Home / Elektronika / Cara Memasang Genset Ke Instalasi Rumah

Cara Memasang Genset Ke Instalasi Rumah

Cara memasang genset ke instalasi rumah kita tentunya perlu dipelajari setelah kita memutuskan untuk memakai genset sebagai alat listrik cadangan di rumah untuk menggantikan posisi listrik PLN apabila suatu saat mengalami pemadaman. Tentunya, untuk bisa memasang ataupun melakukan instalasi genset ke rumah bukanlah perkara yang mudah untuk dikerjakan. Terlebih, Apabila Anda masih awam di bidang kelistrikan ataupun elektronika, maka tentunya anda akan mengalami kesulitan di dalam cara memasang genset ke listrik rumah.

genset rumah

Secara umum, kita tidaklah diijinkan ataupun diperbolehkan secara langsung menyambungkan aliran listrik dari mesin genset kepada jaringan listrik di rumah kita. Apabila hal tersebut adalah ku kan, tentunya bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal apabila secara tiba-tiba listrik PLN kembali menyala namun genset masih tersambung secara langsung di jaringan listrik rumah. Cara instalasi genset ke jaringan rumah tentunya bisa kita pelajari walaupun cenderung terlihat sulit.

Namun demikian dengan panduan yang akan saya berikan, maka anda bisa mencoba sendiri untuk mempraktekkan Bagaimana cara instalasi genset ke jaringan rumah tanpa harus memanggil teknisi. Berikut ini adalah ulasan langkah demi langkah cara memasang genset di rumah sebagai referensi anda di dalam proses pemasangan genset di rumah.

Cara instalasi genset di rumah bisa diawali dengan cara mempersiapkan berbagai macam alat yang dibutuhkan. Beberapa alat yang wajib Anda sediakan terlebih dahulu sebelum anda memulai proses pemasangan genset ke instalasi listrik rumah adalah saklar Ohm, klem untuk saklar dengan beberapa ukuran, tang, isolatip, tespen, kabel berkualitas baik sesuai dengan kebutuhan dan juga obeng. Mungkin saja penyebutan alat yang saya maksud tersebut berbeda dengan yang anda ketahui. Untuk itulah, di bawah ini adalah gambar dari peralatan yang anda butuhkan Sehingga nantinya Anda bisa menyebutkan sendiri sesuai dengan pemahaman yang anda miliki. Disamping itu, kami sertakan pula diagram blok Bagaimana cara memasang instalasi listrik di rumah menggunakan genset.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum
Rangkaian dan skema Cara Memasang Genset Ke Instalasi Rumah
Rangkaian dan skema Cara Memasang Genset Ke Instalasi Rumah
saklar besar atau saklar ohm
Saklar besar atau saklar ohm

Setelah anda menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memahami Bagaimana cara memasang genset di rumah. Saklar yang sudah anda sediakan tersebut berguna untuk memilih atau menentukan aliran listrik mana yang hendak digunakan menuju ke instalasi listrik di dalam rumah. Apakah akan menggunakan aliran listrik dari genset atau menggunakan aliran listrik dari PLN.

Pada saklar tersebut, rata-rata disediakan 3 posisi bagian guna memilih beban, yaitu bawah, Tengah dan atas. Apabila posisi saklar ada di bagian tengah, maka rata-rata posisi tersebut digunakan pada posisi Netral. Kondisi ini menandakan bahwa tidak ada arus listrik yang dialirkan ke instalasi rumah. Selanjutnya, posisi atas dan posisi bawah pada saklar disesuaikan dengan keinginan Anda ataupun selera masing-masing. Anda bisa menggunakan posisi atas saklar untuk aliran listrik dari PLN dan menggunakan posisi bawah saklar untuk aliran listrik dari genset. Namun, sekali lagi bahwa posisi atas dan posisi bawah pada saklar Ohm tersebut bisa anda atur sendiri sesuai selera masing-masing.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Tahap berikutnya adalah ke bagian pemasangan dari kabel kabel yang berada pada saklar Ohm atau saklar besar. Sebagai contoh, anda akan menggunakan posisi atas untuk jaringan listrik PLN dan posisi bahwa untuk jaringan dari genset. Pada Tahapan pertama, kita bisa melakukan perakitan ataupun pemasangan jalur terlebih dahulu untuk listrik yang berasal dari genset. Silahkan anda pasang kabel yang berasal dari genset menuju ke posisi bawah pada saklar besar. Anda harus mengecek dan memastikan bahwa pemasangan kabel kabel tersebut sudah benar dan tertata dengan rapi.

Tahap berikutnya, silahkan anda matikan aliran listrik yang berasal dari PLN termasuk lakukan pemutusan dari jalur utamanya. Lakukan pemasangan kabel pada posisi atas di saklar besar. Selanjutnya, silakan Anda hubungkan jalur yang berada pada output saklar besar tersebut menuju ke jaringan instalasi di rumah anda.

Supaya kita tidak perlu mematikan beban-beban listrik yang ada di dalam rumah pada saat kita hendak menyalakan genset, maka dianjurkan untuk memasang sejumlah MCB setelah pemasangan saklar besar.Tujuan lain adalah guna mempermudah di dalam mengurangi penggunaan arus listrik yang berasal dari genset. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi dari kemungkinan kekuatan genset yang kita miliki tidaklah mampu untuk menyalakan seluruh beban listrik yang ada di dalam rumah.

Setelah proses pemasangan seluruh kabel selesai dan terpasang dengan baik dan benar serta rapi, maka tahapan terakhir adalah menutup saklar besar tersebut dengan penutup yang sudah disediakan di bagian luarnya. Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menyalakan listrik yang berasal dari PLN lewat MCB yang terpasang di KWH meter. Posisikan saklar besar ada di bagian atas yang mana posisi tersebut adalah untuk memilih aliran listrik yang akan disalurkan ke instalasi rumah adalah yang berasal dari PLN. Pastikan juga bahwa MCB pembagi daya yang sudah terpasang setelah saklar besar pada posisi ON.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Headset

Apabila anda hendak menyalakan genset, maka sangat disarankan untuk mematikan terlebih dahulu MCB pembagi daya yang terpasang setelah saklar besar. Selanjutnya, silakan Anda pindahkan posisi saklar besar ke bagian bawah, kemudian silahkan anda lanjutkan untuk menyalakan mesin genset. Setelah mesin genset hidup beberapa menit, maka silahkan anda lanjutkan dengan menaikkan MCB pembagi daya ke posisi ON.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara instalasi genset lengkap dengan cara memasang genset di rumah yang bisa Anda coba praktekkan sendiri tanpa harus memanggil teknisi listrik. Selain mendapatkan ilmu tambahan didalam cara memasang genset di instalasi kelistrikan di rumah, anda tentunya juga bisa melakukan perbaikan sendiri ketika sistem kelistrikan genset yang ada di rumah anda memiliki masalah. Tentunya berbeda ketika proses pemasangan genset di rumah dilakukan oleh teknisi. Apabila suatu saat kelistrikan di rumah Anda bermasalah kabel maka tentunya Anda juga harus memanggil teknisi listrik untuk memperbaiki ingin. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

2 Komentar

  1. Makasih atas infonya sangat membantu..mim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *