Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung ETA Paling Cepat

Cara Menghitung ETA Paling Cepat

Pada kesempatan kali ini, izinkan penulis untuk Sharing pembahasan tentang cara menghitung ETA. Tentunya, bisa dikatakan, mungkin saja pembahasan tersebut Tidaklah terlalu penting untuk Anda, akan tetapi kadang kala ada sejumlah pembaca atau teman-teman yang merasa cukup bingung bagaimana cara menentukan waktu tiba atau ETA Apabila mereka sedang melakukan pelayaran.

Cara Menghitung ETA

Tentunya, cara menghitung ETA sangatlah mudah diterapkan oleh para officer, tentunya apabila mereka memiliki peralatan GPS yang bekerja dengan cukup baik. Hal tersebut dikarenakan pada GPS terdapat sebuah menu yang dikhususkan untuk meng kalkulator kan waktu tiba atau yang dikenal dengan istilah ETA tersebut.

Pada pengoperasian GPS juga Tidaklah terlalu sulit, akan tetapi memerlukan sedikit keahlian atau kecakapan yang lebih, apabila anda kurang yakin, maka anda dapat Mencoba membuka menu pada GPS yang ada pada kapal, kemudian silakan memilih kalkulator, maka di sana anda cukup memasukkan waypoint yang sekarang.

Selanjutnya, silakan input waypoint tujuan anda dan tentunya kalkulator tersebut akan dengan cepat menemukan hasil yang cukup akurat tanpa perlu lagi mengotak-atik dengan kalkulator. Namun tentunya Anda harus belajar terlebih dahulu, sehingga data-data yang ada di dalam GPS tidak hilang dan tentunya tidak merepotkan orang lain untuk proses recovery nya.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Pensiun

Akan tetapi, tentu tidak ada salahnya apabila anda memahami proses atau cara menghitung ETA yang dilakukan secara manual, di mana akan saya bahas pada artikel kali ini. Menghitung ETA hanyalah membutuhkan rumus sehingga Anda cukuplah Menyediakan alat tulis berupa pulpen, kalkulator dan juga kertas. Langsung saja, Berikut ini adalah contohnya.

Kita hendak berlayar dari pulau A menuju ke pulau B. Di tanggal 15, pada pukul nol 07.30 AM, dan memiliki jarak 945 NM.Kecepatan kapal secara rata-rata adalah 8,5 knot.

Diketahui:

Waktu keberangkatan, tanggal 15 pukul nol 01.30 am

Jarak tempuh adalah 945 nm

Kecepatan kapal adalah 8,5 knot

Ditanyakan: ETA…?

Jawaban:

ETA = 945 : 8,5 = 111,17647

= 111,17647 : 24 = 4,6323529

= 4,6323529 – 4 ( perjalanan untuk 4 hari)

= 0,6323529 * 24 = 15,17647

= 15,17647 – 15 ( durasi 15 jam)

= 0,17647 * 60 = 10,5882 ( dalam menit)

Dengan demikian, maka bisa disimpulkan Lama perjalanan adalah 4 hari, 15 jam, 10.6 menit

ETD = Tgl 15, jam 1,30 AM

ETA = Tgl 15 + 4 = 19,

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

1.30 +15.10,6 = 16.46 PM

= Tgl 19 jam 16.46 (4.46 PM)

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung ETA yang bisa saya Uraikan Pada kesempatan kali ini, lengkap dengan contoh cara menghitung ETA yang bisa dilakukan secara manual tanpa membutuhkan peralatan canggih yang biasanya terpasang pada kapal. Dengan memahami langkah manual menghitung ETA, maka tentunya Kita bisa belajar lebih mendalam tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan pada proses pelayaran. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Guna memberikan perlindungan terhadap hak para pegawai atau pekerja, pihak pemerintah sudah membuat peraturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *