Home / Pendidikan / Cara Menghitung Diameter Lingkaran Dengan Cepat

Cara Menghitung Diameter Lingkaran Dengan Cepat

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk menjabarkan cara menghitung diameter lingkaran. Hal tersebut disebabkan karena rumus dari bangun datar lingkaran pada pelajaran matematika tentunya tidak akan bisa terlepas dari sejumlah aspek mengenai diameter lingkaran, keliling lingkaran dan juga jari-jari lingkaran sehingga ketika kita bisa selalu melihat aspek tersebut, maka penulis akan mencoba untuk menjabarkan secara detail tentang rumus dari diameter lingkaran satu demi satu.

Cara Menghitung Diameter Lingkaran

Contoh Soal Lengkap Dan Rumus Untuk Diameter Lingkaran

Pada sebuah bangun datar lingkaran tentunya memiliki garis dan lingkaran, diantaranya adalah apotema atau diameter lingkaran, keliling lingkaran, busur lingkaran, tali busur lingkaran dan juga jari-jari lingkaran. Sementara itu, pada pengertian keliling lingkaran di bangun datar yakni busur terpanjang yang ada pada bangun datar lingkaran.

Sementara itu arti dari jari-jari lingkaran pada bangun datar yakni garis lurus yang dapat menghubungkan lingkaran dengan titik pusat. Sementara itu, arti dari diameter lingkaran adalah tali busur paling besar yang memiliki panjang sekitar 2 kali dari jari-jari lingkaran serta diameter tersebut bisa membagi lingkaran yang memiliki luas sama.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Materi

Tentu, setelah anda berhasil memahami mengenai bangun datar lingkaran yang sudah disampaikan dengan cukup sederhana di bagian atas, selanjutnya Mari kita belajar untuk memahami mengenai cara menghitung diameter lingkaran lengkap dengan soal contohnya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwasanya pada proses mencari diameter lingkaran tersebut ada 3 rumus diameter lingkaran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat penjabarannya berikut ini.

1. Rumus pertama untuk menghitung diameter lingkaran serta contoh soal

Rumus pertama untuk menghitung diameter lingkaran yakni Pada saat Anda mengetahui keliling diameter lingkaran. Rumus yang bisa digunakan yakni:

D = k / π

Di mana d merupakan diameter lingkaran, k merupakan keliling lingkaran dan π merupakan ketetapan yakni 22/7 atau 3,14.

Contoh soal

Apabila ada suatu bangun datar berbentuk lingkaran yang memiliki keliling dengan ukuran 20 meter, berapakah diameter dari lingkaran tersebut?

Jawaban

D = k / π

D = 20 / 3.24

Sehingga akan didapat diameter atau d adalah 6.369

2. Rumus kedua untuk menghitung diameter lingkaran lengkap dengan contoh soalnya

Pada rumus kedua untuk mencari diameter lingkaran yakni apabila kita sudah mengetahui nilai dari jari-jari lingkaran tersebut. Rumus diameter lingkaran yang bisa digunakan adalah:

Baca Juga:   Cara Menghitung Cepat Pertambahan Di Mata Pelajaran Matematika

D = 2 x r

Di mana d merupakan diameter lingkaran dan r Adalah jari-jari lingkaran

Contoh soal

Ada suatu bangun datar berbentuk lingkaran yang memiliki jari-jari dengan ukuran 20 cm. Hitunglah Berapa diameter bangun datar pada lingkaran itu!

Jawaban

D = 2 x r

D = 2 x 20

Sehingga diameter pada lingkaran tersebut adalah d = 40 cm

3. Rumus ke 3 untuk menghitung diameter lingkaran lengkap dengan contoh soalnya

Rumus ketiga untuk mengetahui diameter lingkaran ketika kita sudah mengetahui nilai dari luas lingkaran tersebut. Untuk lebih detailnya, Mari kita lihat contoh soalnya.

Contoh soal

Ada suatu bangun datar berbentuk lingkaran yang memiliki luas lingkaran berukuran 78,5 m. Berapakah diameter dari lingkaran tersebut?

Langkah yang bisa dilakukan untuk menghitung diameter lingkaran adalah:

  • Carilah terlebih dahulu nilai dari jari-jari lingkaran tersebut
  • Setelah ditemukan jari-jarinya, lanjutkan dengan menghitung nilai diameternya

Jawaban:

R2 = L : π

R2 = 78.5 : 3.14

R2 = 25

R  = √25

R  = 5 m

Dengan demikian, maka diameter dari lingkaran bisa ditemukan dengan menggunakan metode berikut ini:

D = 2 * r

D = 2 * 5

Sehingga ditemukan bahwa diameter lingkaran atau d = 10 m

Baca Juga:   Cara Menentukan Elektron Valensi Dengan Konfigurasi Elektron

Sekian penjabaran singkat tentang cara menghitung diameter lingkaran serta beberapa contoh soal untuk menghitung diameter lingkaran tersebut khusus untuk pengunjung sekalian yang bisa penulis sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga saja sejumlah ulasan di atas bisa bermanfaat untuk seluruh pembaca, sebab tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sejumlah rumus untukdatar matematika lingkaran sangatlah penting, terutama untuk para pelajar baik di tingkat SD, SMP maupun SMA dan SMK. Semoga sukses untuk pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung 10 Persen Dan Nilai Persen Yang Lain

Cara Menghitung 10 Persen Dan Nilai Persen Yang Lain

Hai pembaca, pada kesempatan yang baik ini di mata pelajaran matematika akan dibahas tentang cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *