Home / Tips dan Trik / Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah Paling Cepat

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah Paling Cepat

Sebenarnya, cara menghitung dollar ke rupiah bukanlah perkara yang sulit dikerjakan. Lantaran, sekarang ini sudah banyak informasi mengenai kurs mata uang Dolar.Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara mengkonversi dollar ke rupiah dan juga mengkonversi mata uang yang lainnya ke dalam rupiah.

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah

Sebagai contoh, Wawan memperoleh kiriman uang dari orang tua mereka yang sedang Merantau di luar negeri lewat paket pengiriman uang Western Union senilai 100 USD.Apabila ingin dikonversikan, berapakah uang yang nantinya akan diperoleh Wawan dalam bentuk rupiah?

Contoh yang lainnya, Budi memiliki uang tabungan senilai 20 juta rupiah. Apabila hendak ditukar dengan mata uang Yen Jepang, Berapakah nilai uang Budi tersebut?

Cara menghitung Dollar ke Rupiah

Rata-rata, setiap masyarakat yang memperoleh Pertanyaan Seperti di atas akan melakukan perhitungan dengan cepat. Mereka tentunya akan menggunakan bantuan mesin pencari Google maupun situs converter yang lainnya. Selain itu, sebagian besar Ada pula yang menghitungnya dengan cara manual. Mereka akan mencari informasi tentang harga kurs uang yang hendak dikonversi, lalu mengalihkan ataupun membagi sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan

Cara menghitung dollar ke Rupiah atau ke mata uang yang lainnya dengan cepat

Melakukan perhitungan nilai tukar harga pada mata uanggoogle sangat cepat dan gampang. Pada Kolom pencarian mesin pencari Google, silakan Anda ketik saja perintah 100 USB to IDR. Setelah anda menekan tombol enter, maka mesin pencari Google akan menampilkan hasil konversinya untuk anda.

Hal tersebut mengartikan bahwa uang sebanyak 100 SD yang nantinya diterima Wawan adalah 1.315.789 rupiah. Demikian pula apabila hendak menghitung nilai uang yang dimiliki oleh Budi. Langkahnya adalah dengan mengetik perintah 20000000 IDR to JPY.

Cara menghitung Dollar ke Rupiah atau ke mata uang secara manual

Proses perhitungan secara manualmencari informasi harga dari Kurs uang yang hendak dikonversi ke, lalu dibagi atau dikali kan dengan memakai kalkulator. Walaupun terkesan tipe, namun ternyata cukup banyak yang memakai teknik tersebut.

Setelah kita tahu mengenai nilai kurs Dollar US ke Rupiah, misalnya ketika artikel ini dibuat diperoleh informasi 1 USD adalah 13.158 rupiah, maka nilai uang Wawan adalah $100 * Rp13.158 = Rp. 1.315.800. Sementara itu, nilai uang dari Budi apabila kurs dari mata uang Yen Jepang adalah Rp. 129, makalah menghitungnya yakni Rp. 20.000.000. / ¥129 = ¥155.039.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Di IPhone Gratis Dengan Download Gratis

Cara menghitung uang dolar ke rupiah maupun mata uang yang lainnya dengan kurs beli dan kurs jual

Kenyataannya, contoh permasalahan di atas dapat dibilang merupakan cara perhitungan yang cukup umum memakai kurs tengah. Apabila uang Wawan serta uang Budi benar-benar akan ditukarkan, maka di tempat penukaran mata uang asing akan memakai perhitungan kurs beli dan kurs jual.

Pada harimengapa nilai dari kurs Dollar US setara dengan angka Rp. 13.158. Sementara itu, pada salah satu money changer atau bank penukaran mata uang asing kurs jual untuk 1 dolar adalah Rp. 13.308. Dengan demikian, jika Wawan hendak menukarkan mata uang asing nya pada money changer, maka besarnya uang Rupiah yangterima oleh Wawan adalah $100 * Rp13.008 (yang kurs beli) = Rp1.300.800.

Sementara itu, pada budi, kurs dari mata uang Yen Jepang pada hari ini yakni rp129. Sementara itu, urus jualnya adalah Rp. 131, serta kurs belinya senilai Rp. 126. Dengan demikian, uang yang akan didapatkan oleh Budi yakni 20.000.000 / 131 (merupakan kurs jual) = 15.267 yen.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Di Iphone Secara Offline

Perlu untuk diketahui bersama bahwa Sanya kurs jual dan kurs beli di sejumlah tempat penukaran mata uang asing tentunya bisa permainan ratenya. Sehingga, nilai dari kurs yang nantinya dipakai baik oleh Wawan maupun oleh Budi sangat bergantung kepada tempat mereka melakukan penukaran mata uang asing.

Sementara itu, antara kurs beli dengan kurs jual rata-rata adalah lebih kecil dibandingkan dengan kurs jual. Sementara itu, kurs tengah adalah Nilai kurs jual yang ditambahkan nilai kurs beli, kemudian dibagi dua. Kenapa bisa lebih tinggi? Supaya terdapat selisih dan bagian dari jasa penukaran uang akan memperoleh laba dari selisih tersebut.

Sekian tentang cara menghitung Dolar ke Rupiah yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Semoga saja, bagi Anda yang hendak melakukan penukaran mata uang asing sudah tidak Bingung lagi untuk mengetahui besaran uang yang nantinya akan diterima setelah dibuka. Terima kasih dansemoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *