Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung GCS Paling Benar

Cara Menghitung GCS Paling Benar

Apakah anda sudah memahami cara menghitung GCS? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Sistem GCS dan cara menghitung nilai GCS, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu Apa itu GCS. GCS memiliki kepanjangan dari Scala Coma Glasgow, yakni sebuah skala yang digunakan guna mengukur tingkat kesadaran pasien, apakah masih dalam kondisi koma atau tidak, dengan memberikan penilaian terhadap respon rangsangan yang diberikan.

Terdapat tiga jenis Respon yang sering diberikan oleh pasien, yakni respon bicara atau V dan respon membuka mata atau E dan respon terhadap gerakan atau M. Teori tentang pengukuran Scala Coma Glasgow untuk pertama kalinya telah diperkenalkan di tahun 1974 oleh Jennett dan Teasdale.. Perhitungan GCS didasarkan kepada penjumlahan dari seluruh respon, yakni E+V+M = 3 sampai dengan 15. Adapun nilai paling kecil dari GCS yakni 3, sementara itu nilai paling besar dari GCS yakni 15.

Skala Koma Glasgow (GCS).

Skala Koma Glasgow (GCS)

Respon Membuka Mata (eye).

  • 4 Memiliki arti Spontan.
  • 3 Memiliki arti Terhadap bicara (suruh untuk membuka mata).
  • 2 Memiliki arti Terhadap rangsang nyeri (tekan pada kuku jari).
  • 1 Memiliki arti Tidak ada reaksi.
Baca Juga:   Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Respon pada saat bicara verbal

Respon pada saat bicara verbal

Cara Mengukur GCS (verbal)

  1. 5 Memiliki arti Baik, tidak ada disorientasi (bicara biasa).
  2. 4 Memiliki arti Kacau (bicara ngacau).
  3. 3 Memiliki arti Tidak tepat (hanya kata-kata).
  4. 2 Memiliki arti Mengerang.
  5. 1 Memiliki arti Tidak ada tanggapan.

Respon gerakan (motorik).

Respon gerakan (motorik)

  • 6 Memiliki arti Mengikuti perintah.
  • 5 Memiliki arti Melokalisir nyeri (mengetahui lokasi nyeri).
  • 4 Memiliki arti Menjauhi nyeri (reaksi menghindar).
  • 3 Memiliki arti Fleksi abnormal.
  • 2 Memiliki arti Ekstensi abnormal.
  • 1 Memiliki arti Tidak ada respon.

Jenis-jenis tingkat kesadaran

Berikut ini adalah beberapa jenis atau macam macam tingkat kesadaran.

  • Tingkat kesadaran compos mentis, yakni Kondisi kesadaran penuh, baik itu terhadap lingkungan maupun terhadap dirinya sendiri. Nilai dari CGS yang dimilikinya adalah 15-14 atau dalam kondisi normal.
  • Tingkat kesadaran apatis, sebuah kondisi yang tampak Acuh dan tidak Acuh kepada lingkungannya. Nilai dari CGS yang dimiliki adalah 13-11
  • Tingkat kesadaran delirium atau kondisi di mana tubuh sedang mengalami adanya penurunan kesadaran, terjadi kekacauan gerakan serta siklus tidur yang terganggu. Nilai dari CGS pada tingkatan kesadaran tersebut adalah 11-10.
  • Tingkat kesadaran somnolen atau kondisi dimana sedang mengantuk, namun pada kenyataannya akan pulih jika memperoleh rangsangan. Apabila rangsangan tersebut telah., maka akan tidur kembali. Nilai CGS yang diperoleh adalah 9 sampai 7.
  • Tingkat kesadaran stupor atau sopor atau kondisi mengantuk yang cukup dalam. Nilai GCS Yang diperoleh adalah 6-5.
  • Tingkat kesadaran semi koma atau koma ringan di mana kondisi pasien sedang mengalami penurunan kesadaran serta tidak bisa memberikan respon rangsangan apapun berkaitan dengan rangsangan bicara atau verbal. Dalam kondisi tersebut, maka tidak bisa dibangunkan sama sekali. Nilai CGS nya yaitu 4
  • Tingkat kesadaran pada kondisi koma, dimana kondisi tubuh Mengalami penurunan kesadaran dengan sangat dalam. Nilai CGS yang harus diolah adalah 3.
Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Apabila dikaitkan dengan sejumlah kasus trauma kapitalis, maka akan diperoleh hasil seperti berikut ini:

Nilai GCS yaitu 14-15 dimana sama dengan kondisi cedera kepala ringan atau CKR. Ckr itu sendiri memiliki kepanjangan dari cedera kepala ringan. Sementara itu, CKB memiliki nilai 3-8. CKB itu sendiri memiliki kepanjangan cedera kepala berat. Perlu untuk diketahui, pada proses pengukuran Scala Coma Glasgow wajiblah untuk selalu aman diri, aman pasien dan juga aman lingkungan.

Jangan lupa pula untuk selalu menulis hasil dari penilaian di status pasien yang bersangkutan. Proses pemeriksaan pada GCS atau scala coma Glasgow bisa dikerjakan secara sendiri atau 1 orang tanpa adanya bantuan orang lain. Kecuali, jika pasien dengan alat bantu pernafasan atau intubasi.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur GCS yang bisa saya Uraikan di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang bekerja di dunia kesehatan dan bisa menambah wawasan bagi semua pengunjung. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *