondisi kisi-kisi atau sirip-sirip kipas dalam keadaan bersih, maka proses pendinginan akan tetap berlangsung dengan baik.

2. Kekurangan pendinginan udara pada sepeda motor

a. Akan mudah overheat apabila sering mengalami kemacetan

Di daerah perkotaan yang sering mengalami macet, maka rata-rata kinerja mesin sepeda motor akan terganggu karena mengalami overheat. Hal tersebut disebabkan karena rata-rata proses pendinginan mesin sepeda motor juga dibantu dari aliran udara yang bergerak. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar menjaga rpm mesin supaya tidak terlalu tinggi pada saat terjebak macet sehingga mesin sepeda motor bisa tetap dingin hanya dengan mengandalkan kipas saja.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara kerja mesin pendingin pada sepeda motor yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda membaca posting di atas, maka anda bisa lebih memaksimalkan kinerja dari mesin pendingin pada sepeda motor sehingga pada akhirnya suhu dari mesin sepeda motor anda akan tetap terjaga dengan baik dan anda akan lebih mendapatkan kenyamanan di dalam berkendara. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator Vixion menyala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *