Home / Umum / Manfaat / Cara Membuat Motor Bahan Bakar Air

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Air

Cukup banyak inovasi yang dikembangkan di dunia otomotif, salah satunya adalah cara membuat motor bahan bakar air. Bisa dikatakan air merupakan salah satu bahan bakar yang masih menjadi polemik. Sejumlah pihak tentunya masih mempertanyakan sebab belum mempercayai bahwasanya air bisa dengan begitu mudahnya digunakan sebagai bahan bakar untuk menjalankan mesin. Tentunya, bahan bakar air tidak langsung bisa digunakan untuk menghidupkan motor, namun harus diubah kedalam bentuk yang lainnya, yakni dalam bentuk gas.

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Air

Ir. Futung Mustari menyampaikan bahwasanya masyarakat awam masih merasa bingung, apa iya cairan bisa dibakar, Memangnya minyak. Ir. Futung Mustari Merupakan seorang penulis buku dengan judul rahasia bahan bakar air. Beliau sudah menemukan teknik Bagaimana menjadikan air dapat dibakar, namun harus diubah terlebih dahulu ke dalam bentuk gas. Gas hasil dari elektrolisa tersebut diberikan nama Brown gas, berdasarkan seorang penemu nya yakni Yull Brown ya lu berhasil dari Sidney, Australia pada tahun 1974.

Sejumlah kalangan tentu sudah berhasil di dalam melaksanakan proses elektrolisa tersebut, namun ilmu dan rangkaian tersebut masih tetap disimpan untuk dirinya sendiri. Hal yang berbeda untuk Hamzah Muh Ba’abud dan Futung. Mereka berdua dengan penuh semangat berbagi ilmu kepada siapa saja yang memiliki keingintahuan serta dapat membuat suatu proses elektrolisa sendiri. Tentunya mereka berdua selalu siap untuk menjabarkan rangkaian karyanya.

Hasil dari proses elektrolisa air akan memproduksi gas H-H-O. Hidrogen atau H tersebutlah yang nantinya akan dimasukkan ke dalam proses pembakaran di mesin kendaraan sehingga memproduksi tenaga. Untuk menciptakan tabung penghasil hidrogen maupun generator hidrogen sangatlah simple dan sederhana.

Bagian yang diperlukan adalah tabung, elektroda serta arus yang dapat diambil dari bagian spul motor. Tabung akan dipakai sebagai bagian penampung air. Bagian elektroda akan dibuat dari bahan lempengan maupun tabung stainless steel. Sementara itu, untuk bagian arus cukup dibuatkan suatu rangkaian yang berasal dari spul ke bagian tabung air yang nantinya akan dilanjutkan guna disalurkan ke bagian elektroda.

Baca Juga:   Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Disarankan, untuk bagian tabung memakai bahan dari kaca. Sebab, apabila terbuat dari plastik maka dikhawatirkan akan ikut bereaksi ketika diberikan arus, Sehingga nantinya gas hidrogen yang diproduksi menjadi kurang sempurna. Apabila kaca maka prosesnya akan lebih aman.

Selanjutnya, untuk bagian elektroda, apabila memiliki bentuk lempengan, maka harus dibuat beberapa lapis. Tentunya, apabila jumlah lempengan semakin banyak, maka gas hidrogen yang diproduksi juga akan semakin banyak. Apabila dibuat dalam bentuk tabung, maka bagian tersebut cukup terdiri atas dua lapisan yang terpisah.

Pada saat arus listrik masuk, maka dengan otomatis Unsur H dan unsur O yang ada pada air akan langsung memisahkan diri. Unsur hidrogen akan menuju ke kutub negatif, sementara itu unsur oksigen akan menuju ke kutub positif dari lempengan tersebut. Disebabkan telah memiliki bentuk gas, maka secara otomatis akan keluar dari dalam tabung, dan pada saat keluar itulah proses akan disalurkan.

Gas tersebut pada awalnya akan menuju ke bagian intake lalu akan bercampur degan hasil proses pengkabutan di karbu, agar lebih aman maka dilewatkan terlebih dahulu di bagian tabung buffer. Hal tersebut dilakukan agar apabila terdapat api balik yang berasal dari intake, maka tabung generator hidrogen tidak akan meledak.

Selanjutnya, setelah melalui bufer tadi, maka gas akan disalurkan ke dalam bagian intake. Kondisi tersebut haruslah membuat lubang intake agar bagian Selangnya dapat dimasukkan. Apabila rangkaian tersebut telah menyatu, maka anda bisa menikmati pengiritan serta tenaga yang dihasilkan akan jauh lebih besar.

Baca Juga:   Manfaat Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Bertenaga Dan Irit

Mengapa sepeda motor yang telah disuntikkan hidrogen akan lebih bertenaga dan irit? Dari proses uji coba yang telah dikerjakan, tingkat efisiensi bensin dapat mencapai angka 40%. Pada kegiatan Tes yang dilakukan di sepeda motor Suzuki Shogun, untuk menempuh jarak 56 KM dibutuhkan bensin 1 liter. Padahal, pada kondisi normal konsumsi bahan bakar sepeda motor tersebut untung 1 liter nya hanya mencapai jarak 40 km.

Disamping itu, tidak akan muncul gejala ngelitik yang artinya adalah Tidak bermasalah pada bagian tenaga. Hal itu dikarenakan hidrogen jauh lebih cepat terbakar serta menghasilkan ledakan yang cukup besar. Tentunya, efek yang dihasilkan adalah tarikan gas menjadi mantap dan terasa padat.

Disamping itu, pemakaian bahan bakar air juga tentunya amat ramah bagi lingkungan. Sepeda motor Shogun yang telah diuji coba menggunakan alat uji emisi di kantor Kementerian lingkungan hidup yang beralamat di Jalan DI Panjaitan, wilayah Jakarta Timur.

Hasil dari proses uji emisi tersebut adalah presentase kadar CO bisa menurun menjadi 1,39% dari awalnya adalah 2,22%. Termasuk adalah hidrokarbon atau HC yang mengalami penurunan drastis menjadi 299 ppm dari angka 542 ppm. Kedua buah unsur tersebut merupakan jenis racun yang amat berbahaya dari hasil proses pembakaran di mesin.

Sejumlah Fakta Mengenai Hidrogen

Gas hidrogen memiliki kecepatan terbakar 3600 kali jauh lebih cepat Apabila dibandingkan dengan bensin. Oleh sebab itulah, maka proses dari ledakan yang ada di dalam ruang bakar akan berjalan lebih cepat sehingga pada akhirnya akan membuat mesin sepeda motor lebih responsif.

Apabila terjadi ledakan di dalam ruang bakar, maka gas hidrogen akan menimbulkan panas yang jauh lebih dingin dibandingkan dengan bensin. Dengan demikian, suhu di dalam ruang mesin akan jauh lebih dingin Apabila dibandingkan dengan menggunakan sistem pembakaran bensin.

Baca Juga:   Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

Ledakan yang ditimbulkan dari hidrogen memiliki sifat implosif, bukan eksplosif. Maksudnya adalah hanya akan menimbulkan tenaga serta panas yang rendah. Ingatlah bahwa ledakan bom Hiroshima dan juga Nagasaki. Masing-masing memakai jenis bom hidrogen serta efek kerusakannya amatlah luar biasa yang diakibatkan oleh energi yang Telah dilepaskan pada ledakan tersebut.

Apabila memakai hydrogen, maka bagian dari ruang bakar harus dalam kondisi bersih. Hal tersebut disebabkan karena sifat dari gas hidrogen sangat amat mudah mengikat karbon. Padahal, tumpukan dari kotoran yang berada di ruang bakar merupakan tumpukan karbon. Apabila nantinya akan diikat oleh hidrogen dalam proses pembakaran, maka secara bertahap dan lama-kelamaan akan menjadi hilang dan pada akhirnya hasilnya lebih bersih.

Sampai dengan sekarang ini, belum dapat melaksanakan proses pembakaran hidrogen secara murni, namun masih tetap memerlukan bensin. Hamzah mengatakan bahwasanya secara teori dapat dilakukan, namun hal tersebut memerlukan syarat komponen bensin yang digunakan haruslah lebih kuat serta lebih dari kondisi internal mesin pada kendaraan. Contohnya adalah Titanium. Tujuannya adalah guna mencegah ledakan energi yang sangat kuat.

Pada takaran 1 air sebanyak 1 liter, maka akan dihasilkan produksi 1860 liter gas. Air di dalam tabung akan habis apabila telah mencapai jumlah gas tersebut.

Pada proses perawatannya, cukup ditambahkan air, tentunya dilakukan apabila takaran air sudah berkurang.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara membuat motor bahan bakar air yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan kali ini. Semoga saja, anda mampu untuk mengembangkan ilmu-ilmu baru yang sudah didapat Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Perkembangan dunia otomotif semakin canggih di mana ada sebuah konsep cara membuat motor bahan bakar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *